12 Fitur Mac Spotlight Yang Harus Anda Gunakan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda mungkin tahu Spotlight sebagai alat pencarian praktis Mac Anda, tetapi jauh lebih dari itu. Menguasai Spotlight adalah kunci untuk menggunakan Mac Anda dengan cara yang seefisien mungkin. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda menjelajahi macOS dalam waktu singkat.

Trigger Spotlight dengan Pintasan Keyboard

Spotlight ada di pojok kanan atas layar Anda, tetapi jauh lebih berguna dengan pintasan keyboard. Picu dengan cepat menggunakan Command+Spacebar kapan saja. Biasakan menggunakannya dan Anda akan dapat melakukan hal-hal seperti membuka file, meluncurkan aplikasi, dan menelusuri web semuanya tanpa melepaskan jari dari keyboard.

Setelah Anda senang menggunakan pintasan keyboard ini, Anda dapat memulihkan sebagian ruang bilah menu dengan menghapus Spotlight atau item lainnya.

Temukan dan Pratinjau File

Penggunaan Spotlight yang paling jelas adalah menemukan file lokal di Mac Anda. Cukup mencari nama file atau folder akan mengungkapkannya, lalu Anda dapat menggunakan tombol panah untuk memilihnya dan membukanya dengan Enter. Alternatifnya, sorot file dan gunakan Spasi untuk mempratinjau file dengan Tampilan Cepat sebagai gantinya.

Jika Anda lebih suka membuka folder tempat file berada, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Command+Enter sambil menyorotnya. Tahan Perintah pada hasil file untuk melihat lokasinya (ini berfungsi untuk file lokal dan yang ada di iCloud Drive Anda).

Untuk melewati bagian hasil Spotlight dengan cepat, gunakan Command dan tombol panah Atas atau Bawah.

Gunakan Operator untuk Mempersempit Anda Search

Anda dapat menggunakan operator boolean dengan Spotlight, sama seperti yang dapat Anda lakukan di mesin pencari mana pun. Ini memungkinkan Anda menggunakan istilah seperti DAN, BUKAN, dan ATAU untuk menyusun penelusuran mendetail. Misalnya, jika Anda mencoba menemukan daftar dokumen PDF yang tidak cocok dengan istilah pencarian “faktur”, kueri pdf NOT invoice untuk melihat daftar hasil PDF yang mengecualikan istilah pencarian “faktur”.

Anda juga bisa gunakan operator “jenis:” untuk mempersempit pencarian Anda dengan membatasi jenis hasil yang Anda cari. Sebagai salah satu contoh jenis slack:email akan menemukan email yang cocok dengan istilah penelusuran “slack”.

Gunakan ini dengan deskriptor umum seperti folder, aplikasi, gambar, pesan, jenis file seperti konten khusus aplikasi mp3 atau jpegor seperti acara Kalender atau hal yang harus dilakukan reminders.

Cari Cepat di Web

Anda dapat memicu pencarian web di browser default Anda menggunakan Spotlight, cukup pastikan bahwa hasil pencarian browser disorot sebelum Anda menekan Enter. Menggulir melalui hasil bisa jadi merepotkan, jadi mengapa tidak menggunakan pintasan Command+B untuk menindaklanjuti permintaan pencarian Anda saat ini sebagai pencarian web? buat yang ini: gunakan Spotlight untuk meluncurkan aplikasi daripada menavigasi ke folder Aplikasi atau menggunakan Launchpad. Jauh lebih cepat untuk menekan Command+Enter dan kemudian mulai mengetik nama Aplikasi diikuti dengan Enter.

Anda bahkan tidak perlu mengetikkan seluruh nama aplikasi (sebagian besar waktu). Karena Spotlight belajar dari perilaku Anda, semakin banyak Anda menggunakan fitur ini, semakin banyak aplikasi yang sering Anda gunakan (yang berarti kueri lebih pendek untuk melihat hasil yang Anda inginkan).

Mengakses Pengaturan Sistem

macOS 13 Ventura mengganti panel kontrol Preferensi Sistem lama dengan menu Pengaturan Sistem baru yang terinspirasi iOS. Hal ini dapat menyulitkan untuk mengingat di mana semuanya berada (dan bahkan setelah Anda menyesuaikannya, akan sulit untuk menemukan beberapa item). Taklukkan ini dengan menggunakan Spotlight untuk langsung membuka panel preferensi yang ingin Anda lihat.

Anda dapat mengakses ikhtisar seperti “Umum” atau mendapatkan perincian dengan kueri seperti “Isyarat trackpad” atau “sensitivitas keyboard”

Pencarian Bahasa Alami

Meskipun operator berguna, tidak ada yang mengalahkan penggunaan bahasa alami untuk menemukan apa yang Anda inginkan. Untungnya Spotlight telah Anda liput, memungkinkan Anda untuk melakukan kueri seperti “dokumen yang saya buat bulan lalu” atau “Nomor file dari bulan November” dan ada baiknya bereksperimen untuk melihat apa yang dapat Anda temukan. email yang saya kirim hari ini”), Catatan (“catatan dari November”), Peta (“supermarket di dekat saya”), dan hasil web (“foto kucing”) untuk beberapa nama. Perhitungan Cepat

Mac Anda memiliki aplikasi Kalkulator (lanjutkan , luncurkan dengan Spotlight) tetapi untuk penjumlahan cepat seperti penjumlahan, pembagian, atau perkalian sederhana, Anda dapat menggunakan Spotlight untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat. Gunakan plus “+” atau “-” minus untuk penjumlahan dan pengurangan dan “x” atau “/” untuk perkalian dan pembagian. Anda juga dapat menggunakan tanda kurung dalam perhitungan Anda.

Setelah Anda mendapatkan jawaban, Anda dapat menekan Command+C untuk menyalin hasilnya langsung ke clipboard Anda.

Unit dan Konversi Mata Uang

Di atas jumlah sederhana, Anda juga dapat melakukan konversi unit umum di Spotlight. Cobalah mengonversi kaki ke meter, mil ke kilometer, atau Fahrenheit ke celsius sebagai permulaan.

Spotlight juga akan melakukan konversi mata uang, meskipun Anda memerlukan konektivitas online untuk mendapatkan nilai konversi terbaru. Gunakan kode mata uang seperti “USD” (US Dollars), “GBP” (British Pound Sterling, atau “JPY” (Japanese Yen).

Weather Summary and Forecast

Spotlight dapat memberi Anda cuaca untuk lokasi Anda saat ini menggunakan kueri cuaca di dekat saya, atau Anda dapat mengetik “cuaca” untuk mendapatkan ringkasan untuk lokasi lain. Tekan Enter pada hasil untuk melihat ringkasan sepuluh hari. Informasi ini tidak sebanyak yang Anda dapatkan di aplikasi Cuaca asli Ventura, tetapi cukup baik untuk pencarian cepat.

Cepat Mencari Definisi Kata

Perlu mencari ejaan atau definisi kata di kamus Mac Anda? Anda juga dapat melakukannya dengan Spotlight. Definisi muncul sebagai kategori hasil terpisah yang dapat Anda gunakan dengan cepat menggunakan pintasan keyboard Command+L setelah Anda telah memasukkan kueri Anda.

Anda akan melihat definisi singkat dalam hasil pencarian dan Anda dapat menekan Enter untuk melihat entri yang lebih mendetail yang menyertakan contoh penggunaan, kata turunan, dan asal.

Batasi Hasil Spotlight

nbs pApakah Anda ingin Spotlight berhenti menampilkan hasil tertentu? Anda dapat memblokirnya agar tidak mengindeks folder atau drive tertentu menggunakan preferensi Privasi Spotlight di bawah Pengaturan Sistem > Siri & Spotlight. Klik tombol plus “+” untuk menambahkan folder apa pun yang ingin Anda kecualikan dari hasil pencarian, atau Anda dapat memilih folder akar dari drive eksternal untuk mengecualikan semua yang ada di drive tersebut.

Anda juga dapat menggunakan panel preferensi Siri & Spotlight untuk menghapus jenis hasil yang menurut Anda tidak berguna (seperti “Font” atau “Presentasi”).

Coba Tips Ini di iPhone atau iPad Anda

Apple mengikuti prinsip desain yang sama saat mendesain Spotlight di iOS dan iPadOS. Anda dapat menarik ke bawah pada layar Utama untuk membuka kotak pencarian yang berfungsi dengan cara yang sama untuk tugas yang sering dilakukan seperti meluncurkan aplikasi, mengonversi mata uang, menghitung cepat, atau menemukan menu preferensi yang terkubur. Anda juga dapat menyesuaikan pencarian di iPhone.

Disadur dari HowToGeek.com.