13 Fungsi Tanggal dan Waktu Microsoft Excel Yang Harus Anda Ketahui

Brian A Jackson/Shutterstock.com

Apakah Anda menggunakan Microsoft Excel untuk mengelola tagihan bulanan atau melacak waktu kerja, kemungkinan Anda menggunakan tanggal atau waktu. Dengan fungsi ini, Anda bisa memasukkan atau mendapatkan tanggal dan waktu yang Anda butuhkan.

Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa fungsi tanggal dan waktu di Excel. Jadi mari kita lihat fungsi-fungsi penting untuk tugas-tugas umum serta fungsi-fungsi lanjutan yang mungkin tidak Anda ketahui keberadaannya.

Melihat Tanggal atau Waktu Saat Ini: HARI INI dan SEKARANG

Mungkin yang paling praktis dari semua fungsi tanggal dan waktu di Excel adalah HARI INI dan SEKARANG. HARI INI memberikan tanggal saat ini dan SEKARANG menyediakan tanggal dan waktu saat ini.

TERKAIT:Cara Menyisipkan Tanggal Hari Ini di Microsoft Excel

Sintaks untuk masing-masing adalah sama, dengan nama fungsi dan tanpa argumen. Masukkan salah satu dari berikut ini untuk mendapatkan tanggal atau tanggal dengan waktu.

=HARI INI()=SEKARANG()

Buat Tanggal Lengkap: DATE

Tidak semua tanggal di lembar Anda boleh berada dalam satu sel. Mungkin Anda memiliki hari, bulan, dan tahun di kolom terpisah dan ingin menggabungkannya untuk tanggal yang lengkap. Anda dapat menggunakan fungsi DATE di Excel.

Advertisement

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah DATE(tahun, bulan, hari) dengan ketiga argumen yang diperlukan. Masukkan tahun dalam empat digit, bulan sebagai angka dari 1 hingga 12, dan hari sebagai angka dari 1 hingga 31.

Untuk menggabungkan tahun, bulan, dan hari dari sel kita masing-masing A2, B2, dan C2, Anda akan gunakan rumus berikut:

=TANGGAL(A2,B2,C2)

Dapatkan Bagian Tanggal: HARI, BULAN, TAHUN

Saat menggunakan tanggal dalam rumus lain, Anda mungkin perlu mendapatkan nomor seri hari, bulan, atau tahun. Inilah tepatnya fungsi DAY, MONTH, dan YEAR di Excel. Dimana fungsi TANGGAL menggabungkan bagian dari tanggal, fungsi ini menyediakan bagian dari satu.

TERKAIT:Cara Menggunakan Fungsi TAHUN di Microsoft Excel

Sintaks untuk setiap fungsi sama dengan nama fungsi diikuti dengan referensi sel atau nomor seri di tanda kurung. Misalnya, HARI(referensi_sel).

Untuk mendapatkan nomor hari di sel F2, gunakan rumus berikut. Hasilnya akan berupa angka dari 1 hingga 31.

=DAY(F2)

Untuk mendapatkan nomor bulan di sel F2, gunakan yang berikut ini. Hasilnya akan berupa angka dari 1 hingga 12.

=MONTH(F2)Advertisement

Untuk mendapatkan nomor tahun di sel F2, gunakan yang berikut ini. Hasilnya akan menjadi angka empat digit.

=YEAR(F2)

Lihat Bagian Hari Ini: TIME

Fungsi TIME di Excel memberi Anda bagian desimal hari berdasarkan jam, menit, dan detik di lembar Anda.

The sintaksnya adalah WAKTU(jam, menit, detik) di mana ketiga argumen diperlukan, dan inputnya adalah angka dari 0 hingga 32767 yang mewakili masing-masing.

Untuk menemukan angka desimal selama 12 jam pada titik tanpa menit atau detik, Anda akan menggunakan rumus berikut dan ganti referensi sel dengan Anda sendiri.

=TIME(A2,B2,C2)

Catatan: Jika hasilnya menampilkan waktu daripada desimal, format sel sebagai angka dengan memilih “Number” di drop Number -bawah kotak pada tab Beranda.Dapatkan Bagian Waktu: JAM, MENIT, SECOND

Serupa dengan HARI, BULAN, dan TAHUN, fungsi JAM, MENIT, dan DETIK memberi Anda bagian dari entri waktu.

Sintaks untuk setiap fungsi adalah sama dengan nama fungsi diikuti dengan referensi sel atau nomor seri di tanda kurung. Misalnya, HOUR(cell_reference).

Advertisement

Untuk mendapatkan jam di sel F2, gunakan rumus berikut:

=HOUR(F2)

Untuk mendapatkan menit di sel F2, gunakan yang berikut:

=MINUTE(F2)

Untuk mendapatkan detik di sel F2, gunakan berikut ini:

=SECOND(F2)

Menghitung Hari, Bulan, atau Tahun Antara Tanggal: DATEDIF

Anda dapat menggunakan fungsi DAYS untuk menemukan jumlah hari di antara dua tanggal. Tetapi fungsi DATEDIF melangkah lebih jauh dengan memungkinkan Anda menemukan jumlah hari, bulan, atau tahun.

TERKAIT:Cara Menemukan Jumlah Hari Antara Dua Tanggal di Microsoft Excel

Sintaksnya adalah DATEDIF(tanggal_mulai, tanggal_akhir, ketik) di mana semua tiga argumen diperlukan. Jenisnya didasarkan pada nilai yang ingin Anda terima:

Tahun: Masukkan Y.Bulan: Masukkan M.Hari: Masukkan D.Perbedaan dalam bulan tanpa tahun dan hari: Masukkan YM.Perbedaan dalam hari tanpa tahun: Masukkan YD.

Untuk menemukan jumlah bulan antara 1/1/2021 dan 31/12/2022 dalam sel H2 dan I2, Anda akan menggunakan rumus ini:

=DATEDIF(H2,I2,”M”)

Advertisement

Untuk menemukan jumlah hari antara awal yang sama dan tanggal akhir dalam sel yang sama Anda akan menggunakan rumus ini:

=DATEDIF(H2,I2,”D”)

Temukan Jumlah Hari Kerja: NETWORKDAYS

Mungkin Anda ingin mencari jumlah hari kerja di antara dua tanggal. Dengan NETWORKDAYS, Anda bisa mendapatkan nomor ini dan secara opsional mereferensikan hari libur dalam rentang sel yang berbeda.

Sintaksnya adalah NETWORKDAYS(tanggal_mulai, tanggal_akhir, hari libur) dengan hanya dua argumen pertama yang diperlukan.

Untuk menemukan jumlah hari kerja antara 1/1/2022 dan 31/12/2022 di sel H2 dan I2, gunakan rumus ini:

=NETWORKDAYS(H2,I2)

Untuk menemukan jumlah hari kerja untuk tanggal yang sama tetapi dengan hari libur yang tercantum dalam rentang H5 hingga H7, gunakan rumus ini:

= NETWORKDAYS(H2,I2,H5:H7)

Catatan: Meskipun kami memiliki tiga hari libur yang terdaftar, mereka tidak semuanya jatuh pada hari kerja. Jadi, perbedaan di atas hanya satu hari. Lihat Nomor Minggu: WEEKNUM

Anda tidak perlu menghitung minggu secara manual jika menggunakan fungsi WEEKNUM. Dengan itu, Anda dapat menemukan nomor minggu dalam satu tahun untuk tanggal apa pun.

Advertisement

Sintaksnya adalah WEEKNUM(cell_reference, type) dengan argumen pertama yang diperlukan. Argumen tipe dapat digunakan untuk minggu yang dimulai pada tanggal tertentu. Jika argumen dihilangkan, fungsi mengasumsikan hari Minggu secara default.

Untuk menemukan nomor minggu untuk 15/4/2022 di sel F2, gunakan rumus berikut:

=WEEKNUM(A2)

Untuk menemukan nomor minggu yang sama untuk minggu yang dimulai pada hari Senin , Anda akan menggunakan rumus berikut dengan 2 sebagai argumen tipe:

=WEEKNUM(A2,2)

Kunjungi halaman Dukungan Microsoft untuk fungsi WEEKNUM untuk daftar lengkap 10 jenis yang tersedia.

Semoga fungsi dan rumus tanggal dan waktu ini membantu membuat Anda tetap pada jalur di lembar Excel Anda.

TERKAIT:Fungsi vs. Rumus di Microsoft Excel: Apa Perbedaannya?

Itulah berita seputar 13 Fungsi Tanggal dan Waktu Microsoft Excel Yang Harus Anda Ketahui, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.