3 Cara Melompat ke Sel atau Rentang di Google Spreadsheet

Menavigasi spreadsheet besar dapat menjadi semakin sulit saat Anda menambahkan lebih banyak data. Bagaimana jika Anda ingin cepat membuka sel atau rentang tertentu di Google Spreadsheet? Di sini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara untuk melakukan ini.

Anda mungkin memiliki sel tertentu yang Anda perbarui secara teratur dengan data baru. Atau mungkin Anda memiliki rentang sel yang terus-menerus Anda tinjau. Dengan fitur “Buka”, tautan ke sel yang sering dikunjungi, dan pintasan keyboard, Anda dapat dengan mudah mencapai tujuan yang diinginkan di lembar.

Membuka Fitur Buka

Google Spreadsheet menawarkan alat bawaan yang praktis untuk melompat ke sel tertentu atau jangkauan. Ini adalah fitur Go To dan Anda dapat membukanya dengan beberapa cara berbeda.

Metode Satu: Tekan F5 atau Fn+F5. Jika pintasan tidak berfungsi, Anda mungkin perlu mengaktifkan pintasan spreadsheet yang kompatibel di Google Spreadsheet. Untuk melakukannya, buka tab Bantuan, pilih “Pintasan Keyboard”, dan nyalakan sakelar di bagian bawah.

Metode dua: Buka tab Bantuan dan ketik “Go To” atau “Go To Range” di kotak pencarian. Kemudian, pilih opsi “Go To Range”.

Advertisement

Setelah kotak Go To muncul, ketik referensi sel untuk sel yang ingin Anda lompati di kotak Enter a Range. Klik panah atau tekan Enter atau Return.

Anda akan langsung menuju ke sel yang Anda masukkan, menjadikannya sel yang aktif juga.

Jika Anda ingin melompat ke rentang sel, gunakan fitur Buka dan masukkan rentang saat Anda akan dalam formula. Ketik sel pertama dalam rentang, titik dua, lalu sel terakhir dalam rentang.

Misalnya, untuk masuk ke rentang A1 hingga B5, Anda akan memasukkan: A1:B5.

Sel paling kiri atas akan menjadi aktif cell.

TERKAIT:Cara Mengimpor Data dari Google Sheet

lainTautkan ke Sel atau Rentang

Mungkin ada sel atau rentang tertentu yang ingin Anda lompati secara teratur. Yang Anda butuhkan hanyalah tempat untuk memasukkan tautan dan Anda dapat mengunjungi sel atau rentang itu kapan saja dengan satu klik.

TERKAIT:Cara Mendapatkan Hyperlink ke Sel atau Rentang di Google SpreadsheetPilih sel atau rentang yang ingin sering Anda kunjungi dapat memperoleh tautan langsung untuk itu. Klik kanan, gerakkan kursor Anda ke Lihat Lebih Banyak Tindakan Sel, dan pilih “Dapatkan Tautan ke Sel/Rentang Ini.”

Advertisement

Tautan otomatis ditempatkan di papan klip Anda, dan Anda mungkin melihat pesan singkat yang muncul yang memberi tahu Anda tentang hal ini.

Buka ke tempat di lembar Anda di mana Anda ingin menyisipkan tautan. Pilih Sisipkan > Tautan dari menu atau gunakan tombol Sisipkan Tautan di bilah alat.

Tempel tautan ke dalam Kotak Pencarian atau Tempel Tautan dan klik “Terapkan.”

Sekarang ketika Anda memilih sel itu, Anda akan melihat tautan Anda muncul. Klik untuk melompat ke sel atau rentang yang ditautkan.

Tip: Anda juga dapat menautkan langsung ke rentang bernama. Ikuti langkah yang sama untuk membuka kotak Sisipkan Tautan, pilih “Sheets and Named Ranges,” dan pilih nama dari daftar. Navigasi Menggunakan Pintasan Keyboard

Jika itu bukan sel tertentu yang ingin Anda kunjungi melainkan awal atau akhir baris atau , Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk mencapainya dengan cepat.

TERKAIT:Semua Pintasan Keyboard Google Spreadsheet Terbaik

Pintasan Windows

Ctrl+Home: Pergi ke awal sheet.

Home: Pergi ke awal baris.

Ctrl+End: Pergi ke end of a sheet.

End: Menuju akhir baris.

Mac Shortcuts

Command+Left Arrow: Menuju awal baris.

Command+Right Arrow: Menuju akhir baris.

Command+Up Arrow: Pergi ke awal kolom.

Command+Panah Bawah: Pergi ke akhir kolom.

Catatan: Tergantung pada keyboard Mac Anda, mungkin ada variasi pada pintasan ini. Buka Bantuan > Pintasan Keyboard dan pilih bagian Navigasi untuk informasi lebih lanjut.

Saat berikutnya Anda perlu menavigasi Google Sheet dengan cepat, baik ke sel tertentu atau akhir baris, ingatlah metode ini!

Itulah berita seputar 3 Cara Melompat ke Sel atau Rentang di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.