3 Cara Menyisipkan Hyperlink di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk akses cepat ke sel, dokumen, atau halaman web, Anda dapat menyisipkan hyperlink di spreadsheet Excel Anda. Cukup tempel di hyperlink, berikan label yang dapat dibaca, dan klik untuk mengikuti tautan. Berikut adalah beberapa cara untuk menyisipkan hyperlink di Excel.

Anda dapat menggunakan fitur tautan bawaan Excel, fungsi HYPERLINK, atau cukup masukkan URL yang diubah menjadi tautan secara otomatis. Mari kita lihat masing-masing metode ini sehingga Anda dapat menggunakan metode yang paling cocok untuk Anda.

Menggunakan Fitur Tautan

Seperti aplikasi Office lainnya seperti Word dan PowerPoint, Excel menawarkan alat tautan yang memberi Anda beberapa fleksibilitas. Anda dapat menautkan ke file yang ada, halaman web, lokasi di lembar, atau alamat email. Anda bahkan dapat menyisipkan tautan untuk membuat dokumen baru.

Buka sel tempat Anda ingin menambahkan tautan. Buka tab Sisipkan, pilih menu tarik-turun Tautan, dan pilih “Sisipkan Tautan.” Atau, klik kanan, pindah ke Tautan, dan pilih “Sisipkan Tautan.”

Ketika kotak Sisipkan Hyperlink terbuka, Anda akan melihat opsi tautan Anda. File atau Halaman Web yang Ada: Pilih file dari folder saat ini atau daftar file terbaru atau pilih halaman web dari halaman yang diramban atau masukkan URL di kotak Alamat.

Tempatkan di Dokumen Ini: Pilih lembar dan masukkan sel di kotak di atas atau pilih nama yang ditentukan.

Buat Dokumen Baru: Beri nama pada dokumen, secara opsional ubah jalurnya, dan pilih kapan untuk mengedit dokumen baru.

Alamat Email: Pilih alamat email yang baru saja digunakan atau masukkan di dekat bagian atas. Opsional masukkan baris subjek. Anda hanya akan melihat opsi ini jika menyimpan buku kerja secara lokal dan bukan secara otomatis ke OneDrive.

Teks untuk Ditampilkan: Di bagian atas kotak Sisipkan Hyperlink, Anda dapat memasukkan teks tampilan yang ingin Anda gunakan untuk tautan daripada menampilkan tautan itu sendiri.

Setelah Anda melengkapi bidang untuk opsi yang Anda pilih di atas, klik “OK” untuk menyisipkan tautan ke dalam sel.

Tip: Anda dapat mengarahkan kursor ke hyperlink untuk melihat jalur.

Sisipkan Fungsi HYPERLINK

Alternatif untuk fitur tautan adalah fungsi HYPERLINK di Excel. Dengan fungsi ini, Anda dapat membuat rumus khusus yang ditautkan ke lembar yang ada, buku kerja di intranet, atau file di drive lain. Anda juga dapat menautkan ke dokumen Word atau langsung ke bookmark Word.

Sintaks untuk rumusnya adalah HYPERLINK(lokasi, teks) di mana argumen pertama diperlukan dan berisi path lengkap dan nama file sebagai tautan. Untuk argumen kedua, Anda dapat memasukkan teks dalam tanda kutip atau referensi sel untuk menampilkan teks ramah untuk link.

Untuk menautkan ke sel A1 di Sheet2 dalam buku kerja saat ini (NewBook.xlsx) dengan teks tampilan Klik Di Sini, Anda akan menggunakan rumus ini:

=HYPERLINK(“[NewBook.xlsx]Sheet2!A1″,”Klik Di Sini”)

Untuk menautkan ke sel A1 di Sheet2 dalam buku kerja di web (dalam kasus kami terletak di https://situskami.com /report.xlsx) dan tampilkan teks Lihat Laporan, Anda akan menggunakan rumus ini.

=HYPERLINK(“[https://oursite.com/report.xlsx]Sheet2!A1″,”View Report”)

Untuk menautkan ke Proposal bookmark dalam dokumen Word (dalam kasus kami C:UsersSandyDesktopWordDoc.docx) dengan teks tampilan di sel D1, Anda akan menggunakan rumus ini:

=HYPERLINK(“[C:Users SandyDesktopWordDoc.docx]Proposal”,D1)

Untuk detail lengkap dan opsi tambahan untuk fungsi tersebut, lihat cara menggunakan fungsi HYPERLINK.

Ketik atau Tempel URL

Jika Anda ingin menambahkan hyperlink di Excel untuk r situs web atau halaman, Anda cukup memasukkan URL atau menempelkannya di sel. Setelah Anda melakukannya dan menekan Enter atau Return, URL menjadi tautan yang dapat diklik. Ini lebih cepat daripada menggunakan alat tautan atau fungsi HYPERLINK dan sangat berguna jika Anda tidak memerlukan tautan agar terlihat menarik.

Ini adalah pengaturan hyperlink yang mungkin diaktifkan secara default, tetapi Anda tetap harus memeriksa untuk memastikannya belum dinonaktifkan. Untuk memeriksa pengaturan, pilih File > Options dan pilih “Proofing” di sebelah kiri. Di sebelah kanan, klik “Opsi KoreksiOtomatis”.

Di kotak yang terbuka, buka tab Format Otomatis Saat Anda Mengetik. Centang kotak untuk Jalur Internet dan Jaringan Dengan Hyperlink di bagian atas. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan dan “OK” lagi di kotak Opsi Excel.

Sekarang, Anda cukup memasukkan atau menempelkan tautan web di sel dan tekan Enter atau Return. Anda akan melihat URL tertaut dan dapat mengklik untuk mengunjungi situs atau halaman.

Untuk menggunakan teks tampilan untuk tautan daripada URL, Anda dapat menggunakan fungsi HYPERLINK dengan argumen lokasi dan teks seperti dijelaskan di atas. Atau klik kanan sel dan pilih “Edit Tautan”. Kemudian, masukkan teks tampilan di bagian atas dan klik “OK” untuk menyimpannya.

Menggunakan hyperlink di Microsoft Excel, Anda dapat dengan cepat berpindah ke tempat, lembar, file, atau situs lain di web. Ingatlah metode ini saat membuat lembar Excel Anda berikutnya.

Untuk selengkapnya, lihat cara menautkan atau menyematkan lembar Excel di Word.

Disadur dari HowToGeek.com.