4 Cara Memasukkan Command atau Code Block di Microsoft Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda membuat artikel, karya instruksional, atau esai di Microsoft Word, Anda mungkin perlu menyertakan potongan kode. Baik HTML, JavaScript, atau Python, Anda mungkin menginginkannya tampil berbeda dari teks dokumen.

Ada beberapa cara untuk menyisipkan blok perintah atau kode di dokumen Word Anda. Tergantung pada apakah Anda ingin pembaca hanya melihat kode atau memiliki kemampuan untuk menyalinnya, mari kita menelusuri opsi.

Option 1: Tempel Spesial sebagai HTML

Salah satu cara tercepat untuk menambahkan kode ke dokumen Anda adalah dengan opsi Tempel Spesial untuk HTML. Ini menyisipkan kode yang telah Anda salin tanpa pemformatan lain dari dokumen Anda. Dan, opsi ini memungkinkan pembaca Anda untuk menyalin kode atau perintah langsung dari dokumen Anda.

TERKAIT:Cara Menempel Teks Tanpa Memformat Hampir Di Mana Saja

Pilih kode atau perintah dari aplikasi Anda dan salin menggunakan bilah alat, menu konteks, atau pintasan keyboard Ctrl+C di Windows atau Command+C di Mac.

Tempatkan kursor di dokumen Word tempat Anda ingin menempelkannya. Lalu buka tab Beranda, klik panah drop-down Tempel, dan pilih Tempel Spesial. Pilih “Format HTML” dan klik “OK.”

Ketika kode muncul di dokumen Anda, Anda dapat memformat font atau cuplikan jika Anda mau.

Gunakan tab Beranda untuk mewarnai potongan kode tertentu dengan bagian Font pada pita. Untuk menambahkan batas atau bayangan, pilih panah drop-down Perbatasan di bagian Paragraf dan pilih “Perbatasan dan Bayangan.”

Opsi 2: Sisipkan Object

Jika Anda ingin menyisipkan kode atau perintah di dokumen Anda hanya untuk dilihat dan dibaca oleh pembaca tidak menyalin atau mengedit, Anda dapat menyisipkan objek yang berisi snippet.

RELATED:Cara Menyisipkan Gambar atau Objek Lain di Microsoft Office

Buka tab Sisipkan, klik panah tarik-turun Objek, dan pilih “Objek.”

Pada Buat Baru tab, pilih “Teks OpenDocument” sebagai Jenis Objek. Klik “OK.”

Sebuah dokumen Word baru akan terbuka untuk Anda masukkan kode atau perintah Anda. Anda dapat menggunakan format Paste Special HTML yang dijelaskan sebelumnya jika Anda mau. Setelah Anda menambahkan cuplikan, tutup document.

Kode Anda kemudian muncul di dokumen Word asli Anda sebagai objek. Anda kemudian dapat memindahkannya, mengubah ukurannya, atau menambahkan batas jika diinginkan.

Opsi 3: Lampirkan Tangkapan Layar

Opsi lain untuk menambahkan cuplikan Anda sebagai item alih-alih teks menggunakan gambar. Jika Anda memiliki kode atau perintah di jendela aplikasi aktif seperti Notepad++ atau Command Prompt, Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke dokumen Anda. Kekurangannya di sini adalah bahwa pembaca tidak dapat dengan mudah menyalin kode Anda jika perlu dan bahwa pengubahan ukuran dapat berdampak negatif terhadap keterbacaan.

TERKAIT:Cara Menggunakan Alat Tangkapan Layar Bawaan Microsoft Word

Buka tab Sisipkan dan klik drop Tangkapan Layar- panah bawah. Anda akan melihat jendela aplikasi sebagai opsi.

Pilih dan itu akan muncul di dokumen Anda sebagai gambar. Anda kemudian dapat memotong gambar untuk menghapus jendela aplikasi di sekitarnya jika Anda mau.

Atau, Anda dapat menggunakan opsi Kliping Layar di tarik-turun Tangkapan Layar. Saat Anda memilih alat ini, kursor Anda berubah menjadi garis bidik. Gunakan untuk menyeret area layar Anda atau jendela aplikasi lain yang ingin Anda ambil dan lepaskan.

Gambar itu kemudian muncul di dokumen Anda. Anda dapat memindahkan, mengubah ukuran, atau menyesuaikan cuplikan cuplikan layar seperti gambar lainnya di Word.

Opsi 4: Gunakan Penyorot Sintaks

Satu opsi lagi adalah menggunakan penyorot sintaks seperti Penyorot Sintaks Mudah. Ini adalah add-in gratis untuk Microsoft Word yang menyoroti kode Anda untuk Anda termasuk latar belakang dan warna untuk potongan kode. Plus, Anda dapat menyesuaikan bahasa dan tampilan.

TERKAIT:Cara Menginstal dan Menggunakan Add-in untuk Microsoft Office

Setelah Anda menginstal add-in, letakkan kode atau perintah di dokumen Anda. Anda dapat mengetik atau menempelkannya, mana saja yang Anda inginkan.

Pilih kode dan buka tab Penyorot Sintaks Mudah yang sekarang ditampilkan. Untuk menerapkan pemformatan default dengan bahasa yang terdeteksi secara otomatis, pilih “Sorot Pilihan” di pita.

Anda akan melihat cuplikan Anda disorot dan teks Anda diformat.

Jika Anda ingin memilih bahasa atau pemformatan tertentu, pilih “Pengaturan” di pita alih-alih. Saat bilah sisi terbuka, pilih Bahasa dan Tema.

Dengan kode Anda dipilih, klik “Sorot Pilihan” di bilah sisi.

Anda kemudian akan melihat cuplikan Anda diformat sesuai pengaturan yang Anda pilih. Ini membuat kode atau perintah Anda sebagai teks sehingga pembaca Anda dapat menyalinnya, tetapi membuatnya menonjol sebagai bloknya sendiri.

Ada lebih dari satu cara untuk menambahkan kode atau blok perintah ke dokumen Word Anda. Bergantung pada tujuan pembaca Anda, pilih opsi yang terbaik untuk Anda!

Itulah berita seputar 4 Cara Memasukkan Command atau Code Block di Microsoft Word, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.