5 Bahasa Pemrograman Hebat untuk Anak-Anak

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda seorang guru atau memiliki anak yang tertarik dengan pemrograman, mungkin membingungkan untuk memilah lusinan opsi yang tersedia. Kami telah memilih lima bahasa pemrograman (dan lingkungan) hebat yang akan memberi anak-anak awal yang baik dalam dunia pengembangan perangkat lunak.

Bahasa Tidak Sepenting Motivasi

Sebelum kita memulai, penting untuk mengetahui bahwa, bisa dibilang, spesifik bahasa pemrograman yang digunakan anak Anda tidak sepenting motivasi yang mereka miliki untuk mencapai tujuan tertentu, seperti membuat game, memecahkan masalah, atau membuat aplikasi. Setelah anak Anda mempelajari bahasa pemrograman, banyak konsep dapat dengan mudah ditransfer ke bahasa lain (dengan perbedaan sintaks), jadi Anda hampir tidak akan salah—selama anak Anda memiliki antusiasme untuk belajar. bahasa dan lingkungan pemrograman mungkin lebih menyenangkan daripada yang lain. Kami telah mengumpulkan beberapa dari mereka di sini. Meskipun ini bukan daftar yang lengkap atau pasti, Anda akan memulai awal yang baik dengan bahasa apa pun di bawah ini.

Scratch

Scratch, proyek pendidikan dari MIT, adalah bahasa pemrograman yang bagus untuk anak-anak karena sangat visual dan mudah digunakan . Anak-anak dapat menarik dan melepaskan blok kode untuk membuat program mereka. Scratch juga sangat populer, jadi ada banyak sumber daya yang tersedia untuk dipelajari anak-anak. Untuk memulai, kunjungi scratch.mit.edu di browser web modern mana pun. Ini sepenuhnya gratis, dan proyek yang Anda kodekan secara online dapat menjadi bagian dari komunitas yang menyenangkan bersama orang lain. Selain itu, Anda dapat mengunduh editor pemrograman Scatch mandiri jika Anda lebih suka bekerja offline.

Swift Playgrounds

Swift adalah bahasa yang relatif baru yang dibuat oleh Apple untuk mengembangkan aplikasi iOS dan macOS. Ini cukup kuat untuk pengembang profesional, tetapi juga ramah untuk dipelajari dan digunakan, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk anak-anak. Dengan lingkungan pemrograman Swift dan Xcode, anak-anak dapat langsung melihat hasil pekerjaan mereka, dan jika mereka merasa cukup nyaman, pengetahuan yang mereka peroleh akan langsung diterapkan ke pengembangan aplikasi iPhone, iPad, Apple Watch, dan Apple TV. Untuk memulai, unduh aplikasi Swift Playgrounds gratis dari Apple, yang tersedia untuk Mac dan iPad. Ini adalah cara yang menyenangkan dan penuh warna untuk belajar Swift.

Python

Pada Agustus 2022, Python menempati posisi teratas sebagai bahasa pemrograman paling populer di dunia, dan itu mungkin untuk alasan yang bagus: Mudah dipelajari dan didukung secara luas. Itu membuatnya ideal untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa dengan beragam aplikasi praktis. Pemrogram menggunakan Python untuk pengembangan web, permainan, pembelajaran mesin, dan banyak lagi, sehingga keterampilan yang dipelajari dengan Python akan diterjemahkan langsung menjadi keterampilan kerja potensial di masa depan. Anda dapat memulai dengan Python secara gratis di Windows, Mac, atau Linux melalui situs resmi Python atau melalui tutorial online yang dapat Anda jalankan di browser Anda, seperti Pengenalan Python yang diselenggarakan oleh Rasperry Pi.

Microsoft Small Basic

Microsoft dirancang Small Basic untuk membantu transisi anak-anak dari pemrograman berbasis blok (seperti Scratch) ke pengkodean berbasis teks, dan ini sesuai dengan tagihan. Jika anak Anda menggunakan Windows, ini adalah titik awal yang ideal. Dengan hanya 14 kata kunci, ini cukup sederhana untuk dipahami dengan cepat tetapi cukup kuat untuk membuat demo yang menyenangkan, game kecil, dan aplikasi. Ini didasarkan pada .NET, sehingga keterampilan dapat ditransfer ke Visual Basic. Meskipun Small Basic berjalan melalui aplikasi khusus, mudah untuk membagikan hasilnya dengan orang lain melalui web. Microsoft menyelenggarakan tutorial dan sumber daya online, dan yang terbaik dari semuanya, Small Basic benar-benar gratis.

Pico-8 atau Solar2D (dengan Lua)

Pico-8 dari Lexaloffle Games adalah “konsol fantasi”, yang berarti bahwa ini adalah pemrograman mandiri lingkungan yang dirancang agar terlihat dan terasa seperti konsol game 8-bit jadul. Ini menggunakan bahasa skrip Lua. Pico-8 sangat bagus untuk anak-anak karena menyenangkan untuk digunakan dan memiliki kurva belajar yang rendah. Karena sangat berorientasi pada permainan, anak-anak dapat melihat program mereka menjadi hidup dengan cara yang interaktif. Pico-8 berharga $15, dan Anda dapat mengunduhnya untuk Windows, Mac, dan Linux dari situs web Lexaloffle.

Selain itu, jika Anda mempelajari Lua dengan Pico-8, Anda dapat menerapkan pengetahuan tersebut ke mesin permainan lain seperti Solar2D, yang membuatnya mudah bagi anak-anak untuk terjun ke dalam pengembangan game produksi di luar batasan konsol fantasi. Solar2D adalah proyek open source gratis yang tersedia untuk Windows dan Mac. Selamat bersenang-senang, dan selamat coding!

Itulah berita seputar 5 Bahasa Pemrograman Hebat untuk Anak-Anak, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.