6 Cara Efektif Menggunakan Jelajahi di Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Fitur Jelajahi bekerja secara berbeda di Google Spreadsheet daripada di Google Documents. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan detail berguna tentang data Anda untuk membantu Anda menganalisisnya. Anda juga dapat menggunakan bagian yang disediakan alat di spreadsheet Anda.

Jika Anda mencari cara praktis untuk mempelajari lebih lanjut tentang data di Google Sheet Anda, berikut adalah berbagai cara untuk menggunakan fitur Jelajahi.

1. Ajukan Pertanyaan Tentang Data Anda

Saat pertama kali membuka alat Jelajahi di Google Spreadsheet, Anda akan melihat saran dan memiliki opsi untuk mengajukan pertanyaan Anda sendiri tepat di bagian atas bilah sisi. Plus, pertanyaan yang disarankan memberi Anda ide bagus tentang pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri.

Di sini kami memiliki data penjualan per bulan untuk beberapa produk. Anda dapat melihat alat Jelajahi menawarkan pertanyaan seperti nilai teratas di kolom tertentu, nilai terendah di kolom tertentu, dan nilai median kolom lain.

Pertanyaan yang disarankan yang Anda lihat bervariasi tergantung pada data. Secara default, kami melihat pertanyaan ini untuk rentang sel kami A1 hingga F13. Tetapi Anda dapat memilih rentang sel tertentu dan melihat saran yang berbeda.

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan Anda sendiri seperti apa korelasi antara dua kolom, rata-rata kolom, atau kolom yang sesuai dengan nilai tertinggi. Ketik satu ke dalam kotak Tanya Tentang Data Ini untuk melihat hasilnya.

Dengan setiap pertanyaan yang Anda pilih atau ajukan, sebuah kartu dibuat di bilah sisi. Anda dapat melihat setiap kartu dengan menggulir ke bawah. Ini memberi Anda riwayat pertanyaan dan jawaban yang bagus untuk digunakan kembali atau ditinjau.

Tip: Sesuaikan Rentang Sel untuk Lebih Banyak Jawaban

Secara default, fitur Jelajahi membaca data di lembar Anda berdasarkan kolom. Hal ini penting untuk diperhatikan untuk pertanyaan karena mempengaruhi apa yang dapat Anda tanyakan. Tetapi Anda dapat mengubah ini.

Di bagian atas bilah sisi, Anda akan melihat rentang sel saat ini. Pilih “Edit” untuk mengubah rentang atau memilih apakah kolom atau baris Anda berisi tajuk. Ini menentukan cara kerja pertanyaan.

Di sini, Anda melihat saran sesuai dengan header kolom kami di baris 1 yang merupakan produk.

Jika kami mengubah alat untuk membaca header baris di kolom A, Anda akan melihat opsi berubah untuk melihat bulan sebagai gantinya.

Dengan mengedit bagian ini, Anda dapat melihat berbagai pertanyaan yang disarankan dan mengajukan pertanyaan Anda sendiri berdasarkan tempat header Anda berada.

2. Melihat dan Menggunakan Rumus

Untuk mengikuti pertanyaan yang disarankan atau yang Anda tanyakan pada diri sendiri, Anda dapat melihat rumus yang digunakan Explore untuk mendapatkan jawabannya. Anda tidak hanya dapat melihat rumus, tetapi Anda juga dapat menempatkannya langsung di lembar jika rumus yang ingin Anda simpan.

Di sini, kami meminta rata-rata Kasus (kolom B). Saat Anda mendapatkan hasilnya, pilih “Lihat Formula.” Anda kemudian dapat mengklik rumus untuk menyalinnya ke clipboard Anda dan menempelkannya di tempat yang Anda suka.

Atau, Anda cukup menyeret rumus ke sel di lembar Anda.

3. Dapatkan Perhitungan Cepat

Serupa dengan perhitungan yang dapat Anda lihat di bilah status di bagian bawah, Anda dapat melihat hal-hal seperti jumlah, rata-rata, dan median di bilah sisi Jelajahi.

Pilih rentang sel dan Anda akan melihat penghitungan ini ditampilkan di bagian atas bilah sisi di atas bagian pertanyaan.

Anda juga dapat menyeret salah satu penghitungan ke dalam sel di lembar jika Anda ingin menyimpannya.

4. Lihat dan Sisipkan Bagan

Fitur lain yang sangat membantu dari alat Jelajahi adalah bagan yang disediakannya. Saat Anda melihat bilah sisi, gulir ke bagian Analisis. Bergantung pada data Anda, Anda mungkin melihat beberapa jenis bagan yang berbeda.

Untuk melihat bagan dalam ukuran yang lebih besar, pilih tombol Zoom atau untuk menambahkan bagan ke lembar Anda, pilih tombol Sisipkan Bagan.

Bersama dengan bagan di Analisis di bilah sisi, Anda mungkin melihat orang lain saat mengajukan pertanyaan. Misalnya, Anda dapat menanyakan korelasi antara dua kolom. Pilih “Bagan” dan Anda akan melihat grafik praktis yang dapat Anda lihat atau sisipkan di sheet.

5 Tinjau Ringkasan Singkat

Untuk melengkapi beberapa bagan yang dibuat alat Jelajahi untuk Anda, Anda mungkin melihat ringkasan yang bermanfaat. Ini bisa menjadi cuplikan kecil yang berguna yang merangkum apa yang Anda lihat di chart.

6. Warna Baris Alternatif

Satu fitur berguna lainnya yang akan Anda lihat dengan Jelajahi adalah kemampuan untuk mewarnai baris bergantian di lembar Anda. Ini hanyalah tempat yang berguna untuk tindakan ini daripada membuka menu.

Anda akan melihat rentang sel di bawah opsi untuk mengonfirmasi. Kemudian, pilih salah satu skema warna untuk menerapkan shading.

Atau, pilih “Edit” untuk menyesuaikan warna baris bergantian sesuai preferensi Anda.

Ketika Anda ingin menganalisis data Anda di Google Spreadsheet, ingatlah fitur Jelajahi untuk informasi bergunanya , bagan, dan alat lainnya.

Itulah berita seputar 6 Cara Efektif Menggunakan Jelajahi di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.