6 Kesalahan Penempatan Router Mesh yang Harus Dihindari

 

Membeli sistem router mesh hanyalah setengah dari proses peningkatan. Jika penempatan node mesh Anda buruk, Anda tidak akan pernah menyadari manfaat penuh dari sistem mesh. Berikut adalah kesalahan umum yang ingin Anda hindari.

Menempatkan Router Mesh Anda di Lokasi Lama yang Sama

Saat Anda membeli sistem router mesh baru, inilah saat yang tepat untuk menilai kembali penempatan router Anda.

Terlalu banyak orang yang memarkir router Wi-Fi tradisional mereka di beberapa lokasi terpencil. Lokasi ini biasanya ditentukan oleh di mana saluran utilitas dari penyedia layanan internet (ISP) mereka memasuki rumah mereka.

Lokasi paling umum yang kami temui adalah di ruang keluarga di mana pintu masuk layanan kabel asli berada atau di sudut ruang bawah tanah tempat layanan telepon lama memasuki rumah.

Meskipun sistem mesh cukup membantu untuk mengatasi situasi seperti router yang didorong ke sudut ruang bawah tanah, ini tidak ideal.

Sekarang, saat Anda menyiapkan sistem baru, adalah cara yang bagus saatnya mempertimbangkan untuk memindahkan router Anda untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi.

Hanya karena router Anda selalu berada di sudut tertentu tidak berarti router harus tetap berada di sana. Memindahkan router mesh Anda ke lokasi pusat di rumah Anda akan mempermudah penempatan node lain secara efektif dan mendapatkan cakupan seluruh rumah yang lebih baik.

Menempatkan Node Terlalu Dekat Bersama

Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi Anda dapat menempatkan node mesh terlalu berdekatan . Perangkat keras, baik di tingkat router maupun di tingkat perangkat, seperti ponsel cerdas Anda, terus meningkat setiap saat, tetapi menempatkan node yang berdekatan menciptakan beban yang tidak perlu pada sistem mesh dan perangkat yang terhubung dengannya.

Anda tidak ingin membuat kemacetan radio dengan menempatkan node terlalu berdekatan dan Anda tidak ingin perangkat Anda harus terus-menerus menilai ulang node mana yang akan digunakan karena tidak jelas mana yang menawarkan koneksi superior pada saat tertentu.

Agak sulit untuk menilai terlalu berdekatan. Jelas, Anda tidak ingin dua simpul di ruangan kecil yang sama atau tepat di sisi berlawanan dari dinding, tetapi baik tata letak rumah Anda dan bahan yang dibangun berperan dalam menentukan kedekatan simpul.

Menempatkan Node Terlalu Jauh

Anda akan berpikir akan segera terlihat jelas jika Anda menempatkan node Anda terlalu berjauhan. Wi-Fi tidak seperti sakelar sederhana di mana ia aktif dan berfungsi atau mati dan tidak. Tidak ada pemotongan dan kering “pada X jumlah kaki dari Y router, sinyal tidak bekerja,” rule.

Sebaliknya, sinyal menurun selama rentang waktu tertentu dipengaruhi oleh tidak hanya jarak tetapi segala sesuatu di antara mesh node dan node terdekatnya tetangga.

Penempatan node yang ideal adalah di mana setiap node mencakup jumlah area maksimum di rumah dengan tumpang tindih yang cukup antara satu node dan node terdekat sehingga dua unit dapat berkomunikasi dengan gangguan minimal dan sinyal yang kuat.

Apa yang terlihat seperti di rumah Anda sangat bergantung pada banyak faktor lain dalam daftar ini seperti di mana router mesh utama ditempatkan dan konfigurasi serta konstruksi rumah Anda.

Secara umum, pedoman yang baik adalah menempatkan node kira-kira di tengah jalan. antara router mesh dan area rumah Anda di mana Anda mendapatkan sinyal yang sangat lemah. Tujuannya adalah agar node mengambil sinyal dari router dan membawanya ke depan, tidak harus terlalu jauh sehingga sulit untuk terhubung dengan benar.

Jika node terlalu berjauhan, perangkat di titik semi-mati di antara mereka akan memiliki waktu muat yang lambat, gagap, dan masalah konektivitas lainnya. Itu pertanda baik Anda perlu memindahkan satu atau lebih node (atau menambahkan satu lagi ke sistem).

Pada diagram di atas, Anda dapat melihat bagaimana menempatkan node mesh secara strategis (dalam hal ini node mesh TP-Link M9) mencakup garasi, teras, dan struktur pusat rumah.

Menempatkan Node Terhadap Dinding Luar

Berbicara tentang menempatkan node mesh terlalu berjauhan, satu kesalahan umum yang terlalu sering kita temui adalah penempatan router (jaringan mesh atau lainnya) di dinding luar.

Wi- Fi memancar keluar dari router atau mesh node dalam bentuk yang cukup seragam (bentuknya tergantung pada jenis antena, tetapi sebagian besar unit tidak memiliki antena directional yang sangat terfokus sehingga berbentuk seperti donat, kubah, bola, atau semacamnya yang cukup seimbang. ). Jika Anda memarkir simpul jala Anda ke dinding luar maka sejumlah besar sinyal akan memancar ke halaman Anda atau apartemen tetangga. Anda menghabiskan banyak waktu, itu bagus. Tetapi jika node mesh memeluk dinding luar yang membatasi ruang yang tidak Anda gunakan, maka Anda harus memposisikan ulang node mesh Anda sehingga sinyal lebih selaras dengan ruang yang Anda gunakan. jalan panjang menuju peningkatan penempatan simpul jala jika Anda memikirkan rumah Anda dalam hal bahan apa yang ada di antara satu simpul dan simpul berikutnya.

Berpura-pura sejenak bahwa Anda adalah Superman dan Anda dapat menatap melalui lantai dan dinding, melihat segala sesuatu di antaranya di mana Anda berencana untuk menempatkan router mesh utama dan di mana Anda akan menempatkan node. Apa yang ada di antara simpul dan pangkalan jika Anda menggambar garis melalui udara dan struktur perantara rumah?

Ada beberapa bahan yang menyerap sinyal Wi-Fi sangat sedikit sehingga mungkin juga berupa udara terbuka. Jendela praktis tidak terlihat kecuali jika diwarnai dengan film metalik. Dinding interior drywall dengan kancing kayu menyerap sedikit tetapi tidak terlalu banyak.

Barang seperti lemari es dan peralatan besar lainnya, bak besi cor (dan pipa logam pada umumnya seperti tumpukan saluran pembuangan besi cor besar), dinding beton, dinding plester tua dengan bubut logam, baja stud, dan apa pun dengan komposisi logam dan/atau kepadatan tinggi menyerap banyak energi Wi-Fi.

Itu termasuk, omong-omong, buku. Anda mungkin tidak terlalu memikirkan rak buku besar atau seluruh dinding yang dipenuhi buku, tetapi Anda harus mengingatnya. Meskipun satu buku tidak akan banyak membantu memblokir sinyal Wi-Fi, ratusan buku yang ditumpuk bersama-sama menyerap cukup banyak energi.

Dengan mengingat hal itu, coba tempatkan simpul jala Anda di mana Anda dapat menggambar garis yang dibayangkan, bebas dari hambatan “berat” (apakah itu terlihat atau tersembunyi di dinding) antara node, node lain, dan router.

Terkadang hanya memindahkan node mesh dari satu sudut ruangan ke sudut lain sudah cukup untuk membantu sinyal menyelinap melewati semua peralatan logam di dapur atau mendapatkan “garis pandang” langsung melalui lantai tanpa menabrak bak antik Anda. bahan penyerap radio, cukup penting untuk dipecahkan dan didiskusikan sendiri.

Terlalu sering orang menempatkan simpul jala mereka di lokasi yang terlalu rendah untuk penyebaran sinyal yang optimal. Kepadatan setiap ruangan di rumah Anda sangat terbebani ke lantai. Perabotan duduk di lantai. Semua benda di furnitur (seperti buku, dekorasi, dll.) lebih dekat ke lantai. Omong-omong, tubuh kita memblokir Wi-Fi sampai tingkat tertentu, dan kita juga berjalan-jalan dan menjalani hidup kita di bagian bawah ruangan.

Ada alasan ketika Anda berada di lokasi dengan perusahaan besar Jaringan Wi-Fi seperti kantor, kampus, atau tempat serupa lainnya, titik akses Wi-Fi sangat tinggi. Sementara bagian dari penempatan adalah kemudahan penyebaran, sebagian besar adalah menempatkan titik akses di atas pengguna memastikan bahwa semua badan dan furnitur di ruang tidak menghalangi sinyal.

Anda dapat mengambil isyarat dari lingkungan tersebut dan bergerak simpul jala Anda setinggi praktis (atau dapat diterima oleh kepekaan desain interior Anda) di rumah Anda sendiri. Memindahkan node mesh Anda dari ketinggian meja ke ketinggian langit-langit membuatnya berada di atas semua barang di ruangan yang menghalangi sinyalnya.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar sistem mesh konsumen di pasar dirancang untuk penempatan permukaan horizontal. Antena di dalam node diposisikan seolah-olah Anda akan mengatur node di atas meja, rak, atau permukaan horizontal lainnya sehingga sinyal radio memancar keluar di sekitar unit dengan profil sinyal yang sedikit lebih lemah di bawah unit. kondisi dunia perbedaan antara, katakanlah, node Wi-Fi Eero atau Nest yang duduk datar atau berorientasi 90 derajat di braket pemasangan di dinding dapat diabaikan tetapi sinyalnya akan, secara objektif, lebih kuat di “atas” unit.

Dengan itu di ingat, jika Anda memasang unit di dinding, ada baiknya menjaganya tetap horizontal atau memilih dinding untuk pemasangan vertikal sehingga “bagian atas” unit mengarah ke dalam menuju area paling penting di rumah dan tidak keluar ke halaman Anda. Namun, sekali lagi, di bawah dunia nyata bermain-main di ponsel Anda atau streaming video ke kondisi TV Anda, Anda akan kesulitan untuk melihat perbedaan antara dua orientasi.

Menutup daftar kesalahan penempatan mesh di sini adalah waktu yang tepat untuk menekankan penempatan praktis daripada penempatan optimal. Kami tidak ingin siapa pun membaca daftar tip ini dan berpikir bahwa mereka harus mengubah segalanya tentang tata letak jaringan mesh mereka.

Sebelum memindahkan semuanya, carilah kemenangan mudah seperti meletakkan simpul jala di atas rak buku alih-alih terkubur di antaranya buku-buku di rak atau mengubah sudut ruangan mana node berada sehingga dapat berkomunikasi dalam garis lurus ke node lain tanpa kompor dan lemari es di jalan.

Itulah berita seputar 6 Kesalahan Penempatan Router Mesh yang Harus Dihindari, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.