7 Cara Mengatasi Kebisingan Kipas Laptop

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Baik bermain game, menjelajahi web, atau melakukan pekerjaan serius, ada laptop dengan otot pemrosesan yang cukup untuk menangani hampir semua hal. Sayangnya, itu mungkin menjadi sangat keras saat melakukannya. Tapi ada cara untuk mengekang noise.

1. Bersihkan Ventilasi dan Kipas, dan Gunakan Permukaan Keras

Jika laptop Anda sekarang lebih keras daripada sebelumnya menjalankan perangkat lunak yang sama, ada kemungkinan kipas dan ventilasi Anda tersumbat oleh debu. Ini berarti komputer mendorong kecepatan kipas untuk mengimbanginya. Jawabannya adalah membersihkan debu dari laptop Anda.

Jika ventilasi Anda tidak tersumbat oleh debu, Anda mungkin memblokirnya dengan cara lain. Pastikan Anda hanya menggunakan laptop di permukaan yang keras seperti meja laptop.

2 . Ubah Pengaturan Kipas Anda

Cara tercepat untuk mengurangi kebisingan kipas adalah dengan mengecilkan kipas. Itu mudah untuk dikatakan, tetapi tidak selalu jelas bagaimana Anda seharusnya melakukannya.

Ada tiga tempat untuk mencari kontrol kipas di laptop Anda. Pertama, lihat keyboard Anda untuk melihat apakah ada kontrol kipas fisik. Biasanya, Anda harus menahan tombol “Fn” pada keyboard Anda dan kemudian menekan tombol fungsi yang beralih di antara mode kipas yang berbeda. Salah satunya mungkin mode yang lebih senyap dengan kinerja maksimum yang lebih rendah.

Tempat kedua untuk memeriksa adalah dengan utilitas apa pun yang terpasang di laptop Anda. Ini lebih sering terjadi pada laptop gaming dengan utilitas pabrikan yang memungkinkan Anda mengontrol pencahayaan RGB dan profil kipas. Jika laptop Anda tidak memiliki utilitas kontrol kipas resmi, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SpeedFan, tetapi Anda melakukannya dengan risiko Anda sendiri.

Akhirnya, Anda dapat memeriksa menu BIOS/UEFI, di mana beberapa laptop memiliki kipas pengaturan profil yang dapat diubah. Konsultasikan manual laptop Anda untuk menentukan cara mengakses menu BIOS/UEFI dan apakah ada pengaturan yang memengaruhi profil kipas di sana. Ubah Pengaturan Daya Anda

Sebagian besar sistem operasi memungkinkan Anda untuk menyesuaikan rencana daya laptop Anda untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara kinerja, kebisingan, dan masa pakai baterai. Jika Anda senang hidup dengan kinerja yang sedikit lebih rendah daripada yang dapat diberikan laptop Anda dengan imbalan lebih sedikit kebisingan, Anda dapat mengubah rencana daya itu menjadi sesuatu yang menghasilkan lebih sedikit panas dan oleh karena itu membutuhkan lebih sedikit pendinginan.

Di Windows, Anda dapat mengeklik kanan pada ikon baterai di area notifikasi dan pilih “Pengaturan Daya dan Tidur”

Kemudian ubah “Mode Daya” menjadi “Efisiensi Daya Terbaik”, yang akan mengurangi kebisingan kipas dalam tawar-menawar.

4. Gunakan Fitur GPU yang Memotong Kebisingan Kipas

Di laptop dengan GPU khusus, GPU memiliki kipas pendingin sendiri, yang berkontribusi pada tingkat kebisingan secara keseluruhan. Produsen GPU besar menawarkan fitur khusus dalam perangkat lunak utilitas mereka untuk membatasi kebisingan kipas. Ini mengorbankan kinerja, tetapi GPU sering kali bekerja untuk menghasilkan kinerja yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Untuk pengguna NVIDIA, fitur ini dikenal sebagai Mode Bisikan dan dapat diaktifkan dari GeForce Experience. Fitur untuk pengguna AMD dikenal sebagai Radeon Chill, dikonfigurasi dari Radeon Software.

Dengan mengaktifkan mode ini, GPU Anda hanya akan merender hingga batas kecepatan bingkai yang ditentukan, menjaga suhu dan kebisingan tetap rendah di game yang tidak terlalu menuntut. Mode khusus ini melampaui batas kecepatan bingkai sederhana dengan mengelola GPU dengan target daya yang lebih rendah dan secara agresif menapaki batas antara suhu aman maksimum dan kecepatan kipas.

5. Gunakan Pembatas Bingkai di Game

Banyak video game modern memungkinkan Anda menyetel kecepatan bingkai maksimum di menu pengaturan tampilan atau grafis. Menurunkan kecepatan bingkai ke 30fps akan secara signifikan mengurangi jumlah panas dan kebisingan kipas selama bermain game.

Anda juga dapat membatasi kecepatan bingkai game dengan mengaktifkan Vsync di menu game, yang hanya membatasi kecepatan bingkai ke kecepatan refresh layar. Sebagian besar tampilan laptop tidak lebih rendah dari 60Hz, jadi ini adalah jenis metode batas kecepatan bingkai kasar.

6. Pindahkan Laptop Anda Lebih Jauh

Jika Anda menggunakan laptop sebagai sistem desktop yang terhubung ke layar eksternal, salah satu cara efektif untuk mengurangi kebisingan kipas adalah dengan menjauhkan laptop dari Anda. Intensitas suara tunduk pada hukum kuadrat terbalik, yang berarti intensitas suara menurun drastis seiring dengan bertambahnya jarak.

Misalnya, Anda dapat menggunakan mouse dan keyboard nirkabel yang dikombinasikan dengan kabel layar panjang dan memiliki ventilasi pembuat kebisingan di laptop Anda lebih jauh dari telinga Anda. Perbaikan sederhana ini membuatnya jauh lebih sedikit bising tanpa mengorbankan kinerja atau temperatur.

7. Gunakan Headphone Peredam Kebisingan

Jika Anda tetap menggunakan headphone dengan laptop Anda, Anda dapat sepenuhnya menghilangkan kebisingan kipas dengan menggunakan set headphone peredam bising berkualitas baik.

Bahkan model anggaran sangat mampu meredam suara dengung monoton, seperti suara kipas. Ini jelas merupakan salah satu solusi paling efektif, meskipun Anda harus mengeluarkan sejumlah uang.

Itulah berita seputar 7 Cara Mengatasi Kebisingan Kipas Laptop, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.