7 Cara Mengurutkan Data di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sangat mudah untuk mengurutkan data di Excel menurut abjad atau numerik. Tapi mungkin Anda ingin mengurutkan berdasarkan warna, format, atau daftar seperti bulan dalam setahun. Kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai cara untuk mengurutkan data di Excel.

Anda dapat menggunakan pengurutan cepat untuk opsi dasar tersebut atau membuat pengurutan kustom yang memberi Anda lebih banyak fleksibilitas. Apa pun data Anda, baik itu teks atau angka, lihat berbagai cara berikut untuk mengurutkannya.

A to Z Sorting

Jika Anda ingin mengurutkan menurut teks dalam urutan abjad atau angka seperti mata uang atau desimal dalam urutan numerik, Anda dapat melakukannya dalam Excel hanya dengan beberapa klik.

Pilih data yang ingin Anda urutkan dan buka alat Urutkan dengan salah satu cara berikut:

Pada tab Beranda, pilih “Urutkan & Filter” di bagian Pengeditan pada pita . Di bagian atas kotak pop-up, pilih “Sort A to Z” atau “Sort Z to A.”Pada tab Data, pilih “A – Z” atau “Z – A” di bagian Sort pada pita.

Data Anda kemudian diurutkan sesuai urutan yang Anda pilih, baik menurut abjad dari A hingga Z atau sebaliknya. Opsi ini juga mengurutkan angka dengan cara yang sama, dari terendah ke tertinggi atau sebaliknya. alih-alih kolom, Anda dapat membuat sortir kustom.

Pilih data Anda, buka tab Data, dan klik “Urutkan” di bagian Urutkan & Filter pada pita. Kemudian, klik “Options” di bagian atas kotak Sort.

Dalam kotak pop-up kecil, tandai opsi Sort Left to Right, centang kotak untuk Case Sensitive di bagian atas jika Anda suka, dan klik “OK.”

You kemudian dapat melanjutkan penyiapan pengurutan menurut baris dengan kotak drop-down. Bergantung pada opsi yang Anda pilih di kotak drop-down pertama, Anda dapat mengurutkan dari A ke Z, atas ke bawah, atau opsi lain.

Penyortiran Warna

Juga menggunakan opsi pengurutan kustom di Excel, Anda dapat mengurutkan menurut warna. Ini memungkinkan Anda mengurutkan data berdasarkan sel atau warna font. Pilih data Anda dan kemudian “Urutkan” pada tab Data untuk membuka kotak Urutkan. baik “Warna Sel” atau “Warna Font” tergantung pada apa yang ingin Anda urutkan. Kemudian, gunakan kotak tambahan yang muncul untuk memilih warna.Urutan: Pilih “Di Atas” atau “Di Bawah” sesuai preferensi Anda.

Klik “OK” saat Anda selesai, dan Anda akan melihat data Anda diurutkan berdasarkan warna pilihan Anda.

Penyortiran Ikon Pemformatan Bersyarat

Jika Anda memanfaatkan tampilan ikon untuk data Anda di Excel berdasarkan pemformatan bersyarat, Anda juga dapat menggunakan ini sebagai opsi pengurutan. Pilih data Anda dan kemudian “Urutkan” pada tab Data untuk membuka kotak Urutkan. pada: Pilih “Ikon Pemformatan Bersyarat” lalu gunakan kotak tambahan yang muncul untuk memilih ikon.Urutan: Pilih “Di Atas” atau “Di Bawah” sesuai preferensi Anda.

Klik “OK” saat Anda selesai, dan Anda akan melihat data Anda diurutkan berdasarkan pemformatan bersyarat yang Anda pilih icon.

Penyortiran Daftar

Salah satu opsi penyortiran yang nyaman yang tidak disadari banyak orang di Excel adalah penyortiran daftar. Misalnya, Anda mungkin ingin mengurutkan berdasarkan hari dalam seminggu atau bulan dalam setahun. Pilih data Anda dan kemudian “Urutkan” pada tab Data untuk membuka kotak Urutkan. Pesan: Pilih “Daftar Kustom”. Kemudian pilih daftar yang ada di bagian Custom Lists dan klik “OK.”

Anda akan melihat daftar tersebut muncul di menu drop-down Order di kotak Sort. Klik “OK” untuk mengurutkan data Anda berdasarkan daftar.

Anda kemudian akan melihat data Anda diurutkan berdasarkan daftar pilihan Anda.

Penyortiran Daftar Baru

Cara lain untuk mengurutkan menggunakan daftar adalah dengan daftar kustom baru. Ini nyaman jika Anda belum punya waktu untuk membuat daftar kustom di Excel, karena Anda bisa membuatnya dengan alat pengurutan. Pilih data Anda lalu “Urutkan” pada tab Data untuk membuka kotak Urutkan. .Urutkan: Pilih “Nilai Sel”.Urutan: Pilih “Daftar Kustom”. Pilih “Daftar Baru”, klik “Tambah”, lalu masukkan setiap item daftar di kotak Entri Daftar. Pastikan untuk memasukkannya sesuai urutan yang Anda inginkan. Klik “OK” saat Anda selesai.

Anda akan melihat daftar di menu tarik-turun Urutan kotak Urutkan. Klik “OK” untuk mengurutkan data Anda berdasarkan daftar ini.

Anda kemudian akan mengurutkan data berdasarkan daftar kustom baru yang baru saja Anda buat.

Pengurutan Bertingkat

Jika Anda ingin mengurutkan berdasarkan lebih dari satu kolom atau baris di Excel, dapat menambahkan level lain saat Anda membuat pengurutan kustom. Misalnya, Anda dapat mengurutkan menurut abjad berdasarkan nama pertama dan warna kedua. Dan, Anda dapat menambahkan level ke salah satu metode penyortiran di atas jika Anda suka. Kemudian, pilih “Tambah Tingkat” dan atur pengurutan kedua yang ingin Anda gunakan.

Perlu diingat bahwa, Excel mengurutkan data Anda berdasarkan daftar tingkat ini dari atas ke bawah. Jadi jika diperlukan, Anda dapat mengaturnya kembali. Pilih level lalu gunakan tombol panah untuk memindahkan level tersebut ke atas atau ke bawah.

Saat Anda selesai, klik “OK” untuk menerapkan pengurutan untuk berbagai level Anda.Nbsp

Mengurutkan data Anda di Microsoft Excel membantu Anda melihatnya seperti yang Anda perlukan untuk analisis atau ulasan. Jadi ingatlah metode penyortiran ini dan lihat juga cara mengurutkan menurut tanggal di Excel.

Disadur dari HowToGeek.com.