7 Fitur Microsoft Excel Praktis yang Mungkin Anda Lewatkan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Terkadang ketika Anda menggunakan aplikasi setiap hari, fitur-fitur baru dapat luput dari perhatian. Agar Anda dapat mempercepat dengan alat yang berguna untuk spreadsheet Anda, lihat fitur Microsoft Excel yang mungkin Anda lewatkan.

1. Grafik Mini Cepat

Meskipun Anda dapat membuat berbagai jenis bagan dan grafik di Excel, opsi grafik mini adalah salah satu yang mungkin Anda abaikan. Dengan itu, Anda dapat menyisipkan grafik yang berguna ke dalam satu sel tanpa mengganggu data.

Pilih sel tempat Anda ingin menambahkan grafik mini. Buka tab Sisipkan dan pilih grafik Garis, Kolom, atau Menang/Kalah, bergantung pada gaya yang Anda inginkan, di bagian Grafik Mini pada pita.

Di jendela pop-up, masukkan rentang sel atau pilih di lembar Anda untuk mengisi kotak Rentang Data. Konfirmasikan atau ubah entri di kotak Rentang Lokasi untuk penempatan grafik mini. Klik “OK.”

Anda kemudian akan memiliki grafik kecil yang bagus di sel individual untuk dengan cepat menampilkan visual data Anda tanpa semua fluff.

2. Validasi Data untuk Menghilangkan Entri yang Salah

Ketika Anda membuat lembar untuk diisi atau dikolaborasikan oleh orang lain di lembar bentang, Anda dapat berakhir dengan data yang salah di tempat yang salah. Dengan menggunakan validasi data, Anda dapat memastikan bahwa informasi yang dimasukkan semua orang adalah miliknya.

Pilih sel tempat Anda ingin menambahkan validasi. Buka tab Data dan klik tombol Validasi Data di bagian Alat Data pada pita atau gunakan panah tarik-turun untuk memilih opsi tersebut.

Saat kotak terbuka, pilih jenis validasi yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih dari teks, tanggal, waktu, bilangan bulat, desimal, daftar, atau tipe data kustom. Lengkapi bidang yang tersisa per jenis data yang Anda pilih.

Secara opsional, Anda dapat menggunakan tab Pesan Masukan dan Peringatan Kesalahan untuk menyesuaikan instruksi atau pesan kesalahan. Klik “OK” saat Anda selesai.

Selanjutnya, ketika seseorang menambahkan data ke sel itu, mereka harus memasukkan data yang diharapkan Excel per validasi. Jika tidak, mereka akan menerima error.

Fitur validasi data adalah cara yang bagus untuk membuat daftar drop-down di lembar Anda untuk entri data juga.

3. Bilah Status untuk Melihat (dan Menyalin) Penghitungan Tanpa Rumus

Anda mungkin ingin melakukan penghitungan cepat, seperti menjumlahkan atau rata-rata beberapa angka, tetapi tidak perlu rumus ditambahkan ke lembar Anda. Dengan menggunakan Bilah Status, Anda dapat melihat penghitungan dengan cepat dan mudah.

Pilih sel yang berisi nilai yang ingin Anda hitung. Kemudian, lihat Status Bar. Anda akan melihat Jumlah, Rata-rata, Minimum, Maksimum, dan Hitungan.

Untuk menyesuaikan penghitungan yang ditampilkan di Bilah Status, klik kanan dan pilih yang ingin Anda beri tanda centang di sebelahnya.

Untuk pengguna Windows, Anda juga dapat menyalin nilai langsung dari Status Bar. Cukup pilih yang Anda inginkan, dan itu akan ditempatkan di clipboard Anda. Anda kemudian dapat memasukkannya ke dalam lembar atau menempelkannya ke aplikasi lain.

4. Flash Fill untuk Mengisi Sel

Jika Anda memiliki banyak data untuk diisi, fitur Flash Fill dapat membantu Anda melakukannya dengan mengenali pola. Misalnya, Anda mungkin memiliki daftar nama depan dan belakang dalam satu kolom yang ingin Anda bagi menjadi dua kolom. Dengan memasukkan hanya satu bagian data, Isi Flash dapat mengisi sisanya.

Menambahkan sepotong data ke dalam sel. Untuk contoh kami, kami akan memasukkan nama depan. Kemudian, buka tab Data dan klik tombol Isi Flash di bagian Alat Data pada pita.

Anda akan melihat Excel mengisi sel lainnya dengan nama depan tersebut. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk nama belakang. Masukkan satu ke sel atas dan tekan tombol Flash Fill. Boom, satu dan selesai!

5. Hapus Duplikat Dengan Click

Duplikat terjadi. Ini terutama benar jika Anda mengimpor data ke Excel dari sumber lain. Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk membersihkan data yang berulang. Di Excel, Anda dapat menghapus duplikat hanya dalam hitungan detik.

Pilih data yang ingin Anda evaluasi untuk duplikat. Buka tab Data dan klik tombol Hapus Duplikat di bagian Alat Data pada pita.

Dalam kotak yang terbuka, konfirmasikan kolom yang ingin Anda periksa dan klik “OK.”

Anda kemudian akan melihat duplikat Anda menghilang dengan tanda pesan yang memberi tahu Anda berapa banyak yang dihapus.

6. Jendela Tontonan untuk Hasil Rumus Cepat

Jika Anda memiliki buku kerja besar dengan banyak lembar dan banyak data, Jendela Tontonan membantu Anda mengawasi rumus Anda. Daripada mencari hasil yang berubah di seluruh spreadsheet dan data Anda, cukup tambahkan rumus ke alat dan lihat hasilnya dengan cepat.

  • Pilih sel yang berisi rumus yang ingin Anda tonton. Buka tab Rumus dan pilih “Jendela Tontonan” di bagian Audit Rumus pada pita.
  • Klik “Tambah Jam Tangan” untuk menambahkan rumus ke daftar.
  • Konfirmasi bahwa sel yang dipilih sudah benar dan klik “Tambah.”

Sekarang Anda dapat membuka Tonton Jendela dari tab Rumus kapan saja untuk melihat hasil perubahan rumus Anda tanpa memburunya.

7. Analisis Data Tanpa Kerja

Microsoft Excel menyediakan fitur praktis untuk menganalisis data Anda secara otomatis. Sesuai namanya, fitur Analisis Data dapat menghemat waktu Anda saat Anda membutuhkan analisis cepat.

Pilih lembar yang ingin Anda kerjakan dan buka tab Beranda. Klik “Analisis Data” di bagian Analisis pita.

Anda akan melihat bilah sisi terbuka di sebelah kanan yang memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan tentang data Anda, menemukan wawasan, melihat frekuensi dan pola, dan menyisipkan item seperti bagan dan tabel pivot.

Be pastikan untuk menggulir ke bagian bawah bilah sisi dan klik tautan untuk melihat semua hasil analisis yang tersedia untuk data Anda.

Mudah-mudahan fitur Excel ini adalah beberapa yang akan mulai Anda gunakan untuk menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan mengikuti perkembangan data Anda. Jika Anda ingin terus mempelajari kemampuan semua Excel, pastikan untuk membaca panduan kami tentang fungsi dasar Excel yang harus diketahui semua orang.

Itulah berita seputar 7 Fitur Microsoft Excel Praktis yang Mungkin Anda Lewatkan, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.