8 Tempat Windows XP Bersembunyi di Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft Windows telah banyak berubah dalam 20 tahun terakhir, tetapi ada banyak area yang belum berubah. Masih ada beberapa fitur yang terlihat di Windows 11 yang berasal dari Windows XP dari tahun 2001, atau bahkan lebih awal.

Berbeda sekali dengan macOS, yang merusak kompatibilitas dengan perangkat lunak lawas secara semi-reguler, Windows dirancang untuk rusak sesedikit mungkin. aplikasi dan game sebanyak mungkin. Itu memiliki banyak keuntungan, tetapi itu juga berarti beberapa komponen Windows tidak berubah secara signifikan selama bertahun-tahun, karena mengubahnya dapat menyebabkan reaksi berantai dari aplikasi lama yang rusak. Misalnya, meskipun Internet Explorer secara perlahan dihapus dari Windows 10, mesin rendering digunakan oleh beberapa perangkat lunak Windows dan tidak akan dihapus dalam waktu dekat. Ada juga beberapa komponen Windows yang dapat dimodernisasi oleh Microsoft tanpa risiko kompatibilitas mundur. Itu telah menjadi fokus untuk Windows 11, karena aplikasi seperti Notepad dan Paint akhirnya menerima perubahan yang sangat dibutuhkan, tetapi masih ada lebih banyak komponen sistem yang merupakan perangkat lunak yang setara dengan fosil hidup.

Command Prompt

Windows pada awalnya dibuat untuk berjalan di atas DOS, dan versi awal menyertakan Prompt Perintah atau pintasan lain untuk mengakses sistem DOS yang mendasarinya. Microsoft kemudian membangun versi Windows yang lebih modern untuk penggunaan server dan perusahaan yang tidak didasarkan pada DOS, yang disebut Windows NT, dan Windows XP berakhir sebagai rilis Windows penggunaan umum pertama berdasarkan sistem yang ditingkatkan.

Windows XP dengan CMD.EXE

Both Windows XP dan Windows 11 memiliki Command Prompt, sebagian besar ditujukan untuk menjalankan utilitas baris perintah atau skrip batch. Namun, Windows XP juga menyertakan NT Virtual DOS Machine, atau singkatnya NTVDM. Hal ini memungkinkan aplikasi DOS 16-bit dan 32-bit berjalan di Command Prompt (atau dari File Explorer), selain software Windows 16-bit awal. Ini tidak kompatibel dengan semua aplikasi dan game, terutama yang mengandalkan akses langsung ke perangkat keras, tetapi berfungsi.

Microsoft tidak pernah mendukung NTVDM di Windows versi 64-bit, atau Windows di arsitektur lain, seperti ARM. Namun, ini masih dapat diaktifkan di semua rilis Windows x86 32-bit, termasuk Windows 10. Windows 11 sama sekali tidak tersedia di PC x86 32-bit, jadi NTVDM benar-benar hilang, tetapi Command Prompt tetap menjalankan perintah- line tools dan scripts.

Windows 11 dengan CMD.EXE dan Command Prompt di Windows Terminal

Baru-baru ini, Microsoft telah bekerja untuk menggabungkan PowerShell, Command Prompt, dan shell baris perintah lainnya ke dalam Terminal Windows terpadu. Build Windows 11 yang lebih baru sekarang membuka sesi Command Prompt di Terminal Windows secara default, tetapi Anda dapat mengubah pengaturan di Terminal untuk mendapatkan kembali CMD.EXE lama. Windows XP, dan Microsoft perlahan-lahan menghapusnya demi aplikasi Pengaturan. Namun, Panel Kontrol masih merupakan satu-satunya cara untuk mengakses opsi tertentu di Windows, dan beberapa panel pengaturan sebenarnya sangat mirip dengan rekan XP mereka.

Pertama adalah dialog Opsi File Explorer, yang dapat diakses di Windows XP dari Penampilan dan Tema > Folder Opsi, dan di Windows 11 dari Penampilan dan Personalisasi > Opsi File Explorer. Microsoft telah menambahkan beberapa opsi baru selama 20 tahun terakhir, tetapi sebagian besar tata letak dan pengaturan yang tersedia identik.

Contoh lainnya adalah menu Properti Internet di Windows 11, yang disebut Opsi Internet di XP. Beberapa pengaturan telah dipindahkan ke tempat lain selama 20 tahun terakhir, tetapi tab Security dan Adanced terlihat hampir identik.

Internet Properties di Windows XP (kiri) dan Windows 11 (kanan)

Sebagian besar pengaturan di sini ditujukan untuk Internet Explorer (seperti matikan untuk ActiveX), yang bahkan tidak tersedia di Windows 11, meskipun itu juga dapat memengaruhi beberapa aplikasi yang menggunakan mesin IE lama untuk memuat konten web. Versi Windows 11 identik dengan panel Windows XP. Di kedua sistem operasi, Anda dapat membukanya dengan pintasan keyboard Win + R. Dialog Jalankan memungkinkan Anda mengetikkan nama program, jalur lengkap ke file atau folder apa pun, atau alamat web apa pun untuk membukanya.

Jalankan dialog di Windows XP (kiri) dan Windows 11 (kanan)

Ada beberapa metode lagi untuk mengakses dialog Jalankan di Windows 11, seperti mengklik kanan logo Windows, tetapi kotak kecil itu sendiri tetap tidak berubah. Ini masih berfungsi dengan baik sekarang seperti pada tahun 2001, tetapi saya tidak keberatan dengan latar belakang kaca buram, seperti Start Menu.

Character Map

Peta Karakter adalah alat sistem sederhana di Windows yang menampilkan setiap karakter di setiap font yang diinstal, beserta shortcut keyboard untuk mengetiknya di aplikasi lain. Anda juga dapat menggunakannya untuk menyalin karakter yang diberikan ke clipboard, jadi Anda tidak perlu mengetik seluruh pintasan.

Utilitas tidak terlihat berubah sama sekali 20 tahun terakhir. Kurangnya pencarian, dukungan emoji, dan fitur lainnya telah menyebabkan pengembangan pengganti pihak ketiga modern, seperti UWP Peta Karakter. Pemilih emoji di Windows 11 (Menang + Titik di keyboard) juga dapat digunakan untuk memasukkan karakter khusus, tetapi tidak ada pencarian di sana, kecuali emoji dan GIF.

Informasi Sistem

Ada banyak cara di Windows 11 untuk memeriksa data perangkat keras dan perangkat lunak , termasuk aplikasi Pengaturan, Pengelola Perangkat, dan Pengelola Tugas, tetapi satu utilitas telah bertahan selama lebih dari 20 tahun. Aplikasi Informasi Sistem dapat menampilkan hampir setiap detail tentang PC Anda, mulai dari versi BIOS hingga daftar program startup Anda.

Meskipun desainnya sudah ketinggalan zaman, Informasi Sistem dapat menjadi salah satu dari cara tercepat untuk memeriksa berbagai aspek sistem Anda, terutama dibandingkan dengan beberapa pencarian atau klik di aplikasi Pengaturan. Anda tidak dapat mengubah apa pun dari Informasi Sistem — Anda dapat melihat program startup Anda, tetapi Anda tidak dapat menambah atau menghapusnya.

Disk Cleanup

Disk Cleanup masih merupakan metode utama untuk membersihkan file dan cache sistem Windows sebelum PC Anda melakukannya secara otomatis, sekaligus mengosongkan Recycle Bin, jika Anda mau. Utilitas ini ada di Windows XP dan Windows 11.

Ada beberapa perbedaan antara kedua versi tersebut. Pembaruan Windows selanjutnya menambahkan toggle terpisah untuk file sistem, dan entri menu tambahan untuk tipe data lainnya. Tab “Opsi Lainnya” di versi XP juga hilang, yang hanya berisi pintasan ke Tambah dan Hapus Program, Pemulihan Sistem, dan utilitas lainnya.

ODBC Administrator Sumber Data (Dan Dialog Lama)

Windows memiliki utilitas bawaan yang disebut ODBC Administrator Sumber Data, yang memungkinkan Anda terhubung ke beberapa database eksternal — terutama berguna untuk komputer dalam pengaturan kerja atau penerapan perusahaan. Anda dapat menemukannya di Windows 11 dengan mencari “ODBC”, dan dapat diakses di Windows XP dari Control Panel > Performance and Maintenance > Administrative Tools.

Utilitas tidak semua itu menarik dengan sendirinya, tetapi ini adalah salah satu dari beberapa metode untuk melihat pemetik file Windows yang sangat tua beraksi. Menggunakan Windows 11 atau XP, buka tab User DSN, lalu klik Add > Driver do Microsoft Excel > Select Workbook. Pemilih file khusus ini jauh lebih tua dari Windows XP — ini berasal dari Windows 3.1 dari 1992.

Pemilih file era 3.1 Windows pada Windows 11

Raymond Chen dari Microsoft menjelaskan dalam posting blog bahwa Windows memunculkan pemilih file kuno untuk aplikasi lama, untuk hindari merusak kompatibilitas dengan perangkat lunak lawas. Dia berkata, “program dari era itu tidak mendukung hal-hal mewah seperti nama file yang panjang, dan ketika mereka mencoba menyesuaikan dialog, mereka mengharapkan untuk menyesuaikan dialog gaya Windows 3.1, jadi itulah yang kami berikan kepada mereka.”

Kedua Windows XP dan Windows 11 memiliki aplikasi sederhana bernama About Windows, yang dapat diakses dengan membuka dialog Run (Win + R) dan menjalankan “winver” (tanpa tanda kutip).

Panel menampilkan logo untuk sistem operasi saat ini, serta informasi hak cipta dan nomor build saat ini. Beberapa detail teks telah berubah selama 20 tahun terakhir — jumlah RAM tidak lagi ditampilkan, misalnya — tetapi tidak terlalu berbeda.

Disadur dari HowToGeek.com.