Alat Ini Bisa Boot Beberapa OS Dari USB Drive

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ventoy telah menjadi utilitas populer untuk sementara waktu, memungkinkan Anda untuk menyimpan beberapa gambar ISO yang dapat di-boot pada satu drive USB. Sekarang ada pembaruan yang diluncurkan yang menjadikannya lebih baik.

Mem-boot PC ke penginstal Windows, distribusi Linux, atau image CD/USB lainnya biasanya memerlukan penghapusan drive USB dan menimpanya dengan satu image pada satu waktu. Itu berarti menggunakan beberapa drive USB jika Anda ingin tetap memasang/memulihkan gambar untuk beberapa sistem operasi. Ventoy memecahkan masalah ini dengan pengaturan multi-boot — setelah diinstal pada drive USB, Anda dapat menyalin gambar ISO sebanyak yang Anda inginkan ke satu flash drive menggunakan pengelola file apa pun, lalu pilih salah satu yang Anda inginkan saat startup.

Ventoy 1.0.84 baru saja dirilis, yang memiliki dua perubahan utama. Pertama, Anda sekarang dapat mengganti bahasa di menu boot dengan menekan tombol L. Alat ini juga sekarang berfungsi dengan drive yang diformat sebagai FAT32 dengan kapasitas 32 GB atau lebih. Itu berarti Anda dapat memiliki lebih banyak drive yang diformat sebagai FAT32, memastikan drive tersebut berfungsi untuk mentransfer file dengan hampir semua sistem operasi, sekaligus menggunakannya sebagai drive multi-boot. Namun, FAT32 tidak dapat menyimpan file berukuran lebih dari 4 GB, yang mungkin tidak cukup untuk beberapa gambar sistem yang dapat di-boot.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Ventoy dan mencobanya dari situs web resmi proyek. Saya telah menggunakannya untuk sementara waktu, dan tidak harus terus-menerus menimpa flash drive (atau menggunakan alat tulis khusus setiap kali) pasti berguna.

Sumber: Ventoy Via: Ghacks

Disadur dari HowToGeek.com.