Alternatif Microsoft Word untuk Mac

Jika Anda telah menggunakan Windows tetapi ingin beralih ke Mac, Anda mungkin bertanya-tanya alternatif apa yang ada untuk Microsoft Word.

Nah, pencarian Anda berakhir di sini. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa pilihan terbaik untuk alternatif Microsoft Word. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Google Documents

Pertama dalam daftar adalah Google Documents. Google Documents adalah pengolah kata gratis Anda, jika Anda memerlukan alternatif online untuk Microsoft Word untuk Mac Anda. Dengan koneksi internet yang stabil, Anda dapat mulai membuat dan mengedit dokumen Anda dari kenyamanan browser Anda, tanpa perlu repot menginstal program di komputer lokal Anda. Program ini juga menampilkan desain modern dan intuitif yang relatif mudah dipelajari. Akibatnya, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mencari cara menggunakan alternatif Microsoft Word yang baru ditemukan.

Salah satu fitur luar biasa dari Google Documents adalah kemampuan untuk menyinkronkan dokumen yang baru Anda buat ke Google Drive secara otomatis. Ini bermanfaat karena Anda dapat mengakses dokumen Anda di beberapa perangkat. Meskipun demikian, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki akses ke akun google yang awalnya Anda gunakan untuk membuat dokumen. Fitur ini juga melindungi Anda dari kehilangan dokumen akibat kerusakan hard disk atau mati mendadak, yang biasa terjadi pada komputer.

Meskipun platform ini gratis untuk digunakan, Anda tidak dapat membuat dokumen baru jika penyimpanan melebihi 15 GB yang dialokasikan untuk Anda di seluruh aplikasi Google Suite Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin terpaksa membeli lebih banyak penyimpanan atau menghapus file yang tidak perlu yang tidak Anda perlukan di akun. Anehnya, penyimpanan 15 GB cukup besar untuk menampung sekitar 250.000 dokumen tiga halaman, dan dalam kebanyakan kasus, itu sudah cukup.

Selain itu, Google Documents membuat berbagi dokumen di internet menjadi mudah. Menggunakan tautan sederhana, Anda dapat membagikan dokumen Anda dengan siapa pun di internet. Anda juga dapat membatasi akses ke dokumen dengan membatasi siapa yang dapat mengakses file tersebut. Selain itu, pengolah kata berbasis cloud ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam membuat dan mengedit dokumen, memungkinkan Anda untuk mengerjakan dokumen lebih cepat.

Karena ini adalah aplikasi berbasis web, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda masih dapat mengakses dan mengedit file Anda tanpa koneksi internet. Nah, Google Docs memungkinkan Anda untuk terus mengedit dokumen Anda bahkan jika Anda kehilangan koneksi internet Anda. Namun, untuk mengakses fitur ini, Anda harus memastikan bahwa mode pengeditan offline diaktifkan. Terkadang Anda mungkin melihat pop-up yang meminta Anda untuk mengaktifkan mode offline jika koneksi internet Anda terputus. Namun, dokumen di akun Google Documents Anda dienkripsi dan tetap aman dari semua pemangsa yang berkeliaran di internet. Selain itu, Anda memiliki dokumen yang Anda buat di platform, jadi jangan terpengaruh oleh hak kepemilikan.

Sayangnya, ada kesenjangan fitur yang cukup besar antara Microsoft Word dan Google Documents yang mungkin menjadi penurunan signifikan bagi sebagian besar pengguna. Misalnya, Google Documents tidak memiliki tesaurus dan hanya menawarkan font terbatas. Ini dan fitur lain yang tidak dimiliki platform ini harus dimiliki untuk alat pengolah kata yang baik.

Kelemahan lainnya adalah desain bilah menu. Berbeda dengan desain pita yang disertakan dengan Microsoft Word, Anda harus benar-benar menggali opsi untuk melakukan operasi sederhana seperti memformat dokumen Anda.

LibreOffice

Jika Anda memerlukan alternatif gratis untuk Microsoft Word untuk Mac, LibreOffice harus menjadi salah satu yang teratas dalam daftar. LibreOffice adalah program pengolah kata sumber terbuka. Terlebih lagi, ini tersedia untuk semua sistem operasi utama. Ini menampilkan aplikasi yang berbeda, tetapi jika Anda hanya mencari pengolah kata, maka LibreOffice Writer adalah yang harus Anda perhatikan.

Seperti Microsoft Word, LibreOffice Writer menawarkan fitur canggih yang membuat penerbitan dokumen menjadi mudah:
Penandatanganan dokumenPembuatan formulirMengimpor dan mengedit dokumen PDFMengekspor dokumen dalam format EPUBMelacak pengeditan yang dibuat pada dokumen, dll.
Selain pengolah kata, Anda dapat menggunakan LibreOffice Draw untuk membuat dan mengedit file PDF. Draw menawarkan serangkaian fitur PDF canggih yang berguna ketika berurusan dengan PDFs.

Mengingat bahwa program ini open-source, bersiaplah untuk memenuhi desain antarmuka yang cukup kuno. Tapi sekali lagi, program ini gratis, jadi sulit untuk mengeluh. Itu masih menyelesaikan pekerjaan, kadang-kadang bahkan lebih baik daripada beberapa paket pengolah kata berbayar.

Kelemahan lain dari LibreOffice Writer adalah Anda harus menginstal seluruh LibreOffice Suite Office di mesin Anda untuk menggunakan program ini. Tapi itu tidak boleh menjadi pemecah kesepakatan, cukup unduh seluruh suite di situs web mereka, dan Anda siap untuk pergi.

Apple’s Pages

Pages adalah aplikasi Desktop yang dirancang dan dikembangkan oleh Apple Inc. khusus untuk pengguna Mac. Ini adalah bagian dari rangkaian iWork. Pengolah kata sudah diinstal sebelumnya di komputer Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu bersusah payah dengan proses instalasi. Untuk membuat kesepakatan lebih manis, aplikasi ini tersedia di web, memungkinkan Anda untuk menulis dokumen Anda melalui browser.

Pages membantu pengguna membuat dokumen yang menakjubkan dan bergaya. Selain itu, program ini memiliki banyak koleksi template bertema apel yang dapat Anda sesuaikan dengan mudah dan menjadikannya milik Anda sendiri.

Selain itu, program ini adalah salah satu dari sedikit pengolah kata berbasis desktop yang memungkinkan Anda mencadangkan file ke cloud dari jarak jauh. Ini melalui iCloud, solusi cloud populer berbasis Apple yang mirip dengan Dropbox untuk dokumen Word. Anda juga dapat bekerja dengan anggota tim Anda pada satu dokumen dan melacak perubahan yang mereka buat pada dokumen secara real-time.

Halaman Apple terdengar seperti pengolah kata yang solid, tetapi apa yang tidak disukai? Format file default untuk dokumen Pages tidak kompatibel dengan banyak aplikasi. Oleh karena itu, membuka dokumen Anda di aplikasi ini mungkin hampir mustahil.

Secara keseluruhan, Pages adalah alat pengolah kata yang sangat baik, dan tidak ada salahnya untuk mencobanya.

FreeOffice

Seperti namanya, kata berbasis desktop gratis ini prosesor berfungsi sebagai alternatif yang sangat baik untuk Microsoft Word. Seperti Microsoft Word, FreeOffice juga menggunakan antarmuka pita. Ini membuat perangkat lunak lebih mudah dipelajari dan terbiasa, terutama jika Anda baru saja beralih dari pengalaman Microsoft Word.

Tidak seperti LibreOffice, Anda tidak perlu menginstal semua rangkaian FreeOffice untuk mengakses kemampuan pengolah kata. Akibatnya, Anda dapat menghemat beberapa ruang penyimpanan disk.

Sayangnya, FreeOffice memiliki satu masalah yang mungkin menjadi pemecah kesepakatan bagi banyak orang. Aplikasi ini tidak memiliki pemeriksa ejaan bawaan atau tesaurus seperti halnya dengan Microsoft Word. Untuk alasan ini, Anda harus benar-benar menguasai permainan ejaan Anda untuk menggunakan aplikasi.

WPS Office (Writer, Presentation, dan SpreadSheets)

Anda tidak dapat kehabisan daftar alternatif kata Microsoft terbaik untuk pengguna Mac tanpa menyebutkan WPS Office. Jika Anda sudah mengetahui cara menggunakan Microsoft Word, maka mempelajari cara menggunakan aplikasi berbasis desktop ini akan sangat mudah. Ini semua berkat antarmuka yang intuitif dan lugas. Selain itu, WPS Office tersedia untuk semua platform utama.

WPS memiliki rangkaian fitur yang kaya mulai dari alat pembuat kata sederhana hingga fungsi pengeditan PDF yang kompleks. Namun, untuk mengakses fitur yang lebih kompleks, mungkin sebaiknya Anda meningkatkan ke versi premium. Inilah yang datang dengan versi berbayar:
Kemampuan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain di dokumenPenyimpanan 20 GBTanpa iklan dan pop-upPengeditan PDFKonversi file ke format lain
Jika Anda penggemar kustomisasi, WPS Office adalah sahabat baru Anda. Aplikasi ini memiliki menu yang dapat disesuaikan yang dapat Anda mainkan untuk mendapatkan gaya yang Anda inginkan. Bilah menu memiliki struktur seperti tab yang membantu Anda beralih antara Writer, Presentations, dan Spreadsheets dengan mudah.

Seperti yang Anda lihat, WPS Office adalah pengolah kata yang sangat baik, tetapi apa kekurangannya? Nah, sebagai program freemium, berharap untuk melihat beberapa iklan dan pop-up yang meminta Anda untuk mengupgrade ke versi berbayar. Ini dapat mengganggu, terutama karena penulisan memerlukan perhatian penuh.

Office Online

Office Online adalah versi online dari Microsoft Office. Jika Anda mencari pengalaman Microsoft di luar PC Windows Anda, Anda pasti harus memeriksa Office Online. Solusinya mencakup semua fungsi yang Anda perlukan untuk membuat dan mengedit dokumen Word.

Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki beberapa fitur yang sudah ada di Microsoft Word, seperti Format Painter yang memungkinkan Anda menyalin format ke bagian lain dari dokumen.

Sama seperti pengolah kata berbasis online lainnya, Office Online memungkinkan Anda berbagi dokumen dengan pengguna lain di internet. Selain itu, Anda dapat berkolaborasi dengan rekan tim dan mengedit dokumen.

Satu keunggulan Office untuk web adalah gratis. Karenanya, Anda tidak perlu membayar langganan 365 seperti yang Anda lakukan dengan Aplikasi Desktop. Terakhir, Anda tidak memerlukan akun Microsoft untuk menggunakan solusi ini karena mereka memberi Anda pilihan untuk menggunakan akun gratis.

Zoho Docs

Zoho Office Suite adalah solusi berbasis web lain yang menawarkan alternatif luar biasa untuk Microsoft Word. Namun Zoho docs lebih dari sekadar alat pembuatan. Dengan program ini, Anda dapat menambahkan fungsionalitas kompleks ke dokumen Anda, beberapa di antaranya bahkan tidak akan Anda temukan di Microsoft word.

Berikut adalah beberapa fitur canggih yang dapat Anda sertakan dalam dokumen Anda menggunakan Zoho Docs:
VideosKode QRBarcodeChartsEquationsFormulaeSymbols
Seperti Google docs, Zoho Docs memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen Anda dengan pengguna lain di internet. Selain itu, Anda dapat berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengedit dokumen, yang merupakan nilai tambah.

Satu kelemahan Zoho docs adalah desain yang tidak konsisten. Jika Anda baru saja pindah dari Microsoft Word, mungkin perlu waktu belajar yang lebih lama untuk membiasakan diri dengan program tersebut.

Tidak seperti Google Documents, dengan Zoho, Anda tidak dapat terus mengedit file saat offline. Tetapi program ini sudah memberikan beberapa penawaran luar biasa dengan mengingat bahwa itu benar-benar gratis untuk digunakan.

Calligra Suite

Jika Anda mencari alat pengolah kata yang lengkap, intuitif, dan fungsional, maka Calligra Suite adalah aplikasi untuk Anda. Program ini dikembangkan oleh KDE, tim di balik beberapa solusi perangkat lunak luar biasa seperti Frameworks dan Plasma Desktop.

Pada intinya, Calligra Suite terdiri dari Words, Sheets, Gemini, Karbon, Plan, Stage, dan KEXI. Namun, Calligra Words adalah yang akan membantu kebutuhan penerbitan Anda.

Calligra Words menawarkan sebagian besar fitur yang Anda temukan di Microsoft Word, memungkinkan Anda membuat dokumen yang menarik dengan mudah. Selain itu, program ini kompatibel dengan banyak format file di industri. Namun, format defaultnya adalah format OpenDocument (ODF).

Terakhir, Calligra Suite adalah aplikasi desktop open-source, jadi Anda dapat menggunakan program ini tanpa menghabiskan banyak uang.

Jelajahi Dunia Selain Microsoft Word

Memproses dokumen Word di Mac tidak harus terbatas pada Microsoft Word. Namun, dengan jumlah pengolah kata di pasaran, Anda mungkin dengan mudah berakhir dalam kelumpuhan analisis. Mudah-mudahan, dengan alternatif Microsoft Word yang disebutkan di atas, Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan penulisan Anda.

Alternatif Microsoft Word mana yang pernah Anda gunakan sebelumnya? Sudahkah Anda mencoba salah satu pengolah kata yang disebutkan di atas? Bagaimana pengalamannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.