Apa Alternatif grep Terbaik di Windows?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Utilitas grep

Linux adalah favorit di antara banyak sysadmin karena kemampuan pencariannya yang sederhana dan sintaks yang familiar. Namun tidak tersedia di Windows, jadi Anda harus menggunakan alternatif, atau menginstal alat grep pihak ketiga untuk menirunya.

dnGrep

grep memiliki banyak implementasi pihak ketiga untuk Windows, dan meskipun bukan grep Linux, sebagian besar akan berfungsi sama. Jika Anda menginginkan solusi Windows asli menggunakan CMD dan Powershell, Anda dapat menggunakan alat lain seperti FindStr, yang dibahas di bawah ini.

Salah satu implementasi terbaik adalah dnGrep, yang juga menampilkan GUI yang kaya jika Anda ingin menggunakannya di luar baris perintah . Anda dapat menginstalnya dari WinGet, pengelola paket bawaan Window yang baru, atau menginstalnya dari Github.

winget install -e –id dnGrep.dnGrep

Ini akan meminta Anda untuk menginstal, klik izinkan dan itu akan menginstal dengan cukup cepat.

Anda dapat membuka antarmuka dnGrep dari pencarian menu mulai, tetapi salah satu fitur yang bagus adalah penambahan menu klik kanan, yang dapat dimulai dari penjelajah file:

Anda akan melihat antarmuka dengan opsi untuk setiap fitur grep, termasuk ekspresi reguler, temukan dan ganti, dan flag yang paling umum. Anda juga dapat mengonfigurasi pengaturan “Search In” untuk memfilter file mana yang diambil oleh search.

Setelah Anda menekan search, semua hasil pencarian akan terdaftar di panel GUI di bawah ini. Anda dapat membuka setiap file untuk memeriksanya di sidebar.

Ini adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi jika Anda ingin menggunakannya dari baris perintah, itu juga memungkinkan. Karena ini adalah aplikasi Windows, CLI tidak sama dengan grep Linux, jadi Anda mungkin harus menyesuaikan skrip Anda.

Menggunakan grep Sebenarnya Dari WSL atau Git Bash

Tentu saja, jika Anda menginstal Windows Subsystem for Linux (WSL), Anda memiliki akses ke terminal Linux murni. Ini kemungkinan akan mencakup grep dan alat serupa. WSL memiliki interop penuh dengan Windows, meskipun memiliki beberapa implikasi kinerja yang menyertai virtualisasi.

Jika Anda ingin menginstal WSL, Anda dapat membaca panduan kami untuk menyiapkannya untuk mempelajari lebih lanjut. Atau, Anda dapat menggunakan Git Bash, yang merupakan lapisan emulasi untuk pengalaman CLI yang lebih baik, dan menyertakan implementasi grep, meskipun dengan fungsionalitas terbatas.

Setelah diinstal, Anda dapat menggunakan grep persis seperti yang Anda lakukan pada sistem normal, meskipun perlu diingat file Windows Anda mungkin berada di tempat seperti /mnt/c/Users/.

Menggunakan FindStr

Jika Anda memerlukan alternatif grep cepat yang langsung berfungsi, perintah FindStr PowerShell akan berfungsi. Ini bekerja dari skrip CMD dan PowerShell, dan tidak memerlukan apa pun untuk diinstal.

findstr foo *

Anda juga dapat menggunakannya dengan ekspresi reguler dasar dengan menggunakan /r flag:

findstr /r "b.*" *

Itulah berita seputar Apa Alternatif grep Terbaik di Windows?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.