Apa Echo Dot Out Terbaru Sekarang?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sejak speaker pintar memasuki pasar, sungguh menakjubkan bagaimana manusia sekarang dapat menggunakan suara mereka untuk mengontrol perangkat. Misalnya, Anda mengetahui bagaimana cuacanya, mengajukan pertanyaan, memesan barang secara online, mengalirkan konten favorit Anda, dll., tanpa mengoperasikan ponsel Anda secara manual.

Tetapi selalu ada ruang untuk perbaikan, dan Amazon sangat menyadari hal itu. Itulah sebabnya perusahaan terus meningkatkan model Echo Dot-nya, dan tidak ada tanda-tanda akan melambat dalam waktu dekat.

Terus membaca untuk menemukan Echo Dot terbaru sekarang dan apa yang ditawarkannya.

Echo Dot Out Terbaru Sekarang

Meskipun Amazon tidak memiliki jadwal reguler untuk peluncuran model Echo Dot baru, satu hal yang pasti; setiap rilis adalah peningkatan dari pendahulunya dalam bentuk dan fungsi.

Konon, Echo Dot terbaru yang keluar sekarang adalah Echo Dot 4th Gen, dan dirilis pada tahun 2020, hanya setahun setelah rilis Echo Dot 3rd Gen. Sekarang , mari kita lihat beberapa fitur speaker sehingga Anda dapat memutuskan apakah itu merupakan peningkatan yang layak atau hanya bagian percakapan.

Desain dan Kesan

Salah satu perbedaan mencolok antara Echo Dot 4th Gen dan pendahulunya adalah desainnya. Perusahaan telah mengganti bentuk silinder yang menonjolkan semua model speaker lainnya dengan bentuk bulat yang aneh. Echo Dot 4th Gen terlihat seperti bola (atau titik) dengan alas datar yang dihiasi dengan cincin lampu LED yang aktif setiap kali Anda menghidupkan perangkat. Saat Anda mengucapkan kata bangun Alexa Anda, cincin lampu berubah menjadi biru. Saat dipasangkan dengan speaker lain, menyala kuning, dan ketika dalam mode pengaturan, berubah menjadi oranye.

Sebagai catatan, Echo Dot 4th Gen memiliki tinggi 13cm, lebar 14cm, dan berat 0,75 lbs.

Speaker datang dalam tiga warna; biru senja, arang, dan putih glasial. Itu terbuat dari kain dan aluminium, yang diklaim perusahaan 100 persen didaur ulang.

Echo Dot 4th Gen memiliki empat kontrol di bagian atas, termasuk tombol volume naik dan turun, tombol mikrofon bisu, dan tombol aksi yang mengaktifkan Alexa. Berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan port pengisian DC, speaker ini memiliki port pengisian USB. Ini juga memiliki port jack 3.5mm yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkannya ke speaker eksternal, terutama jika Anda menginginkan dengungan yang lebih nyaring.

Speaker menampung dua tweeter depan 0,8 inci dan woofer 3 inci yang mendukung audio Dolby – mekanisme pengkodean stereo digital yang mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi. Driver speaker mirip dengan yang ditemukan di Echo Dot 3rd Gen dan Echo Plus, kecuali bahwa ia memiliki tweeter ganda, bukan satu.

Prosesor

Echo Dot 4th Gen lebih cepat dan lebih responsif daripada pendahulunya, berkat prosesor AZ1 Neural Edge Amazon . Prosesor ini adalah modul silikon baru yang dibuat secara eksplisit untuk mempercepat aplikasi pembelajaran mesin. Menurut perusahaan, prosesor seharusnya memungkinkan fitur baru berjalan secara lokal di perangkat atau di cloud tanpa harus membuat permintaan ke server Amazon. Oleh karena itu, speaker yang ditenagai oleh prosesor ini akan merespons perintah suara dengan lebih cepat. Ini juga akan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan asisten suara secara lebih alami seperti halnya dengan manusia lain.

Tapi di atas semua itu, pembicara akan belajar dan memahami Anda dari waktu ke waktu, membuatnya lebih mudah untuk melayani Anda dengan lebih baik.

Suara

Echo 4th Gen memiliki desain kecil , tetapi audionya berlipat ganda dengan baik dibandingkan dengan semua model sebelumnya. Ini memiliki woofer yang lebih besar daripada Echo Dot 3rd Gen, memberikan audio yang lebih halus dan kuat. Ia juga memiliki dua tweeter yang memperkuat audio lebih jauh.

Selain itu, Anda tidak akan melihat adanya distorsi dalam audio, bahkan pada volume tertinggi. Anda dapat menghubungkannya ke speaker eksternal jika Anda menginginkan pengalaman mendengarkan yang lebih mendalam.

Umumnya, jangan berharap audio yang menggetarkan dinding hanya dari speaker ini. Tetapi Anda benar-benar tidak dapat mengeluh karena performanya melebihi banyak speaker pada titik harga ini.

Harga

Echo Dot 4th Gen diluncurkan dengan harga eceran $49,99, dan harganya tetap konstan sejak saat itu.

Dukungan untuk Alexa

Tentu saja, Echo 4th Gen mendukung Asisten suara Alexa – itu akan menjadi ejekan jika tidak. Faktanya, speaker ini memiliki banyak keterampilan otomatisasi rumah dan telah menetapkan standar yang tinggi untuk speaker masa depan.

Kemampuan Cerdas

Jadi, bagaimana tepatnya kinerja Alexa pada speaker ini dibandingkan dengan asisten suara lainnya? Echo Dot 4th Gen ditenagai oleh prosesor pembelajaran mesin paling kuat dari Amazon yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan cerdasnya. Namun untuk saat ini, model speaker masih memiliki jalan panjang dibandingkan dengan pesaing lainnya, terutama Google Assistant.

Terkadang, Alexa tidak dapat menemukan jawaban yang benar untuk pertanyaan kompleks, jadi sebaiknya batasi pada pertanyaan sederhana.

Smart-Home Automation Hub

Echo Dot 4th Gen adalah generasi pertama speaker pintar Amazon dengan hub otomatisasi rumah pintar bawaan. Ini sebagian berkat integrasi dengan Zigbee – teknologi nirkabel berdaya rendah dan berbiaya rendah yang memungkinkan perangkat rumah pintar berkomunikasi jarak jauh. Selain itu, speaker memiliki sensor suhu yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk mengontrol perangkat yang peka terhadap suhu di ekosistem rumah pintar Anda.

Teknologi tambahan yang memungkinkan speaker berfungsi sebagai pusat otomatisasi rumah pintar mencakup integrasi dengan Bluetooth Low Energy(BLE) dan Amazon Trotoar. Dengan integrasi ini, berikut adalah beberapa hal keren yang dapat Anda lakukan dengan Echo Dot 4th Gen:
Mengunci dan membuka kunci pintuNyalakan dan matikan lampuNyalakan termostatDeteksi penyusup di rumah AndaNyalakan pembuat kopi
Menyiapkan Perangkat

Seperti generasi aplikasi lainnya, pengaturan dilakukan menggunakan aplikasi Alexa Amazon. Untuk menyiapkan perangkat, periksa apakah ponsel dan speaker tersambung ke jaringan Wi-Fi yang sama, lalu buka bagian “Tambah perangkat” dan ikuti petunjuk di layar.

Menggunakan aplikasi Alexa, Anda dapat mengubah bangun kata, edit nama speaker Anda, sesuaikan level EQ, aktifkan keterampilan baru untuk peralatan rumah pintar Anda, dan banyak lagi.

Kelebihan dari Echo Dot Generasi ke-4
Kualitas suara yang lebih baik karena woofer yang lebih besar dan tweeter gandaPusat otomatisasi rumah pintar bawaanSleek tampilan dan desain
Kekurangan Echo Dot 4th Gen
Lampu LED tidak seterang speaker lain
Echo Dot 4th Generation Kids Edition

Seperti namanya, ini adalah Echo Dot 4th Gen versi untuk anak-anak. Cocok untuk anak di atas tiga tahun dan tersedia dalam versi panda dan harimau. Setelah pembelian, Anda mendapatkan akses gratis ke konten Amazon Kids+ selama setahun. Setelah setahun berlalu, Anda harus meningkatkan ke langganan yang akan membuat Anda mengembalikan $4,99 per bulan. Namun, Anda hanya akan membayar $2,99 per bulan jika Anda adalah anggota Perdana.

Kontrol orang tua menjadikan Echo Dot 4th Gen Kids Edition sebagai pilihan bagi banyak orang tua. Anda dapat membatasi akses ke konten eksplisit, melihat apa yang telah dilakukan anak-anak Anda, dan menetapkan batas konsumsi harian.

Detail teknis Echo Dot 4th Gen Kids Edition mirip dengan Echo Dot 4th Gen, kecuali bagian luarnya dibuat agar terlihat seperti kepala harimau atau panda.

Menggunakan speaker, anak-anak dapat mengajukan pertanyaan kepada Alexa, mendengarkan cerita indah, menyetel alarm, memutar lagu dan permainan, dan bahkan mendapatkan bantuan untuk pekerjaan rumah mereka.

Catatan: Perangkat ini tidak mainan dan tidak boleh digunakan untuk anak-anak yang berusia tiga tahun atau lebih muda. Beberapa komponen perangkat berukuran kecil dan dapat menimbulkan bahaya tersedak. Oleh karena itu, pastikan untuk mendidik anak-anak Anda tentang produk saat membeli.

Echo Dot 4th Gen With Clock

Echo Dot 4th Gen with Clock adalah edisi lain dari Echo Dot 4th Gen asli. Antarmukanya hampir sama, tetapi versi jamnya hadir dalam dua warna saja; putih glasial dan biru senja. Perbedaan utama antara kedua speaker adalah yang satu memiliki jam dan yang lainnya tidak.

Model Dot Sebelumnya

Echo Dot 1st Gen

Amazon Echo Dot 1st gen dirilis pada Maret 2016 dengan harga mulai $179,99. Sejak itu, harganya turun menjadi hanya sebagian kecil, dan Anda bisa mendapatkannya di situs-situs seperti eBay dengan harga mulai dari $30.

Tidak seperti model terbaru, speaker ini berbentuk silinder dan memiliki diameter 3,3 inci, tinggi 1,3 inci, dan beratnya 0,55 kg. Bagian atas speaker memiliki dua tombol; satu yang membisukan mikrofon pembicara dan satu lagi yang mengaktifkan Alexa. Untuk menyesuaikan volume, gerakkan mahkota speaker ke kiri atau kanan. Mahkota speaker dihias dengan cincin cahaya yang otomatis menyala saat speaker diaktifkan.

Kualitas audio speaker ini cukup baik dibandingkan dengan yang kita lihat di model terbaru. Untungnya, Anda dapat memasangkannya dengan speaker lain untuk meningkatkan kenikmatan mendengarkan.

Jadi, pertanyaannya, apakah Anda masih dapat membeli speaker ini pada tahun 2022? Jawaban singkatnya adalah “ya”. Selain suara, speaker masih berfungsi dengan baik saat menanyakan Alexa. Namun, hal yang menyedihkan adalah Anda tidak akan dapat mengontrol perangkat rumah pintar yang diberdayakan oleh Zigbee karena perangkat tersebut tidak terintegrasi dengan teknologi. Tetapi sekali lagi, tidak banyak perangkat yang mengandalkan Zigbee, yang menjadikannya taruhan yang aman.

Echo Dot 2nd Gen

Amazon Echo 2nd Gen dirilis pada Oktober 2016 dan merupakan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya baik dalam bentuk maupun fungsi.

Seperti halnya Echo Dot Generasi ke-1, speaker ini berbentuk silinder tetapi dengan ketinggian yang jauh lebih pendek. Speaker memiliki diameter 1,3 inci, lebar 3,3 inci, dan berat 0,36 lbs. Muncul dalam nuansa putih dan hitam dan memiliki empat kontrol di bagian atas; tombol volume atas dan bawah, tombol mikrofon bisu, dan tombol aksi yang mengaktifkan Alexa.

Tidak seperti pendahulunya, Echo Dot 2nd Gen tidak kekurangan kemampuan pengenalan suara. Ini memiliki speaker omnidirectional dan dapat mendeteksi suara Anda bahkan jika perangkat di sekitar Anda berisik.

Echo Dot 3rd Gen

Echo Dot 3rd Gen diluncurkan pada 2019 dan mengalami sedikit peningkatan desain. Ya, masih berbentuk silinder, tetapi beratnya sedikit lebih berat daripada Echo Dot 2nd Gen.

Tidak seperti kedua pendahulunya, speaker ini tidak terbuat dari plastik. Sebagai gantinya, bagian silinder dibuat dengan kain yang dapat didaur ulang, memberikan kesan premium pada produk. Bagian atas dan alasnya terbuat dari plastik dan aluminium, yang juga didaur ulang. Produk ini hadir dalam nuansa hitam, putih, dan abu-abu. Di bagian samping, Anda akan menemukan konektor jack 3.5mm untuk input dan output audio, tetapi tidak seperti pendahulunya, port pengisian USB diganti dengan inlet daya DC.

Haruskah Kita Menantikan Echo Dot 5th Gen pada tahun 2022?

Ini sudah hampir dua tahun sejak kami melihat rilis Echo Dot utama dari Amazon, dan pengguna tidak bisa tidak mengantisipasi rilis baru tahun ini. Namun, mengingat Amazon belum membuat pengumuman resmi, sebaiknya tetap bersabar.

FAQ Tambahan
Seberapa aman data pribadi Anda saat menggunakan Amazon Echo Dots?

Echo Dots menghubungkan Anda ke internet – tempat yang tidak kekurangan orang yang mendambakannya menyalahgunakan data Anda atau menggunakannya untuk mengiklankan produk yang tidak diinginkan. Dengan demikian, akan membantu untuk mengetahui bahwa perangkat yang Anda gunakan sebenarnya tidak menjual Anda. Yah, jangan khawatir. Di halaman produk, Amazon dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak dalam bisnis menjual data Anda. Jadi, yakinlah bahwa privasi Anda terlindungi.

Selain itu, perangkat memiliki kontrol mikrofon yang dapat Anda gunakan untuk membisukan perangkat, sehingga berhenti merekam saat Anda tidak menginginkannya. Selanjutnya, Anda dapat menghapus atau menyembunyikan rekaman suara Anda. Anda juga dapat mematikan deteksi gerakan jika Anda tidak ingin perangkat melacak setiap gerakan Anda.

Tetap di Atas Tren

Mempertimbangkan peningkatan dalam desain dan suara, dapat dikatakan bahwa Echo 4th Gen adalah upgrade yang layak. Speaker juga berfungsi ganda sebagai hub otomatisasi rumah pintar Anda, yang membuatnya bernilai setiap sen. Tapi tentu saja ada lebih banyak ruang untuk perbaikan; dan tidak hanya dalam desain tetapi juga dalam jumlah tugas yang dapat dilakukan Echo Dot. Karena itu, pesaing lain seperti Google Assistant menetapkan standar yang lebih tinggi untuk Amazon, dan pengguna tidak bisa tidak meningkatkan harapan mereka terhadap perusahaan.

Echo Dot mana yang Anda gunakan sekarang, dan bagaimana pengalamannya sejauh ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.