Apa itu Backhaul Router Mesh?

Jika Anda berbelanja untuk sistem router mesh baru, Anda mungkin menemukan referensi ke “backhaul” platform. Inilah apa itu dan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja Wi-Fi.

Apa Itu Backhaul?

Istilah backhaul digunakan di seluruh industri telekomunikasi, secara luas, untuk merujuk pada koneksi antara jaringan utama dan subnetwork periferal. Misalnya, tautan antara jaringan utama penyedia seluler Anda dan jaringan menara lokal di dekat rumah Anda adalah backhaul.

Ponsel Anda berbicara ke jaringan lokal yang dikelola oleh menara dan kemudian peralatan di menara berkomunikasi melalui backhaul kembali ke jaringan utama . Kemudian data ditransmisikan melalui koneksi berkecepatan sangat tinggi seperti jalur serat optik atau uplink gelombang mikro khusus, bukan jenis koneksi yang sama yang digunakan antara menara dan telepon Anda.

Sama seperti backhaul ini menghubungkan semua jaringan yang lebih besar di sekitar kita seperti seluler jaringan, mereka juga dapat muncul di rumah kita saat kita menggunakan platform jaringan mesh. Dan sama seperti backhaul yang meningkatkan pengalaman Anda saat menggunakan ponsel cerdas Anda dengan memaksimalkan kecepatan transmisi antara menara dan jaringan yang lebih besar, backhaul di router mesh Wi-Fi Anda melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kecepatan di dalam rumah Anda.

Jenis-Jenis Router Mesh Backhauls

Dalam contoh jaringan seluler kami di atas, kami memberikan dua contoh backhaul: satu kabel (jalur serat optik) dan satu nirkabel (uplink microwave.) Kami menggunakan contoh khusus itu karena sangat cocok untuk dibandingkan dengan sistem mesh.

Semua sistem mesh konsumen menggunakan salah satu atau kedua jenis koneksi ini, menghubungkan kembali ke node mesh utama baik dengan koneksi nirkabel melalui Wi-Fi atau dengan koneksi fisik melalui kabel Ethernet. Mari kita lihat dua variasi backhaul Wi-Fi yang akan Anda temui, backhaul Ethernet, dan bagaimana masing-masing memengaruhi kinerja Wi-Fi.

Backhaul Wi-Fi bersama
Sistem mesh TP-Link dengan backhaul 5GHz bersama. TP-Link

Banyak sistem mesh, terutama yang berada dalam kisaran harga yang lebih terjangkau, memiliki backhaul Wi-Fi bersama. Biasanya sistem ini dual-band dan hanya memiliki pita 2,4GHz dan pita 5GHz, jadi ini adalah taruhan yang sangat aman jika sistem mesh yang Anda lihat hanya dual-band maka ada sistem backhaul.

Mesh bersama yang menggunakan backhaul Wi-Fi bersama menggunakan pita 5GHz tunggal untuk aktivitas fronthaul (seperti komunikasi telepon Anda dengan node mesh) dan untuk aktivitas backhaul (node ​​berkomunikasi satu sama lain).

TP-Link Deco X20 Mesh Router
Sistem Deco X20 menawarkan anggaran -Cakupan Wi-Fi 6 seluruh rumah yang ramah.

Amazon$193,86 $269,99 Hemat 28%

Contoh sistem tersebut termasuk Google Nest WiFi, banyak variasi dalam jajaran TP-Link Deco seperti Deco X20, dan Amazon Eero, Eero 6, dan Eero 6+ systems.

Backhaul bersama bukanlah akhir dunia dan ada ribuan orang yang dengan senang hati menggunakan contoh backhaul Wi-Fi bersama yang kami sebutkan di atas, tetapi hal itu memengaruhi kinerja. Tingkatkan jumlah klien, terutama yang menuntut, dan Anda akan menghabiskan lebih banyak dan lebih banyak bandwidth bersama untuk mengakomodasi mereka.

Backhaul Wi-Fi Khusus
Sistem mesh TP-Link dengan backhaul 5Ghz khusus. TP-Link

Ketika Anda beralih dari opsi anggaran dan sistem mesh generasi awal, Anda biasanya akan menemukan sistem mesh khusus dengan backhaul khusus.

Advertisement

Sistem mesh ini memiliki tiga atau lebih band dengan satu band yang didedikasikan sepenuhnya untuk komunikasi backhaul. Konfigurasi yang paling umum adalah konfigurasi tri-band, dengan satu band 2,4GHz dan satu band 5Ghz untuk penggunaan fronthaul, dan satu band 5GHz untuk penggunaan backhaul.

TP-Link Deco X68, langkah maju di lini Deco, Netgear Orbi RBK752,  serta opsi premium seperti ASUS Zen Wi-Fi XT8, memiliki backhaul nirkabel khusus yang menggunakan pita 5Ghz ekstra.

TP-Link Deco X68 Mesh Router
Deco X68 menawarkan jangkauan seluruh rumah, Wi-Fi 6, dan Backhaul Wi-Fi, masih dengan harga yang wajar.

Amazon$249,99 $279,99 Hemat 11%

Beberapa sistem, seperti Amazon Eero Pro 6 memiliki konfigurasi tri-band tetapi tidak mendedikasikan satu pita 5Ghz secara eksklusif untuk lalu lintas backhaul—lalu lintas backhaul secara algoritme tersebar di seluruh ketiga band. Secara teknis itu bukan backhaul khusus, tetapi tingkat sumber daya yang serupa dikhususkan untuk lalu lintas backhaul.

Membongkar semua komunikasi antar-node ke pita backhaul khusus membebaskan keseluruhan pita 5Ghz lainnya untuk penggunaan fronthaul—yang menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan untuk Perangkat Wi-Fi memenuhi rumah tangga.

Wired Backhaul
Sistem mesh TP-Link dengan backhaul Ethernet. TP-Link

Selain backhaul nirkabel bersama dan khusus, banyak sistem mesh mendukung penggunaan Ethernet sebagai backhaul kabel berkecepatan tinggi khusus. Biasanya jika node tambahan, di luar unit dasar sistem, memiliki port Ethernet yang merupakan pertanda baik bahwa sistem mendukung backhaul Ethernet.

Dalam kasus sistem dual-band (dan beberapa tri-band), ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua mesh node kembali ke node utama untuk membebaskan seluruh rentang bandwidth Wi-Fi untuk penggunaan klien fronthaul. Ini sangat bermanfaat untuk sistem mesh dual-band karena membongkar semua lalu lintas backhaul yang mengacaukan band yang sebenarnya Anda gunakan.

Ini juga bermanfaat untuk sistem mesh yang lebih maju dengan backhaul Wi-Fi khusus juga. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan dorongan tri-band yang Anda harapkan. Beberapa router tri-band akan merilis band 5GHz ekstra mereka untuk penggunaan fronthaul ketika node mesh terhubung melalui Ethernet yang membuat setiap node dan seluruh jaringan mesh berfungsi seperti router tri-band.

Tetapi beberapa sistem akan selalu mencadangkan band 5Ghz ekstra mereka untuk penggunaan internal bahkan dengan adanya backhaul kabel. Misalnya, sistem mesh tri-band di jajaran Netgear Orbi dan jajaran TP-Link Deco mencadangkan pita ekstra bahkan ketika terhubung ke Ethernet, sedangkan node dalam jajaran Linksys Velop akan melepaskan pita ekstra.

Bahkan dalam lini produk tertentu ini dapat berubah, jadi baca cetakan kecil dengan cermat saat membandingkan model dan jangan berasumsi hanya karena versi tertentu dari sistem mesh suatu merek melepaskan pita ekstra yang mereka semua lakukan.

Netgear Orbi Tri-Band Mesh (RBK842)
Memerlukan sistem mesh yang dapat mengikuti broadband multi-gigabit Anda? Yang ini dapat.

Terlepas dari apakah sistem Anda merilis band atau tidak, jika Anda memiliki Ethernet yang tersedia untuk menghubungkan node mesh Anda, kami sarankan Anda melakukannya. Port Gigabit Ethernet adalah fitur standar hari ini pada sistem mesh yang mendukung backhauls Ethernet.

Dan beberapa sistem canggih, seperti Netgear Orbi RBK852, mendukung 2,5 Gbps pada unit utama dan gigabit pada node, untuk membantu orang dengan koneksi broadband multi-gigabit manfaatkan semua bandwidth ekstra itu.

Terlepas dari apakah sistemnya dual-band dengan backhaul nirkabel bersama atau tri-band dengan backhaul khusus, Anda tidak bisa mengalahkan stabilitas dan kecepatan Ethernet. Anda akan mengurangi latensi, meningkatkan kecepatan, dan mengurangi kemacetan di jaringan Anda dengan beralih ke backhaul Ethernet.

  • Router Wi-Fi Terbaik tahun 2022 Router Wi-Fi Terbaik Secara KeseluruhanAsus AX6000 (RT-AX88U)Amazon$299,99 $349,99 Hemat 14%
  • Anggaran Terbaik RouterTP-Link Archer AX3000 (AX50)Amazon$119,99 $149.99 Hemat 20%
  • Router Murah TerbaikTP-Link Archer A8Amazon$53.99 $59.99 Hemat 10%
  • Router Gaming TerbaikAsus GT-AX11000 Router Tri-BandAmazon$399.99 $449.99 Hemat 11%
  • Router Wi-Fi Mesh TerbaikASUS ZenWiFi AX6600 XT8 $37.99 $39.99 Hemat 5%
  • Router Wi-Fi 6E TerbaikAsus ROG Rapture GT-AXE11000Belanja Sekarang

Itulah berita seputar Apa itu Backhaul Router Mesh?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.