Apa itu Bluetooth Multipoint?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kris Wouk / How-To Geek

Multipoint Bluetooth bertujuan agar earbud, headphone, atau speaker portabel Anda berfungsi ganda, beralih antara menerima panggilan di ponsel dan menonton film di laptop. Tetapi bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara kerjanya untuk Anda?

Sejarah Multipoint Bluetooth

Meskipun Bluetooth membuat hidup lebih mudah dalam beberapa hal, hal itu sangat membuat frustrasi dalam beberapa hal. Memasangkan perangkat Bluetooth bukanlah proses yang menyenangkan saat bekerja dengan mulus, dan sangat menyakitkan saat perangkat Anda tidak bekerja sama. Bluetooth multipoint dibuat untuk membantu mengatasi masalah ini dengan memungkinkan Anda terhubung ke beberapa perangkat dengan satu headset atau speaker.

Meskipun multipoint telah ada lebih lama dari yang Anda kira, Bluetooth sendiri mendahului multipoint 10 tahun. Perangkat Bluetooth pertama diluncurkan pada tahun 1999, dan Bluetooth benar-benar mulai lepas landas pada tahun 2000.

Grup Minat Khusus Bluetooth, atau SIG, memperkenalkan Bluetooth multipoint pada tahun 2010, tetapi Anda mungkin tidak mendengarnya sampai lama kemudian. Awalnya, Bluetooth multipoint ditujukan untuk para profesional yang melakukan panggilan, dan baru-baru ini multipoint telah berhasil masuk ke perangkat konsumen.

Apa Manfaat Multipoint Bluetooth?

Seperti yang disebutkan di atas, proses pemasangan Bluetooth bukanlah proses yang ingin diulangi oleh kebanyakan orang. Multipoint Bluetooth memungkinkan Anda menghubungkan satu headset atau speaker ke dua perangkat pemutaran. Perangkat Bluetooth kemudian beralih antar perangkat tergantung pada berbagai konteks.

Misalnya, bayangkan Anda mengenakan satu set earbud yang terhubung ke ponsel Anda. Dengan multipoint, Anda juga dapat memasangkan dengan komputer dan menggunakan earbud untuk menonton video YouTube. Ketika telepon Anda berdering, Anda dapat menjawabnya dan earbud Anda akan secara otomatis beralih untuk menerima panggilan.

Contoh di atas adalah bagaimana kebanyakan orang cenderung menggunakan Bluetooth multipoint, tetapi seperti yang disebutkan di atas, awalnya ditujukan untuk orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya. waktu melakukan panggilan. Multipoint memungkinkan Anda dengan mudah beralih antara telepon kantor dan telepon pribadi, misalnya.

Earbud Nirkabel Terbaik tahun 2022Earbud Nirkabel Terbaik Secara KeseluruhanBose QuietEarbud NyamanAmazon$199.00 $279.00 Hemat 29%

Earbud Nirkabel Terbaik Di Bawah $100Soundcore oleh Anker Life P3Amazon$79,99

Earbud Nirkabel Terbaik Di Bawah $50 Soundpeats T3Amazon$39.99

Earbud Nirkabel Terbaik untuk iPhoneAirPods ProAmazon$179.99 $249.00 Hemat 28%

Earbud Nirkabel Terbaik untuk AndroidNothing Ear 1Belanja SekarangEarbud Nirkabel Terbaik untuk OlahragaJabra Elite Active 75tAmazon$179.95 $199.95 $199.95 Hemat 10%

Earbuds Noise Cancelling Perangkat Bluetooth bekerja dengan jaringan mini ad-hoc. Ini memungkinkan Anda menggunakan beberapa mouse nirkabel, pengontrol game, atau perangkat lain tanpa perlu memiliki hub apa pun, seperti yang Anda lakukan dengan jaringan Wi-Fi. Kelemahannya adalah Bluetooth terbatas pada jangkauan yang relatif pendek, sekitar 30 hingga 100 kaki tergantung pada teknologi yang digunakan, tetapi jangkauan itu banyak untuk sebagian besar kasus. perangkat di jaringan: perangkat audio Bluetooth Anda, dan perangkat pemutaran Anda. Perangkat audio akan menjadi headset atau speaker Anda, sedangkan perangkat pemutaran adalah ponsel atau komputer Anda.

Bluetooth multipoint sedikit menyesuaikan di atas dengan mengizinkan beberapa perangkat sumber terhubung ke perangkat pemutaran. Perangkat pemutaran mengontrol kedua perangkat sumber, memilih yang mana untuk memutar audio.

Dengan contoh earbud di atas yang terhubung ke ponsel atau komputer, mengetuk tombol jeda / lanjutkan akan menjeda dan melanjutkan video Anda. Namun, begitu telepon Anda berdering, mengetuk tombol yang sama akan menjeda video, mengalihkan audio ke telepon Anda, dan menjawab panggilan. Setidaknya, begitulah idealnya bekerja.

TERKAIT:Cara Menghubungkan Headphone Bluetooth Anda ke Lebih dari Satu Perangkat Sekaligus Batasan Multipoint Bluetooth

Dalam setiap skenario yang telah kita lihat, ada satu perangkat audio seperti speaker atau headphone, lalu beberapa perangkat pemutaran. Ini adalah satu-satunya cara kerja Bluetooth multipoint.

Bluetooth multipoint tidak memungkinkan Anda menyambungkan speaker dan headset ke komputer, lalu beralih bolak-balik berdasarkan yang Anda tekan play. Meskipun ini mungkin, ini bukan bagian dari spesifikasi Bluetooth multipoint.

Multipoint juga biasanya terbatas pada sepasang perangkat sumber, meskipun dengan versi multipoint yang dikenal sebagai Triple Connectivity, jumlah itu naik menjadi tiga. Itu adalah batas atas, dan sejauh ini, tidak ada versi multipoint yang memungkinkan Anda menghubungkan empat atau lebih perangkat sumber.

Keterbatasan lain dari Bluetooth multipoint adalah tidak dapat memutar suara dari setiap perangkat sumber secara bersamaan. Ini bukan sesuatu yang kebanyakan orang akan sering gunakan, tetapi perlu diingat bahwa ini mungkin berarti earbud Anda akan berhenti memutar audio dari video YouTube untuk memutar lonceng notifikasi dari ponsel Anda, misalnya.

The Best Bluetooth Speakers of 2022 Best Pengeras Suara Bluetooth KeseluruhanJBL Charge 5Amazon$149.95 $179.95 Hemat 17%

Pengeras Suara Bluetooth Anggaran TerbaikKotak Suara DOSSAmazon$34.99

Speaker Bluetooth Portabel TerbaikJBL Clip 4Amazon$69.95 $79.95 Hemat 13%

Speaker Tahan Air TerbaikLEHII BT-A7ProAmazonSpeaker Bluetooth Multipoint TerbaikBAXB33AmazbSpeaker BluetoothSony SRSBXTerbaikSony SRS tidak datang gratis. Produsen perlu memasangnya ke headphone atau produk audio lainnya, dan ini meningkatkan biaya keseluruhan produk.

Untuk alasan ini, Anda tidak menemukan multipoint di banyak perangkat konsumen selama bertahun-tahun. Bahkan sekarang, sementara multipoint tersedia di lebih banyak produk daripada sebelumnya, itu masih jauh dari ubiquitous.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda sudah memiliki multipoint di perangkat yang sudah Anda miliki, mungkin sulit untuk mengetahuinya. Tidak hanya ada satu cara untuk memasangkan dengan beberapa perangkat menggunakan multipoint, jadi Anda tidak dapat selalu mencoba dan melihat apakah itu berfungsi. Cara termudah untuk mengetahui apakah produk yang Anda miliki mendukung multipoint adalah dengan memeriksa melalui situs web produsen.

TERKAIT:Cara Menghubungkan Headphone Bluetooth Anda ke Lebih dari Satu Perangkat Sekaligus Berbagai Jenis Multipoint

Bentuk paling dasar dari Bluetooth multipoint dikenal sebagai sederhana banyak titik. Ini memungkinkan Anda terhubung ke beberapa perangkat, termasuk beberapa telepon, tetapi menjawab panggilan di satu perangkat saat terhubung di perangkat lain akan menutup panggilan lainnya saat beralih. Multipoint sederhana adalah jenis yang paling sering Anda temukan di perangkat konsumen.

Headphone Multipoint Lanjutans
Bose QuietComfort 45
Headphone nirkabel Bose QuietComfort 45 memiliki fitur multipoint canggih, menjadikannya sempurna untuk profesional sibuk yang ingin memaksimalkan waktu henti mereka.

Amazon$279.00 $329.00 Hemat 15%

Multipoint lanjutan dimaksudkan lebih untuk pengguna bisnis. Ini sebagian besar mirip dengan multipoint sederhana, tetapi saat beralih panggilan, jenis multipoint ini menunda panggilan pertama alih-alih hanya menutup telepon. Konektivitas tiga kali lipat, seperti namanya, memungkinkan tiga perangkat sumber alih-alih dua.

Akhirnya, Anda memiliki solusi eksklusif yang melakukan apa yang dilakukan Bluetooth multipoint, hanya dengan cara yang berbeda. Baik Apple dan Samsung, misalnya, memiliki alternatif yang menggunakan detail akun Anda untuk mengalihkan audio secara cerdas ke perangkat mana pun yang mungkin Anda gunakan pada saat tertentu.

Konektivitas Tiga Kali Headset Bluetooth
Jabra Motion Office
Jika Anda tidak memerlukan musik atau hiburan, tetapi Anda` hanya mencari headset untuk menyelesaikan pekerjaan serius, Jabra Motion Office memungkinkan Anda berkomunikasi dari tiga perangkat berbeda.

Amazon$129,95

Seperti yang disebutkan di atas, multipoint tidak mengizinkan audio dari satu sumber diputar di beberapa perangkat. Konon, Bluetooth 5.0 memperkenalkan fitur yang memungkinkan hal ini. Fitur ini mungkin memiliki nama yang berbeda dari pabrikan ke pabrikan, tetapi ini adalah bagian dari spesifikasi inti Bluetooth 5.0.

Itulah berita seputar Apa itu Bluetooth Multipoint?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.