Apa itu CDN, dan Mengapa Perusahaan Menggunakannya?

ArtemisDiana/Shutterstock.com

Layanan yang mungkin Anda gunakan setiap hari, dari Netflix hingga Amazon, mengandalkan sesuatu yang disebut CDN, atau Jaringan Distribusi Konten (terkadang “Pengiriman”). Jadi untuk apa jaringan komputer khusus ini, dan mengapa begitu penting?

Internet Adalah Tempat Nyata

Sangat mudah untuk memikirkan konten web seperti episode Netflix yang sedang tayang atau file Google Drive Anda “di luar sana” di awan. Namun, setiap bit data harus berada di suatu tempat di perangkat penyimpanan fisik, di dalam komputer yang terhubung ke jaringan.

RELATEDBagaimana Cara Kerja Internet?

Jika Anda mencoba mengakses situs web di sisi lain planet ini, akan memakan waktu lebih lama untuk memuat lebih dari satu di situs web yang dihosting di kota atau negara Anda. Semakin jauh paket data harus melakukan perjalanan, semakin besar kemungkinan mereka mengalami kemacetan saat melewati interkoneksi atau mereka bisa tersesat. Dalam hal ini, mereka harus dikirim lagi.

Selain arsitektur internet, poin penting untuk diingat adalah bahwa semakin dekat dengan Anda bahwa konten dihosting secara fisik, semakin baik pengalaman Anda.

Cara Kerja CDN

CDNs melibatkan set server yang tersebar di suatu area. Mereka dapat bersifat global atau lokal, selama mereka secara fisik mencakup area yang kemungkinan besar akan dimintai konten oleh pengguna. Penyedia konten akan mengunggah konten ke server mereka dan kemudian secara otomatis menyebarkan data tersebut ke node lain di jaringan CDN. Server CDN biasanya terhubung satu sama lain melalui koneksi backbone internet yang cepat, jadi hanya perlu beberapa detik untuk memindahkan data dalam jumlah besar di antara mereka.

Advertisement

CDN juga cerdas dan efisien. Katakanlah Anda adalah orang pertama di wilayah Anda yang meminta file tertentu dari situs web. Jika file belum direplikasi ke node CDN terdekat, file tersebut akan disalin dari node berikutnya yang memiliki data.

Node lokal kemudian akan menyimpan salinannya jika pengguna lokal lain juga menginginkan file itu. Jika tidak ada yang menginginkan file setelah waktu yang ditentukan, mungkin akan dihapus sampai seseorang menginginkannya lagi. Dengan cara ini bandwidth jarak jauh hanya digunakan satu kali, dan kemudian hanya bandwidth lokal yang digunakan. Ini lebih cepat dan lebih murah, sehingga host dan pengguna mendapatkan kesepakatan yang baik.

Manfaat CDN untuk Perusahaan

CDN lebih dari sekadar memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Mereka dapat menghemat uang penyedia konten dengan mencegah penggunaan bandwidth internasional yang mahal secara berlebihan. CDN juga dapat menampung sejumlah besar pengguna, menyebarkan beban ke seluruh jaringan untuk memastikan tidak ada penolakan layanan. Itu juga berarti CDN memberikan perlindungan terhadap serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS) yang disengaja.

Selain itu, CDN menyediakan cara untuk membatasi konten ke area di mana konten dilisensikan. Ini semudah membatasi konten yang dihosting secara lokal pada apa yang dilisensikan untuk wilayah tersebut.

Menggunakan VPN Mengalahkan CDN, Untuk Lebih Baik atau Lebih Buruk

CDN dapat turun dari waktu ke waktu, sama seperti server web mana pun. Biasanya, pengguna akan secara otomatis dialihkan ke CDN terdekat berikutnya. Jika itu tidak terjadi, Anda mungkin terkena kesalahan yang menunjukkan layanan sedang offline padahal sebenarnya hanya node CDN tertentu yang bermasalah.

Dalam situasi itu, Anda dapat menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk membuatnya muncul seperti Anda berada di wilayah yang berbeda. Ini bisa menjadi perbaikan cepat untuk masalah CDN lokal, meskipun dengan kinerja yang tinggi.

RELATED5 Cara untuk Melewati Sensor dan Penyaringan Internet

Sayangnya, ketika Anda menggunakan VPN untuk mengatasi blok konten geografis, Anda akan kehilangan manfaat dari node CDN lokal yang cepat . Sekarang Anda mendapatkan konten Anda dari node yang jauh, yang kemudian diumpankan melalui terowongan VPN terenkripsi. Meskipun banyak layanan VPN premium masih dapat menawarkan bandwidth dan latensi penggunaan yang baik, sering kali kualitas layanan menurun secara signifikan.

Dapatkah Siapapun Menggunakan CDN?

Bukan hanya perusahaan besar yang membangun jaringan server mereka sendiri yang dapat memanfaatkan teknologi CDN . Sebagian besar CDN milik perusahaan khusus yang menyediakan hosting dan menyertakan layanan CDN sebagai bagian dari biaya hosting. Situs web seperti Wix.com memiliki solusi CDN mereka sendiri, jadi jika Anda membuat situs web menggunakan layanan itu, CDN memastikan bahwa orang-orang di seluruh dunia mendapatkan waktu muat yang cepat dan responsivitas umum.

Pengguna individu dapat memperoleh manfaat dari teknologi CDN dengan menggunakan produk dari perusahaan yang mengandalkan mereka, tetapi jika Anda adalah pengguna bisnis, Anda juga dapat mendekati penyedia CDN secara langsung. Jika Anda ingin membangun CDN Anda sendiri, itu rumit tetapi bukan tidak mungkin. Namun, ini lebih dari sekadar membeli perangkat keras server. Anda memerlukan solusi perangkat lunak CDN dan server harus dipasang di lokasi utama (seperti pusat data yang terhubung ke tulang punggung) agar semuanya berfungsi. CDN khusus sebaiknya diserahkan kepada spesialis.

TERKAIT:Cara Mengatur Situs Web Anda Sendiri dengan Easy Way

Itulah berita seputar Apa itu CDN, dan Mengapa Perusahaan Menggunakannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.