Apa itu CPU? – Pengertian, Jenis dan Bagian

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit dan kadang-kadang disebut mikroprosesor. Ini adalah otak komputer tempat sebagian besar perhitungan dilakukan. Kecepatan CPU diukur dalam GHz, dan semakin tinggi angkanya, semakin cepat ia dapat memproses informasi.

CPU berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya melalui bus (sekelompok kabel) dan menentukan tugas mana yang akan dilakukan komputer selanjutnya. Setiap CPU memiliki sejumlah cache memory (RAM) untuk menyimpan instruksi yang sering digunakan. Ini membantu CPU bekerja lebih cepat karena tidak harus terus membaca instruksi dari memori utama yang lebih lambat.
Apa itu CPU (Central Processing Unit)CPU (Pemrosesan Pusat Unit)
Semua CPU memerlukan heatsink dan kipas agar tetap dingin, jika tidak, akan terlalu panas dan pecah. Produsen CPU menyertakan ini dengan prosesor mereka.

Anda dapat menganggap CPU setara dengan otak, memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya. Kecepatan CPU diukur dalam gigahertz (GHz). CPU dengan kecepatan 3,4 GHz dapat memproses 3,4 miliar keping informasi per detik! Saat Anda membeli CPU, Anda juga membeli heatsink dan kipas agar tetap dingin. Jika CPU Anda menjadi terlalu panas, itu akan rusak.
Komponen CPU

Unit pemrosesan pusat (CPU) adalah jantung dari setiap sistem komputer. Ini terdiri dari dua bagian utama:

ALU (unit logika aritmatika) dan CU (unit kontrol).

ALU bertanggung jawab untuk melakukan operasi aritmatika dan logika CPU. Ini terdiri dari unit logika aritmatika (yang melakukan operasi aritmatika dan logika) dan satu set register (yang menyimpan data dan instruksi). Unit kontrol bertanggung jawab untuk mengambil, mendekode, dan mengeksekusi instruksi. Ini juga mengontrol aliran data antara berbagai komponen CPU. Register digunakan untuk menyimpan data dan instruksi. Ada empat jenis register: tujuan umum, floating-point, kontrol, dan status. Register tujuan umum dapat digunakan untuk tujuan apa pun. register floating point digunakan untuk menyimpan nomor floating-point. Register kontrol berisi sinyal kontrol yang memberi tahu berbagai komponen CPU apa yang harus dilakukan. Register status berisi informasi tentang status CPU saat ini. Jenis CPU

A CPU pada dasarnya dikategorikan berdasarkan jumlah kor. Istilah “inti” digunakan secara lebih umum untuk merujuk pada fitur atau kemampuan apa pun dari CPU. Misalnya, CPU mungkin digambarkan memiliki dua inti jika dapat menjalankan dua instruksi pada saat yang sama, atau empat inti jika dapat menjalankan empat instruksi pada waktu yang sama. Ketika digunakan dengan cara ini, istilah “inti” hanya menunjukkan jumlah instruksi yang dapat dieksekusi secara bersamaan oleh CPU. Itu tidak selalu menunjukkan bahwa ada beberapa unit pemrosesan fisik di dalam CPU.

Berikut adalah daftar jenis CPU:

  • CPU Single-core
  • CPU dual-core
  • CPU quad-core
  • CPU hex-core
  • CPU octa-core
  • CPU Deca-core

In Kesimpulannya, CPU adalah bagian terpenting dari komputer Anda. Ini bertanggung jawab untuk memproses semua informasi yang dibutuhkan komputer Anda untuk melakukan tugasnya. Semakin cepat CPU, semakin baik. Kecepatan CPU diukur dalam gigahertz (GHz), dan sebagian besar CPU memiliki kecepatan antara 2 GHz dan 3 GHz. Beberapa CPU kelas atas dapat memiliki kecepatan 4 GHz atau lebih.

Referensi tecadmin.com