Apa Itu Discord, dan Apakah Hanya untuk Gamer?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Discord menawarkan server obrolan VoIP, teks, dan video gratis, bersama dengan fitur unik untuk gamer seperti integrasi Twitch. Ini juga harus dimiliki untuk melakukan bisnis di industri game, dan mungkin memberi perusahaan lain keunggulan unik dalam komunikasi pelanggan.

Discord Menawarkan Komunikasi Berbasis Komunitas

Discord adalah aplikasi komunikasi gratis, paling mirip dengan aplikasi populer seperti Skype, Microsoft Teams, Slack, dan TeamSpeak. Ini menampilkan obrolan teks, suara, dan video yang mudah digunakan di server publik atau pribadi yang dapat diatur dengan cepat oleh siapa saja secara gratis.

Discord memiliki antarmuka pengguna yang mirip dengan Slack dan Microsoft Teams, dan servernya berfungsi mirip dengan server Slack dan Teams. Namun, server Discord telah berkembang lebih banyak melalui aktivitas yang digerakkan oleh pengguna, seperti yang dilakukan Reddit dengan subredditnya. Ada server Discord untuk hampir semua hal.

Seperti Reddit, Discord adalah platform komunitas online. Ini digunakan untuk segala hal mulai dari platform perusahaan besar dan pusat pembelajaran khusus, hingga rekrutmen ekstremis dan konten dewasa. Panduan Orang Tua resmi untuk Discord menyediakan sumber daya yang berguna untuk memahami bagaimana komunitas ini berfungsi dan bagaimana Anda dapat mengontrol konten yang mengalir masuk dan keluar dari Discord Anda.

Pedoman Komunitas Discord menyampaikan niat pengembang untuk menyatukan kelompok gamer dan secara eksplisit melarang pelecehan, perilaku predator, dan konten berbahaya. Ini juga memberi Anda jalan untuk mendapatkan lebih banyak bantuan tentang masalah seperti intimidasi, bunuh diri, dan masalah lain yang relevan dengan komunitas digital saat ini. Tetapi seperti alat online lainnya, itu tidak serta-merta mencegah remaja yang cerdas untuk membatalkan pengaturan atau menghentikan pelaku kejahatan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan kebencian dan penyalahgunaan. ” dan integrasinya dengan platform game seperti Steam dan Twitch telah membuatnya sangat populer dengan 56 juta gamer setiap bulannya. Sifat Microsoft Skype (dan Skype for Business) yang ada di mana-mana telah menjadikannya pilihan umum untuk suara, video, dan teks di antara rata-rata pengguna Windows.

Microsoft Teams, yang pada akhirnya akan menggantikan Skype for Business, menampilkan integrasi tingkat tinggi dengan Microsoft lainnya aplikasi, terutama SharePoint, yang menjadikannya pemimpin di lingkungan bisnis. Slack adalah alternatif yang paling umum karena telah memakan komunikator tempat kerja populer lainnya seperti Hipchat.

TeamSpeak selalu menjadi pesaing utama karena fokus obsesifnya pada kualitas suara, keamanan klien, dan keandalan server. Discord melampaui sebagian besar alat dominan saat ini yang digunakan untuk bermain game, termasuk sejumlah besar pangsa pasar TeamSpeak.

TeamSpeak

Discord menampilkan integrasi dan layanan yang lebih beragam, antarmuka pengguna yang lebih ramah, dan server gratis, meskipun TeamSpeak baru dapat menutup celah itu saat mengadopsi dan meningkatkan banyak fitur yang sama yang memungkinkan Discord mendominasi. Alat lain seperti Mumble dan Ventrilo masih ada, meskipun hanya dalam ceruk kecil.

Pada kenyataannya, Discord berbagi sebagian besar fitur dan integrasi yang dilakukan pesaingnya. Discord dan Slack, masing-masing ditunjukkan di atas di kiri dan kanan, berbagi antarmuka yang hampir identik. Ini berarti pilihan aplikasi mana yang akan digunakan sebagian besar ditentukan oleh preferensi pribadi Anda dan grup Anda.

Discord Gratis untuk Pengguna, Masih Murah untuk Pros

Perusahaan besar dapat menggunakan Discord sebagai platform komunikasi utamanya, dengan asumsi bisnis melakukan pekerjaan dengan baik mengatur izin, meningkatkan keamanan, dan meningkatkan batas yang diberlakukan oleh versi gratis dengan membayar hanya $99,99 untuk 12 bulan Discord Nitro.

Anda dapat memotong harga setengahnya dengan memilih Discord Nitro Classic ($49,99/tahun). Klasik tidak menyertakan fitur peningkatan server, yang memungkinkan Anda memberikan fasilitas khusus ke server; ini berguna jika Anda seorang streamer, developer, atau pemimpin komunitas yang menyediakan ruang untuk berinteraksi dengan pengikut.

Kedua layanan premium berbayar (Nitro dan Nitro Classic) sebagian besar melayani gamer dengan fitur seperti streaming berkualitas lebih tinggi, pemberian tag kustom, dan banyak lagi. Gratis atau berbayar, dokumentasi ekstensif Discord akan memandu Anda melalui semua yang dapat Anda lakukan dengan Discord. Bangun bot yang membantu menjadikan server Anda unik, mengembangkan aplikasi, atau memanfaatkan alat sumber terbukanya untuk membuat Kehadiran Kaya untuk game atau aplikasi yang dapat Anda jual langsung ke konsumen melalui server Discord Anda sendiri. Dengan hanya mengambil potongan 10 persen, Discord menawarkan pengembang kesepakatan yang lebih baik daripada 12 persen Epic atau 30 persen Steam.

Mengingat integrasi Discord dengan aplikasi game dan media yang tak terhitung jumlahnya, dipasangkan dengan overlay yang dapat disesuaikan, tidak mengherankan bahwa sebagian besar pengguna Discord menjalankannya di latar belakang saat berada di depan komputer mereka. Faktanya, pemutar musik desktop Spotify menyumbang lebih dari dua kali aktivitas tertinggi berikutnya untuk orang-orang di Discord menurut Statbot, memperjelas bahwa kebanyakan orang menjalankan Discord di latar belakang saat mereka menjelajah, membuat, bermain, atau bekerja. Aplikasi paling populer kesepuluh untuk pengguna Discord adalah Visual Studio Code, menunjukkan betapa bergunanya aplikasi tersebut untuk kolaborasi profesional.

Catatan: Ini bukan data dari semua pengguna Discord, tetapi ini adalah sampel yang cukup besar.

Discord ditujukan terutama untuk orang-orang yang bermain, streaming, berdiskusi, mengembangkan, atau menjual game, tetapi mulai berkembang lebih dari itu menjadi platform yang berfokus pada komunitas untuk operator bisnis yang paham teknologi. Baik Anda ingin berkoordinasi dengan rekan kerja, teman, atau pengikut, ini menjadi solusi populer bagi semua orang melalui antarmuka sederhana yang dikemas dengan fitur canggih.

Itulah berita seputar Apa Itu Discord, dan Apakah Hanya untuk Gamer?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.