Apa Itu Ethernet?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

kubais/Shutterstock.com

Pakar sering merekomendasikan Ethernet sebagai perbaikan cepat untuk masalah kecepatan Internet atau latensi Anda di rumah. Tapi apa itu, dan bagaimana Anda bisa menggunakannya? Berikut adalah petunjuk singkat tentang apa yang perlu Anda ketahui tentang Ethernet.

The Wired Connection

Ethernet (secara teknis dikenal sebagai IEEE 802.3) adalah teknologi komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat di jaringan area lokal (LAN). Ini mendefinisikan aturan yang menggunakan perangkat komputasi yang berkomunikasi melalui jaringan. Tidak seperti Wi-Fi, yang merupakan teknologi jaringan nirkabel, Ethernet menggunakan kabel untuk mengirimkan data. Jadi ketika para ahli berbicara tentang penggunaan Ethernet, mereka pada dasarnya ingin Anda menggunakan kabel.

Meskipun Ethernet ditemukan hampir 50 tahun yang lalu pada tahun 1973, Ethernet masih digunakan secara luas di seluruh dunia. Salah satu alasannya adalah kemampuannya untuk mengimbangi kebutuhan jaringan yang terus berkembang. Sementara iterasi resmi pertama dari teknologi ini hanya mampu kecepatan transfer data 10Mbps, sebagian besar koneksi Ethernet modern dapat mencapai kecepatan gigabit. Dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) telah meratifikasi standar Ethernet yang mampu mencapai kecepatan hingga 400Gbps.

Tipe Ethernet
Cable Matters

Ethernet telah melihat beberapa iterasi sejak debut publiknya pada tahun 1983, ketika standar Ethernet pertama disetujui. Setiap iterasi dikenal dengan nama yang berbeda, dan pada tahun 2022, tiga iterasi yang paling umum adalah Fast Ethernet, Gigabit Ethernet, dan 10 Gigabit Ethernet (10GbE). Sementara Fast Ethernet mendukung kecepatan sekitar 100Mbps, Gigabit Ethernet dapat mencapai hingga 1Gbps. Dan 10 Gigabit Ethernet, seperti namanya, mendukung kecepatan transmisi data hingga 10Gbps.

Advertisement

Meskipun 10GbE mungkin merupakan iterasi Ethernet tercepat yang saat ini Anda temukan di perangkat kelas konsumen, ini bukan iterasi Ethernet tercepat yang tersedia. Beberapa standar Ethernet yang lebih cepat, seperti 40GbE, 100GbE, 200GbE, dan 400GbE, telah disetujui oleh IEEE. Beberapa di antaranya juga secara aktif digunakan oleh pusat data, penyedia layanan internet, atau industri serupa lainnya yang membutuhkan kecepatan transmisi data secepat mungkin.

Keuntungan dan Kerugian

Ethernet terus menjadi teknologi jaringan yang populer karena menawarkan beberapa keuntungan. Yang terpenting, Ethernet lebih cepat daripada teknologi jaringan lainnya, termasuk Wi-Fi. Dan karena menggunakan kabel untuk mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, ini dapat memberikan kecepatan dan keandalan yang konsisten. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan jaringan atau hambatan fisik, sesuatu yang sering dihadapi oleh jaringan nirkabel.

RELATEDWi-Fi vs. Ethernet: Seberapa Lebih Baik Koneksi Berkabel?

Ini juga sepenuhnya kompatibel ke belakang. Jadi, misalnya, bahkan jika Anda menggunakan kabel Ethernet yang lebih baru dengan sakelar jaringan yang lebih lama atau kabel yang lebih lama dengan router baru, Anda dapat mengharapkan koneksi bekerja dengan lancar. Namun, kecepatan koneksi akan ditentukan oleh perangkat yang terhubung paling lambat.

Manfaat lain menggunakan Ethernet melalui Wi-Fi adalah keamanan. Melanggar koneksi kabel memerlukan akses fisik ke perangkat atau kabel, yang dapat dibatasi lebih mudah daripada mengamankan koneksi nirkabel.

Namun, Ethernet bukanlah teknologi jaringan yang paling nyaman. Jika Anda berencana untuk memiliki konektivitas Ethernet di seluruh rumah Anda, Anda perlu memasang kabel di setiap ruangan. Ini bisa lebih mahal dan memakan waktu daripada hanya menggunakan router nirkabel.

Sifat kabel Ethernet juga membatasi pergerakan. Dan terakhir, jika muncul masalah dengan jaringan Anda, Anda mungkin kesulitan menemukan sumbernya jika banyak sakelar atau kabel terlibat.

Menggunakan Ethernet di Rumah Anda
monte_a/Shutterstock.com

Wi-Fi sangat nyaman, dan hampir tidak mungkin untuk memberikannya untuk setup Ethernet lengkap. Tetapi Anda dapat menggunakan Ethernet untuk melengkapi jaringan nirkabel di rumah Anda. Dan ada beberapa perangkat dan aplikasi yang dapat memanfaatkan koneksi bawaan ke router. Misalnya, jika Anda menggunakan server media, NAS, atau drive penyimpanan bersama, koneksi Ethernet akan membuat segalanya lebih cepat daripada Wi-Fi untuk mencadangkan data atau streaming dari server media.

RELATEDMenggunakan Wi-Fi untuk Semuanya? Inilah Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Melakukannya Demikian pula, jika Anda memainkan banyak game online atau menggunakan game cloud, Ethernet tidak hanya akan mengurangi latensi koneksi Anda, tetapi juga akan membuatnya lebih stabil untuk pengalaman yang konsisten.

Advertisement

Selain itu, jika Anda bekerja dari rumah dan memerlukan konektivitas yang andal ke sumber daya online perusahaan Anda, Ethernet adalah cara terbaik untuk menghindari kejutan konektivitas yang tidak perlu.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Koneksi Ethernet?

Jika Anda berpikir untuk menggunakan Ethernet di rumah, pengaturannya cukup mudah. Dan kemungkinan besar Anda sudah memiliki semua yang diperlukan untuk koneksi Ethernet.

Pertama dan terpenting, Anda memerlukan perangkat yang mendukung Ethernet. Jika laptop, konsol game, stik streaming, atau perangkat lain tidak memiliki port Ethernet tetapi memiliki port USB, Anda dapat menggunakan adaptor USB ke Ethernet. TP-Link USB-A ke Ethernet dan USB-C ke Ethernet adalah dua adaptor yang sangat baik, tergantung pada port USB di perangkat Anda.

RELATEDTidak Semua Kabel Ethernet Sama: Anda Bisa Mendapatkan Kecepatan LAN Lebih Cepat Dengan Mengupgrade

Anda juga memerlukan kabel Ethernet. Ada berbagai kategori kabel Ethernet di pasaran. Tetapi untuk koneksi rumah, kabel Ethernet Cat-5e atau Cat-6 sudah cukup. Yang terakhir lebih baik jika Anda ingin menjadi bukti masa depan. Cable Matters menawarkan kabel Ethernet Cat-6 berperingkat tinggi.

Cable Matters Cat 6 Cable
Kabel Ini Penting Kabel Ethernet Cat 6 dapat diandalkan, dan mendukung kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Anda dapat membelinya dalam berbagai ukuran.

Amazon$7,99  

Advertisement

Komponen kunci lainnya adalah router. Ini bertindak sebagai titik pusat, dan Anda akan menghubungkan semua perangkat Anda ke sana. Router nirkabel Anda kemungkinan memiliki beberapa port Ethernet, dan Anda cukup menghubungkan perangkat Anda ke sana. Tetapi jika tidak ada cukup port pada router Anda, Anda perlu membeli router atau switch jaringan yang berbeda.

Bright Future

Ethernet kesederhanaan dan kemampuan untuk berkembang telah memungkinkan untuk berkembang bahkan setelah bertahun-tahun penemuannya. Dan dengan inovasi yang berkelanjutan, itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Jika peta jalan teknologi Ethernet Alliance merupakan indikasi, kita akan melihat 800 GbE atau mungkin 1,6 TbE menjadi standar resmi sekitar tahun 2030.

Itulah berita seputar Apa Itu Ethernet?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.