Apa itu Fandom Internet?

Sam Aronov/Shutterstock.com

Pernahkah Anda melihat orang-orang di internet mendiskusikan “fandom” yang menjadi bagian mereka? Fandom adalah beberapa kekuatan paling kuat di internet. Inilah basis penggemar setia ini dan bagaimana mereka menyatukan orang.

Minat Terorganisir

“Fandom” adalah subkultur terorganisir dari orang-orang yang memiliki minat yang sama. Orang-orang yang menjadi anggota fandom sering kali paling setia dan berinvestasi dalam waralaba media, dengan fandom sering bekerja lebih keras dengan mendokumentasikan detail kecil, berspekulasi secara ekstensif, dan membuat konten penggemar.

RELATEDCara Menyiarkan Setiap Acara TV `Star Trek` di 2022

Menurut Merriam-Webster Dictionary, penggunaan istilah tersebut pertama kali diketahui pada tahun 1903. Kadang-kadang digunakan sepanjang abad ke-20 untuk komunitas penggemar waralaba seperti Star Trek sebelum akhirnya meledak di abad ke-21 karena internet secara signifikan mempermudah fandom untuk mengatur.

Meskipun semua orang di fandom adalah penggemar, tidak semua orang yang menjadi penggemar properti media ada di fandom. Kelompok fandom adalah bagian dari budaya partisipatif, di mana individu adalah konsumen dan kontributor media. Berada dalam sebuah fandom berarti menjadi bagian dari komunitas yang terorganisir, membangun hubungan, dan menyumbangkan konten Anda sendiri.

Advertisement

Meskipun ada fandom untuk hampir semua hal, fandom internet biasanya mengacu pada basis penggemar dari karya kreatif fiksi tertentu atau media yang diterbitkan. Ini termasuk buku, film, acara TV, video game, pertunjukan panggung, novel grafis, dll. Beberapa fandom terbesar di internet adalah waralaba raksasa seperti Marvel Cinematic Universe, Harry Potter, Star Wars, dan Minecraft.

Apa yang Dilakukan Fandom ?

Fandom cenderung melakukan banyak aktivitas di internet. Yang paling mendasar adalah menciptakan ruang online di mana mereka dapat mendiskusikan pekerjaan. Pada hari-hari awal internet, ini biasanya papan pesan atau milis yang dipesan lebih dahulu. Fandom modern menggunakan platform seperti Discord dan Reddit.

RELATEDApa Itu Discord, dan Apakah Ini Hanya untuk Gamer?

Hal lain yang dilakukan banyak fandom adalah memelihara gudang informasi dan pengetahuan. Seringkali, properti yang menarik fandom khusus memiliki banyak karakter, pembangunan dunia, lokasi, dan acara. Penggemar mengumpulkan informasi ini ke dalam situs web wiki yang dapat diedit pengguna. Misalnya, Bulbapedia adalah situs web wiki yang berisi informasi yang sangat rinci tentang hampir semua hal tentang waralaba Pokemon, mulai dari game hingga acara TV.

Orang-orang di fandom juga paling mungkin membuat UGC atau konten buatan pengguna. Bentuk paling umum dari konten pengguna adalah fanart, penggambaran artistik karakter atau skenario. Banyak penggemar juga menulis fanfiction, cerita yang berlatar dunia fiksi yang sama dengan properti yang mengeksplorasi berbagai peristiwa dan hubungan yang mungkin tidak ada dalam cerita aslinya. Banyak dari karya ini mengeksplorasi “kapal”, yang merupakan hubungan romantis kanonik dan non-kanonik antara karakter.

Terkadang, kreasi penggemar dapat mencapai tingkat skala dan ambisi yang luar biasa. Misalnya, fandom game telah membuat mod dengan kampanye khusus yang dapat menyaingi game aslinya. Ada juga pertunjukan panggung buatan penggemar, film, musik, dan buku yang diterbitkan. Misalnya, A Very Potter Musical, pertunjukan panggung yang dilihat lebih dari 100 juta kali, dimulai sebagai produksi sekolah yang dibuat oleh sekelompok penggemar Harry Potter.

Kebaikan dan Buruknya Fandom

Perilaku fandom adalah campuran. Beberapa perilaku negatif sering dikaitkan dengan kelompok penggemar hardcore. Mereka sering terlibat dalam perilaku antagonis dan picik terhadap kelompok fandom lain, dengan “perang penggemar” menjadi fitur umum komunitas online. Banyak penggemar juga terlibat dalam pertikaian dalam kelompok mereka, terutama ketika mereka tidak setuju tentang hal-hal tertentu. Misalnya, “perang kapal” terjadi antara kelompok dengan hubungan pilihan yang berbeda.

Namun, fandom juga membawa banyak hal positif. Kelompok-kelompok ini sering membantu orang-orang di internet menemukan komunitas untuk menjadi bagian dari dan teman-teman yang memiliki minat yang sama. Selain itu, fandom dapat menyatukan orang-orang dari seluruh dunia, yang semuanya dikhususkan untuk minat tertentu. Selain itu, penggemar waralaba yang kurang sukses secara finansial dapat mendukung properti secara finansial melalui saluran seperti Patreon atau Kickstarter.

TERKAIT:Apa Itu Patreon, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Fandom Spaces
Stephen Bridger/Shutterstock.com

Ada banyak “ruang” internet tempat fandom cenderung berorganisasi. Ruang penggemar yang paling umum adalah sub-grup platform sosial populer, seperti subreddit di Reddit, grup di Facebook, atau server di Discord. Ini adalah platform terorganisir dan dimoderasi yang dapat membantu pengguna membangun koneksi satu sama lain, membuat karya penggemar, dan berbagi berita. Selain itu, komunitas ini sering mengadakan acara untuk anggotanya.

Advertisement

Fandom juga berorganisasi di platform yang berfokus pada konten. Misalnya, ada banyak fandom di Archive of Our Own-Own atau AO3. Ini adalah situs web fanfiction terbesar secara global, dengan beberapa fandom seperti Marvel memiliki ratusan ribu cerita. Ada juga situs web seperti Tumblr, yang memiliki banyak konten penggemar dan diskusi di berbagai waralaba.

Terakhir, ada banyak ruang IRL atau “dalam kehidupan nyata” bagi fandom untuk berkumpul. Yang terbesar adalah konvensi penggemar, yang dapat berkisar dari kecil hingga besar tergantung pada ukuran grup dan panitia penyelenggara. Konvensi ini dapat berupa urusan multi-genre seperti Konvensi Komik Dragon Con dan San Diego atau lebih ditargetkan ke kelompok tertentu seperti konvensi Harry Potter atau Star Wars. Jaringan lokal terkadang juga akan mengadakan acara penggemar dengan grup yang lebih kecil.

TERKAIT:Apa itu Fiksi Penggemar?

Itulah berita seputar Apa itu Fandom Internet?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.