Apa Itu File EPS, dan Bagaimana Cara Membukanya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ada banyak jenis file berbeda dalam kata desain: PNG, JPG, PSD, SVG, dan banyak lagi. File EPS adalah file lain yang biasa Anda temukan. Inilah file EPS dan cara membukanya.

Semua Tentang Vektor

Semua jenis file yang disebutkan di atas dan lainnya pada dasarnya terbagi dalam dua kategori—raster dan vektor. Aplikasi berbasis raster—dan jenis file yang menyertainya—menggunakan piksel untuk membuat gambar. Saat Anda memperbesar, Anda benar-benar dapat melihat piksel individual.

Vectors, di sisi lain, membuat bentuk dengan “simpul” dan “titik.” Titik dan simpul dapat dipindahkan untuk mengubah bentuk, dan dapat diskalakan ke ukuran apa pun tanpa kehilangan kualitas, tidak seperti gambar berbasis raster.

Raster vs Vector

Pikirkan seperti kanvas. Raster seperti ketika Anda menggunakan cat. Mungkin terlihat bersih dari jarak tertentu, tetapi ketika Anda mendekat, Anda dapat melihat semua ketidakteraturan pada sapuan kuas. Sebuah vektor seperti memotong bentuk dan menempelkannya ke kanvas. Ini agak “mengambang” di atas dan tepinya bersih.

Photoshop membuat gambar raster, sementara Illustrator membuat vektor, seperti file EPS, AI, dan SVG. File EPS adalah file vektor yang berisi semua informasi yang diperlukan untuk aplikasi berbasis vektor.

EPS adalah standar lama yang terutama digunakan di media cetak. SVG lebih baru dan lebih cocok untuk digunakan di web.

Pada tingkat teknis, EPS didasarkan pada PostScript sedangkan SVG didasarkan pada XML. Perbedaannya benar-benar turun ke print vs web. File EPS dapat digunakan untuk mencetak sesuatu, sementara logo dan grafik di situs web lebih cenderung berupa SVG.

Cara Membuka File EPS

EPS File sedikit berbeda daripada jenis file vektor lainnya. File SVG dapat dilihat di browser standar seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan Firefox. Namun, file EPS tidak dapat.

Untuk membuka file EPS, Anda memerlukan aplikasi khusus. Adobe Illustrator dapat membuka file EPS tanpa masalah. Photoshop dan alternatif sumber terbuka juga dapat mengimpor file EPS, tetapi mereka mengubahnya menjadi raster dalam prosesnya.

Jika Anda menggunakan alternatif sumber terbuka untuk Illustrator—Inkscape—Anda harus menggunakan solusi untuk memuat file EPS. Ini sebenarnya sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonversi file EPS ke PDF. Semua titik dan simpul vektor akan disimpan dengan benar sebagai PDF.

Singkatnya, file EPS hanyalah file khusus lain yang berfungsi dengan aplikasi komputer yang kompatibel. Mereka masih sering ditemukan jika Anda mengunduh gambar vektor secara online.

Jenis FileExtension

DAT·7Z·XML·RTF·XLSX·WEBP·EPUB·MP4·AVI·MOBI·SVG·MP3·REG·PHP·LOG·PPTX·PDF·MPEG· WMA·M4V·AZW·LIT

Itulah berita seputar Apa Itu File EPS, dan Bagaimana Cara Membukanya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.