Apa itu file /etc/aliases?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apa itu /etc/aliases?

/etc/aliases adalah file teks yang digunakan untuk menyimpan email alias pada sistem Linux. Email alias pada dasarnya adalah nama panggilan untuk alamat email. Mereka memungkinkan Anda untuk mengirim email ke sekelompok orang menggunakan satu alamat, atau untuk mengarahkan email dari satu alamat ke alamat lain.

/etc/aliases biasanya digunakan untuk menyimpan alias untuk server email sistem. Namun, ini juga dapat digunakan untuk menyimpan alias untuk tujuan lain apa pun.

Misalnya, Anda dapat menggunakan /etc/aliases untuk membuat alias untuk alamat email Anda sendiri. File ini disimpan di direktori /etc, yang merupakan lokasi standar untuk file konfigurasi seluruh sistem. /etc/aliases biasanya dikelola oleh administrator sistem. Namun, Anda juga dapat mengedit /etc/aliases sendiri jika Anda perlu menambahkan atau mengubah alias.

Menambahkan entri ke /etc/aliases

Untuk menambahkan alias baru ke /etc/aliases, cukup buka file di editor teks dan tambahkan yang baru baris dengan format berikut:

alias_name: [email protected]

Ganti alias_name dengan alias yang diinginkan, dan [email protected] dengan alamat email sebenarnya yang Anda inginkan untuk meneruskan pesan. Anda juga dapat meneruskan email satu pengguna ke pengguna lain.

Setelah Anda menyimpan perubahan, jalankan perintah newaliases untuk memperbarui database alias.

newaliases

Alias ​​baru Anda sekarang akan aktif dan meneruskan pesan seperti yang diharapkan.

Semoga tutorial ini membantu Anda memahami penggunaan /etc/aliases file.

Referensi tecadmin.com