Apa Itu GPU Sag, Haruskah Anda Khawatir, dan Bagaimana Cara Memperbaikinya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kartu grafis kelas atas semakin berat karena komponen pendingin dan dayanya diperluas untuk menanganinya. Ini berarti bahwa dalam beberapa kasus, kartu cenderung menjadi sedikit “bengkok” dengan cara yang agak mengkhawatirkan yang dikenal sebagai “GPU sag.”

Apa Itu GPU Sag, dan Mengapa Terjadi?

Ketika Anda memasang kartu grafis, kartu tersebut didukung oleh slot kartu dan oleh sekrup yang menahannya ke pelat belakang sasis. Ini berarti bahwa beban di sudut belakang atas kartu dapat membuat kartu melorot, memberi tekanan pada slot PCIe.

Apakah Sag adalah Masalah?

Sag tentu saja merupakan masalah estetika bagi banyak pengguna. Itu tidak terlihat benar dan secara intuitif sepertinya pada akhirnya akan merusak sesuatu. Namun, itu tidak berarti bahwa apa pun akan rusak. Dalam kebanyakan kasus, kartu dan slot PCIe mungkin akan baik-baik saja, terlepas dari seberapa besar kecemasan yang dihasilkan GPU sag.

Kemudian lagi, jika komputer dipindahkan atau terbentur, ada kemungkinan bahwa beban tanpa jaminan dapat merusak sesuatu secara permanen karena jangkauan gerakan yang diberikan pada kartu. Baik Anda tidak menyukai GPU sag karena alasan estetika atau keamanan, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengatasinya.

Mendukungnya Dengan Kabel Daya PCIe

Kartu kelas atas dan berat selalu membutuhkan daya tambahan menggunakan konektor daya PCIe dari daya Pasokan. Salah satu cara untuk mengurangi penurunan GPU adalah dengan menggunakan sistem manajemen kabel di sasis Anda untuk memberikan sedikit tegangan pada kabel ini, menarik kartu kembali ke tempatnya. Konektor daya PCIe cukup kuat, dan jumlah bobot yang terlibat relatif kecil, jadi jika Anda melakukannya secara konservatif, ini setidaknya dapat mengatasi masalah estetika seputar penurunan GPU. terhadap bagian bawah kasus menara. Apa yang Anda gunakan sepenuhnya terserah Anda. Anda dapat membangun menara LEGO, memotong kayu memanjang, atau mencetak 3D sesuatu yang terlihat profesional. Ini adalah solusi yang agak kasar, tetapi ini adalah opsi, sehingga termasuk dalam daftar!

Anda dapat membeli alat peraga komersial yang dapat disesuaikan seperti MHQJRH GPU Brace Support jika Anda menginginkan solusi yang lebih permanen yang tidak terlihat buatan sendiri, tetapi meskipun demikian ini hanya cocok untuk komputer yang tidak akan dipindahkan.

Gunakan Braket Dukungan GPU

Mungkin solusi terbaik adalah braket dukungan GPU komersial. Desainnya bervariasi, tetapi semuanya menawarkan dukungan tambahan ke bagian kartu yang tidak ditahan oleh slot atau pelat belakang sasis.

Desain umum memasang braket ke slot pelat belakang sasis tepat di bawah kartu yang kendur, dengan titik pemasangan yang menjaga bagian belakang kartu agar tidak kendur. Braket Dukungan Thermalight adalah salah satu contohnya.

Instal Kartu Secara Vertikal

GPU sag tidak menjadi masalah jika kartu tegak, tetapi hampir semua PC desktop saat ini menggunakan kasing menara di mana slot kartu menyamping. Anda memiliki tiga opsi utama di sini jika Anda ingin menempatkan kartu berat Anda ke posisi vertikal.

Salah satu opsi adalah dengan hanya memutar menara Anda ke sisinya (tetapi bukan sisi dengan lubang ventilasi). Ini bukan solusi yang paling elegan, tetapi gratis, dan Anda dapat melakukannya sekarang juga.

Atau, Anda dapat menggunakan kabel riser PCIe. Ini adalah kabel ekstensi yang dihubungkan ke slot pada motherboard Anda, dan kemudian slot kartu ke ujung kabel yang lain. Hal ini memungkinkan Anda memasang kartu secara vertikal menggunakan solusi pemasangan khusus pilihan Anda.

Opsi ketiga Anda adalah membeli casing berbeda untuk komputer Anda yang memungkinkan kartu Anda dipasang secara vertikal, seperti Thermaltake Core P5. Beberapa casing PC memiliki solusi PCIe riser terintegrasi untuk tujuan ini, atau Anda dapat berenang ke hulu dan mengguncang sasis PC desktop seperti tahun 1999, jika Anda dapat menemukannya.

Mengubah Kartu menjadi Pendingin Air

Perbaikan potensial terakhir untuk kartu yang kendur adalah dengan melepas kipas besar dari tembaga dan aluminium, dan menggantinya dengan blok pendingin air dan radiator. Radiator dan kipas dipasang ke lubang pemasangan khusus pendingin air pada casing, dan kartu tidak boleh lagi melorot.

Ini adalah solusi yang mahal dan menantang secara teknis, tetapi memiliki manfaat untuk meningkatkan pendinginan, kinerja, dan tingkat kebisingan kartu Anda. Jadi, meskipun tidak benar-benar layak dilakukan karena GPU sag saja, ada manfaat tambahan dari pendinginan air pada kartu grafis Anda!

Itulah berita seputar Apa Itu GPU Sag, Haruskah Anda Khawatir, dan Bagaimana Cara Memperbaikinya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.