Apa itu IR Blaster?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Filippo Carlot/Shutterstock.com

TVs—baik pintar maupun bodoh—memiliki beberapa teknologi mewah di dalamnya yang mungkin tidak Anda pikirkan dua kali. IR blaster adalah salah satunya dan gadget kecil ini dapat membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Nama panjang IR blaster adalah “infrared blaster” dan itu memberi tahu kita sedikit tentang cara kerjanya. Anda hampir pasti memiliki IR blaster di beberapa perangkat di dekat TV Anda. Mari kita lihat cara kerjanya.

Apa Itu IR Blaster?

An IR blaster adalah nama yang terdengar cukup keren. Nama tersebut menjelaskan dengan tepat fungsinya: Ia mengeluarkan cahaya inframerah.

Contoh paling umum dari IR blaster adalah TV dan remote. TV Anda memiliki sensor IR built-in yang berkomunikasi dengan blaster IR di remote yang disertakan. Remote “meledak” perintah, dan perintah itu diterima oleh sensor di TV.

Inframerah ringan, itulah sebabnya remote harus memiliki garis pandang yang jelas ke sensor di TV. Cahaya harus dapat mencapai sensor. Dalam contoh ini, IR blaster berada di remote, tetapi juga ditemukan di perangkat lain.

TERKAIT:Apakah Pemindai IR di Ponsel Buruk untuk Mata Anda?

Di mana IR Blasters Digunakan?
renata colella/Shutterstock.com

IR blaster paling banyak digunakan sering ditemukan di remote, tetapi tempat umum lainnya adalah kotak kabel. Inilah yang memungkinkan Anda menggunakan satu remote untuk mengontrol kotak kabel dan TV Anda. Kotak kabel menerima perintah dari remote dan menggunakan blaster IR untuk mengirimnya ke TV.

Demikian pula, kotak streaming Anda mungkin dapat melakukan hal yang sama. Banyak perangkat Roku dilengkapi dengan IR blaster di remote dan kotak. Selama proses penyiapan awal, Roku akan memprogram dirinya sendiri ke TV Anda untuk memungkinkan Anda mengontrolnya dengan remote Roku.

Berbicara tentang remote, Anda mungkin telah menebak cara kerja remote universal. Logitech Harmony Elite yang populer bekerja dengan Harmony Hub. Hub menerima perintah dari remote dan mengirimkannya ke TV, cable box, streaming box, sistem game, atau pemutar Blu-ray dengan IR blaster.

Untuk waktu yang singkat, beberapa ponsel Android memiliki IR blaster. Anda dapat menggunakan ponsel Anda sebagai remote dasar tanpa koneksi Wi-Fi atau Bluetooth. Orang-orang bahkan menggunakan fitur ini untuk mengontrol TV di restoran. Cukup sulit untuk menemukan ponsel dengan IR blaster akhir-akhir ini.

Logitech Harmony Elite Remote dan Hub
Sistem mahal ini akan memungkinkan Anda untuk mengontrol semua perangkat di ruang tamu Anda dengan satu remote. Dapat mengontrol TV, pemutar Blu-ray, sistem game, sistem suara, kotak kabel, dan banyak lagi.

Amazon 

Best Buy$399,99 

Light Up My Life

IR blaster adalah gadget kecil yang sangat sederhana dan efektif. Mereka sudah ada sejak lama, memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain. Dan semuanya bekerja dengan sedikit cahaya inframerah dan sensor untuk menerimanya.

Meskipun IR blaster adalah teknologi yang cukup lama, mereka masih umum digunakan untuk TV dan remote. Beberapa TV pintar dan kotak streaming telah beralih ke Wi-Fi dan Bluetooth bersama dengan HDMI-CEC untuk mengontrol semuanya, tetapi itu bukan keuntungan yang jelas dibandingkan IR blasters.

Lain kali remote Anda tidak mengecilkan volume di TV karena Anda tidak memegangnya di posisi yang tepat, Anda akan tahu alasannya.

TERKAIT:Cara Mengaktifkan HDMI-CEC di TV Anda, dan Mengapa Anda Harus

Itulah berita seputar Apa itu IR Blaster?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.