Apa itu KaiOS, dan Bisakah Menggantikan iPhone dan Android?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

KaiOS adalah sistem operasi seluler yang dirancang untuk “ponsel berfitur” bertenaga rendah. Ini memiliki beberapa aplikasi dari Google dan WhatsApp, tetapi sebaliknya sangat terbatas. Ada dua nama besar dalam sistem operasi seluler — Android Google dan iOS Apple. Keduanya mendominasi pasar, tetapi mereka tidak sendirian. KaiOS adalah OS seluler alternatif yang memiliki beberapa manfaat menarik. Mungkin itu tepat untuk Anda.

Apa itu KaiOS?

KaiOS adalah sistem operasi yang dirancang untuk ponsel dengan keypad dan keyboard. Anda dapat menganggapnya sebagai jalan tengah antara Android/iOS dan ponsel flip jadul (bukan tipe layar lipat) yang tidak dapat berbuat banyak sama sekali. KaiOS adalah sistem operasi yang cerdas. Pada tingkat teknis, KaiOS awalnya dibangun di atas Firefox OS, yang merupakan distribusi Linux sumber terbuka. Perusahaan KaiOS belum bekerja dengan Mozilla sejak 2016, dan OS sekarang berbasis web. KaiOS mendukung 4G LTE, VoLTE (voite over LTE), GPS, Wi-Fi, dan mampu berjalan di perangkat dengan memori yang sangat terbatas.

Ponsel flip biasa—yang semakin sulit ditemukan—menawarkan pengalaman yang sangat terbatas. Mereka cukup banyak hanya untuk menelepon dan mengirim SMS. KaiOS menjembatani kesenjangan antara itu dan OS lengkap seperti Android atau iOS. Itu berarti Anda mendapatkan beberapa fitur tambahan dan toko aplikasi tempat Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi sederhana namun sangat berguna.

KaiOS sangat cocok untuk orang yang tidak menginginkan ponsel cerdas lengkap, tetapi ingin memiliki beberapa aplikasi tambahan daripada apa yang akan Anda temukan di “dumbphone” klasik.

Aplikasi Apa yang Ada di KaiOS?

Seperti Android dan iOS, KaiOS memiliki toko aplikasi. Aplikasi KaiOS didasarkan pada HTML5, dan dapat diunduh dari “KaiStore”. Ada lebih dari 500 aplikasi yang tersedia dari store.

Sekarang, itu mungkin tidak terdengar seperti banyak aplikasi — tidak dibandingkan dengan Apple atau Google — tetapi ada beberapa aplikasi utama yang disertakan. Nama-nama besar termasuk WhatsApp, Facebook, Google Assistant, Google Maps, dan YouTube.

Bagi banyak orang, ini adalah aplikasi penting yang tidak dapat mereka tinggalkan. Jadi, meskipun Anda mungkin tidak dapat menggunakan aplikasi media sosial terbaru yang dibicarakan semua orang, Anda masih dapat WhatsApp teman Anda dan tidak tersesat saat Anda mengemudi. Selain beberapa aplikasi besar ini, KaiStore memiliki aplikasi pihak ketiga aplikasi untuk Twitter, podcast, Reddit, daftar belanja, cuaca, musik, dan berbagai hal lainnya. Itu tidak dapat bersaing dengan ukuran besar App Store atau Play Store, tetapi KaiStore menawarkan lebih banyak daripada ponsel flip tradisional. Di mana Membeli Ponsel KaiOS? dan itulah yang akan Anda temukan di perangkat. Ponsel KaiOS sedang dibuat oleh Nokia (HMD Global), Alcatel, Vodacom, Orange, dan berbagai produsen lain yang kurang terkenal. Perangkat KaiOS umumnya sangat terjangkau tetapi tidak terlalu mudah ditemukan. Salah satu perangkat KaiOS terbaik untuk AS adalah Nokia 6300 4G, yang harganya hanya $70 dari Amazon. Itu memberi Anda layar 2,4 inci, RAM 512MB, penyimpanan 4GB, slot kartu microSD, dan kemampuan untuk menjadi hotspot Wi-Fi.

Anda dapat menemukan lebih banyak ponsel KaiOS di Amazon, tetapi banyak model yang tidak kompatibel dengan jaringan AS. Situs web KaiOS adalah tempat bagus lainnya untuk menemukan informasi tentang ponsel. Perangkat KaiOS sangat populer di pasar negara berkembang di mana smartphone tidak praktis.

Apakah KaiOS bisa Gantikan Android dan iPhone? telepon tetapi tidak semua kompleksitas smartphone full-blown, KaiOS mungkin ideal. Anda mendapatkan beberapa bonus bagus seperti Google Maps dan WhatsApp bersama dengan kesederhanaan dan masa pakai baterai yang hebat dari “dumbphone”.

Orang-orang juga beralih ke KaiOS untuk pengalaman “telepon minimalis”. Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sepanjang minggu saat dibutuhkan, lalu beralih ke perangkat KaiOS di akhir pekan untuk “mencabut” untuk sementara waktu. Atau mungkin Anda hanya ingin perangkat yang super murah dan lebih tahan lama untuk digunakan.

Singkatnya, KaiOS bukanlah pengganti smartphone satu-ke-satu, tetapi berpotensi menawarkan pengalaman yang lebih baik untuk kebutuhan Anda. Tidak semua orang termasuk dalam kategori smartphone atau “dumbphone”, dan KaiOS adalah jawabannya.

Disadur dari HowToGeek.com.