Apa itu Layar Liquid Retina XDR?

Apple menggunakan segala macam nama kepemilikan untuk teknologi standar yang dapat mempersulit untuk membandingkan produk. Salah satu contohnya adalah layar Liquid Retina XDR perusahaan yang terdapat pada model iPad dan Mac terbaru.

Layar Liquid Retina XDR merupakan evolusi dari panel Liquid Retina Apple yang ada. Ini adalah LCD yang menggunakan teknologi IPS (in-plane switching), dengan moniker “Retina” mengacu pada kepadatan piksel tinggi yang membuat hampir tidak mungkin untuk mengidentifikasi piksel individu pada jarak operasi normal.

Yang berbeda dalam model XDR yang lebih baru adalah metode Petir. Sementara layar Liquid Retina standar menggunakan panel LED yang tetap menyala apa pun konten yang ditampilkan di layar, varian XDR menggunakan lebih banyak LED kecil yang dikelompokkan ke dalam zona, dan diredupkan satu per satu.

Ini memungkinkan tampilan Liquid Retina XDR untuk mencapai rasio kontras yang lebih baik dari pendahulunya. Layar XDR juga bisa menjadi lebih terang daripada model lama, yang memungkinkan presentasi video HDR (rentang dinamis tinggi) yang lebih mengesankan. Dengan mematikan kelompok LED, warna gelap dan hitam tampak lebih dalam meningkatkan rasio kontras yang dirasakan.

Juga Dikenal sebagai Layar LED Mini

Layar Liquid Retina XDR pada dasarnya adalah merek Apple untuk apa yang banyak disebut sebagai teknologi mini LED. Layar ini telah meningkatkan rasio kontras dan kecerahan puncak dibandingkan dengan LCD backlit dan edge-lit yang lebih tua tetapi mereka dibangun di atas teknologi dasar yang sama.

Ini sangat kontras dengan OLED, yang menggunakan senyawa organik untuk menghasilkan cahaya tanpa memerlukan lampu latar. Ada beberapa kasus penggunaan yang menarik untuk kedua teknologi, dengan OLED masih rentan terhadap burn-in dan tidak mencapai tingkat kecerahan yang sama dengan panel LCD yang sebanding.

Sebaliknya, panel LCD mungkin menunjukkan ghosting (cahaya yang terlihat di sekitar tepi perangkat yang dapat diredupkan). zona LED) dan rasio kontras yang lebih rendah dibandingkan OLED, sekaligus kebal terhadap burn-in dan jauh lebih terang untuk lingkungan tampilan yang dipenuhi cahaya. OLED versi Apple sendiri dikenal sebagai Super Retina (XDR) dan ditemukan pada model iOS dan iPadOS kelas atas.

Sebatas Istilah Pemasaran Apple

Produk Apple berkualitas tinggi dan disukai banyak orang, tetapi cobalah untuk tidak terlalu memperhatikan persyaratan pemasaran . Jika Anda mencoba membandingkan produk Apple dengan produk lainnya, memotong istilah pemasaran seperti ProMotion dan Super Retina dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Itulah berita seputar Apa itu Layar Liquid Retina XDR?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.