Apa itu Mesin Fotonik iPhone 14?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apple memulai debutnya dengan iPhone 14, fitur fotografi baru yang terdengar mengesankan yang disebut Photonic Engine. Inilah yang dilakukannya dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman iPhone Anda.

Fotografi Komputasi

Jika Anda tertarik dengan fotografi ponsel cerdas, Anda mungkin pernah mendengar istilah fotografi komputasional. Ini pada dasarnya adalah penggunaan algoritme dan perangkat lunak untuk membantu pengambilan foto yang lebih baik melalui kamera kecil ponsel cerdas. Beginilah cara iPhone Anda dapat mengambil gambar fantastis tanpa menjadi sebesar DSLR atau kamera mirrorless.

Mesin Fotonik Apple adalah teknik fotografi komputasi yang mengubah tumpukan pemrosesan gambar iPhone untuk menyempurnakan foto yang diambil pada pertengahan hingga kondisi pencahayaan rendah. Ini membantu iPhone memberikan kesetiaan warna yang lebih baik, lebih detail, dan kecerahan yang lebih tinggi dalam foto.

Menurut Apple, Anda dapat mengharapkan untuk melihat 2x lebih banyak kinerja cahaya sedang hingga rendah dalam foto yang diambil dari berbagai kamera iPhone. Namun, dampaknya bervariasi tergantung pada kamera tertentu. Misalnya, Apple mengatakan kamera ultrawide pada iPhone 14 Pro dan Pro Max akan mengalami peningkatan hingga 3x lipat. Sebaliknya, gambar hanya 2x lebih baik pada penembak ultrawide iPhone 14 atau 14 Plus.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Apple mengatakan Photonic Engine secara dramatis meningkatkan kualitas foto yang diambil dari semua kamera iPhone dengan menggunakan teknologi Deep Fusion sebelumnya dalam proses pencitraan dibandingkan iPhone generasi sebelumnya dan pada foto yang tidak terkompresi. Deep Fusion juga merupakan teknik fotografi komputasi yang diperkenalkan Apple di iOS 13.2 untuk seri iPhone 11. Sejak itu muncul di semua iPhone yang lebih baru, kecuali iPhone generasi kedua SE.

Deep Fusion menggunakan sembilan foto yang diambil dengan tingkat pencahayaan berbeda dan menggabungkannya untuk menghasilkan satu foto terbaik. Selama pemrosesan, teknologi melewati piksel demi piksel untuk jutaan piksel untuk memilih elemen terbaik dari masing-masing dari sembilan foto untuk digunakan dalam foto akhir. Ini membantu iPhone mengurangi noise dan meningkatkan detail.

Sekarang dengan memicu kebaikan Deep Fusion lebih awal di jalur pengambilan gambar, Apple mengklaim dapat mempertahankan tekstur halus, memberikan warna yang lebih baik, dan mempertahankan lebih banyak detail. Jadi, Anda pada dasarnya mendapatkan semua yang diaktifkan Deep Fusion di iPhone generasi sebelumnya dan lainnya.

IPhone mana yang Memiliki Mesin Fotonik?

Photonic Engine hanya tersedia di seri iPhone 14, yang mencakup iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Ini kemungkinan akan tersedia pada model iPhone masa depan dalam bentuk saat ini atau yang ditingkatkan, tetapi sayangnya, itu tidak kompatibel dengan iPhone yang lebih lama. Alasan untuk ini kemungkinan adalah perubahan perangkat keras kamera seri iPhone 14 dari seri iPhone 13. Ada beberapa peninggalan, seperti iPhone 14 yang menggunakan penembak utama yang sama dengan iPhone 13 Pro, tetapi ada beberapa peningkatan elseware.

Tidak seperti Mode Malam dan fitur serupa yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan dengan sakelar di iPhone Anda, Photonic Engine bekerja di latar belakang dan secara otomatis digunakan oleh iPhone ketika dianggap ada membutuhkan. Itu berarti Anda tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Mesin Fotonik secara manual di ponsel Anda. Tetapi jika Anda mengambil foto di lingkungan yang tidak terlalu terang dan tidak cukup gelap untuk Mode Malam, Photonic Engine kemungkinan besar bekerja untuk menyempurnakan foto Anda.

Apakah Anda Masih Mendapatkan Night Mode dan Smart HDR?

Photonic Engine tidak menggantikan Night Mode atau Smart HDR di iPhone. Anda masih dapat secara manual mengaktifkan dua fitur fotografi komputasi ini atau membiarkan iPhone secara otomatis memicunya saat mendeteksi lingkungan dengan cahaya redup atau terang. IPhone Anda akan secara otomatis menilai kecerahan suatu lingkungan dan kemudian menggunakan Mesin Fotonik, Mode Malam, atau Smart HDR.

Meningkatkan Fotografi Cahaya Rendah

Mengambil foto yang bagus dalam kondisi pencahayaan redup memang menantang, terutama untuk kamera ponsel cerdas. Jadi, senang melihat Apple terus berinovasi untuk menyempurnakan foto yang diambil dari iPhone, terutama dalam kondisi pencahayaan yang tidak terlalu ideal.

Photonic Engine hanyalah salah satu dari banyak fitur menarik yang memulai debutnya dengan jajaran iPhone 14; lihat panduan kami tentang apa yang baru di seri iPhone 14 untuk informasi lebih lanjut. Anda juga akan menemukan pengumpulan iPhone terbaik kami membantu jika Anda berencana untuk meningkatkan.

Itulah berita seputar Apa itu Mesin Fotonik iPhone 14?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.