Apa itu OFDMA (Orthogonal Frequency-Division Multiple Access)?

Karena semakin banyak perangkat yang memerlukan koneksi ke internet, standar Wi-Fi kami sebelumnya tidak lagi dapat menangani beban tambahan. Di situlah OFDMA, atau Orthogonal Frequency-Division Multiple Access, masuk. Jadi, apa tepatnya fungsinya, dan apakah Anda membutuhkannya?

Apa yang OFDMA lakukan?

Cara kerja Wi-Fi secara tradisional adalah bahwa setiap pengguna akan bersaing untuk mendapatkan koneksi tunggal atau saluran yang tersedia. Meskipun ini tidak selalu menjadi masalah besar di masa ketika Anda hanya memiliki satu atau dua perangkat yang terhubung, saat ini, hampir semuanya memerlukan beberapa koneksi, dan itu menyebabkan kemacetan. Dengan demikian, cara lama dalam melakukan sesuatu tidak memotongnya lagi.

OFDMA adalah upaya untuk memperbaiki masalah itu, dan Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa itu bahkan digunakan di telekomunikasi 5G dan dilengkapi standar dengan Wi-Fi 6.

Intinya, cara kerjanya adalah mengambil saluran dan membaginya menjadi saluran yang lebih kecil, yang kemudian didistribusikan ke berbagai perangkat yang perlu dihubungkan. Menariknya, OFDMA tidak selalu ada untuk meningkatkan kapasitas sebagian besar koneksi melainkan untuk membuatnya lebih efisien dan mengurangi latensi. Itu penting di tempat dengan selusin perangkat berbeda yang bersaing untuk satu saluran dan sangat bagus untuk penggunaan bandwidth rendah, seperti perangkat rumah pintar.

Apa Perbedaan Antara OFDMA dan MU-MIMO?

Sekarang, Anda mungkin pernah mendengar tentang MU-MIMO , atau Banyak Pengguna, Banyak Masukan, Banyak Keluaran, dan merasa sedikit bingung. Bukankah itu melakukan hal yang sama, memungkinkan lebih dari satu perangkat terhubung ke router dan mengurangi kemacetan? Jadi mengapa kita membutuhkan dua standar yang melakukan hal yang sama?

Sederhananya, OFDMA dan MU-MIMO adalah teknologi pelengkap yang bekerja bersama. MU-MIMO melakukan hal serupa, tetapi daripada membagi satu saluran menjadi saluran yang lebih kecil, MU-MIMO membuat saluran yang berbeda, dicapai dengan memiliki lebih banyak antena.

Untuk menggunakan yang sederhana analogi, OFDMA seperti mengirim beberapa perahu ke satu sungai, dan MU-MIMO seperti membuat sungai yang berbeda, masing-masing dengan perahunya sendiri.

Keduanya memungkinkan Anda untuk mencapai beberapa tempat secara bersamaan, tetapi OFDMA lebih baik untuk perahu kecil yang tidak menyebabkan kemacetan, dan MU-MIMO lebih baik untuk kapal yang lebih besar yang dapat memakan banyak ruang di sungai. Dalam hal ini, MU-MIMO sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas dan melayani aplikasi bandwidth tinggi, seperti streaming film, film, game, dll. OFDMA dibuat untuk banyak perangkat IoT yang tidak memerlukan banyak data (kapal yang lebih kecil), dan MU-MIMO dibuat untuk hal-hal besar seperti Desktop dan TV yang memang membutuhkan banyak data (kapal yang lebih besar).

Apa  Saya Membutuhkan OFDMA?

Jika Anda memiliki banyak perangkat yang menggunakan data dalam jumlah kecil, seperti sakelar pintar, lampu pintar, atau peralatan pintar, maka ya, OFDMA sangat berguna untuk dimiliki.

Untungnya, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Wi- Fi 6 sudah dilengkapi dengan OFDMA sebagai standar, jadi jika Anda memiliki router yang mendukung Wi-Fi 6, maka Anda sudah memilikinya! Di sisi lain, jika Anda ingin memutakhirkan router Anda untuk mendapatkan akses ke OFDMA, Anda mungkin ingin membeli router dengan Wi-Fi 6E, yang memberikan akses ke pita 6Ghz dan membantu mengurangi kemacetan secara keseluruhan. jika Anda tidak memiliki akses cepat atau hemat anggaran ke Wi-Fi 6E, Wi-Fi 6 masih sangat baik, jadi jangan khawatir kehilangan apa pun.

Itulah berita seputar Apa itu OFDMA (Orthogonal Frequency-Division Multiple Access)?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.