Apa Itu PCIe 5.0, dan Mengapa Itu Penting?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Dengan dirilisnya CPU Intel Alder Lake, dan peluncuran 7000 Ryzen CPU AMD, perangkat keras PCIe 5.0 akhirnya menjadi kenyataan. Tapi apa itu PCIe 5.0, dan apakah Anda harus buru-buru membeli motherboard PCIe 5.0?

Apa itu PCIe?

PCIe adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect Express. PCIe adalah standar yang memungkinkan perangkat periferal untuk dipasang ke motherboard dan berkomunikasi dengan unit pemrosesan pusat (CPU). Standar PCIe telah diterbitkan oleh PCI Special Interest Group (PCI-SIG) sejak tahun 2003 dengan pengumuman standar PCIe pertama.

Standar PCIe pada awalnya dikembangkan untuk menggantikan sejumlah standar lama, seperti PCI, PCI-X, dan APG. Itu harus memiliki kinerja yang hebat, dan harus serbaguna dan kompak. PCI-SIG juga telah memilih untuk membuat standar PCIe sekompatibel mungkin.

Itu berarti bahwa Anda dapat mengharapkan perangkat PCIe 2.0 dari tahun 2008 untuk bekerja dengan motherboard yang memiliki slot PCIe 5.0 di dalamnya. Itu adalah berita bagus jika Anda memiliki periferal lama yang tidak memiliki padanan modern atau masih memenuhi kebutuhan Anda. Apakah driver yang ditulis untuk Windows XP atau Vista akan berfungsi pada Windows 10 atau 11 adalah masalah lain sepenuhnya.

Untuk Apa PCIe Digunakan?

Antarmuka PCIe biasanya digunakan untuk menghubungkan periferal berkinerja tinggi ke komputer Anda. Contoh paling umum adalah unit pemrosesan grafis (GPU) karena game modern, aplikasi ilmiah, teknik, dan pembelajaran mesin melibatkan pemrosesan data dalam jumlah besar.

GPU bukan satu-satunya hal yang dapat Anda colokkan ke konektor PCIe: Kartu adaptor jaringan , kartu suara, adaptor PCIe M.2, kartu ekspansi USB, kartu ekspansi SATA, dan perangkat lain yang tak terhitung jumlahnya semuanya dapat menggunakan antarmuka PCIe. Jika sesuatu dicolokkan ke bagian dalam komputer Anda dan itu bukan RAM atau hard drive, hampir pasti menggunakan PCIe.

Jelas, tidak semua perangkat ini berukuran sama, juga tidak memiliki persyaratan bandwidth yang sama. Untuk menjelaskannya, ada beberapa varian konektor PCIe fisik.

Apa itu Jalur PCIe, dan Apa Arti x1, x4, x8, dan x16?

Anda akan mendengar antarmuka PCIe fisik pada motherboard Anda yang disebut sebagai slot PCIe, konektor, atau port.

Port tersebut biasanya diurutkan menurut berapa banyak jalur yang tersedia, dan jumlah jalur menentukan total bandwidth yang didukung port. Standar PCIe 5.0 panggilan untuk kecepatan transfer 8 gigabyte per detik (GB/s) per jalur.

Catatan: Total bandwidth jalur dibagi antara mengirim dan menerima data. Jadi satu jalur dengan bandwidth 8 GB/dtk dapat mengirim 4 GB/dtk dan menerima 4 GB/dtk secara bersamaan.

Ketika Anda melihat sesuatu seperti “PCIe 5.0 x1” tertulis pada suatu produk, ini memberi tahu Anda bahwa produk tersebut menggunakan PCIe 5.0 , dan memiliki satu jalur PCIe yang tersedia. Ketika Anda melihat “PCIe 5.0 x16”, ini memberi tahu Anda bahwa ada 16 dari total jalur PCIe 5.0 yang tersedia, sesuai dengan total bandwidth 128 GB/s.

Biasanya, port PCIe x1, x4, x8, dan x16 memiliki ukuran yang berbeda, dengan PCIe x16 menjadi yang terbesar dan PCIe x1 menjadi yang terkecil.

ASUS

Hardware yang dihubungkan ke port tersebut berukuran sesuai. Periferal yang paling menuntut, seperti GPU, dirancang untuk menggunakan port x16 penuh, sedangkan hal-hal seperti kartu suara biasanya menggunakan port x1 atau x4.

Kartu berukuran berbeda mendukung jalur PCI Express maksimum yang berbeda. Amazon

Sangat umum untuk melihat port PCIe x1, x4, dan x16 pada motherboard konsumen biasa. Biasanya motherboard yang memiliki port x8 akan menggunakan port yang memiliki ukuran fisik yang sama dengan koneksi x16, tetapi bandwidth akan dibatasi pada kecepatan port x8. Penting untuk dicatat bahwa konektor PCIe yang lebih kecil selalu dapat masuk ke port yang lebih besar — ​​jika Anda memiliki kartu antarmuka jaringan yang menggunakan port PCIe x4, Anda dapat menyambungkannya ke port PCIe x8 atau PCIe x16.

RELATEDApa Itu Ekspansi M.2 Slot, dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Selain port PCIe biasa, ada satu hal yang perlu diperhatikan: slot M.2. Port M.2 adalah standar untuk NVMe solid-state drive (SSD) berkecepatan tinggi. M.2 tidak kompatibel secara fisik dengan port PCIe standar, tetapi menggunakan koneksi PCIe x4.

Apa Perbedaan Tentang PCIe 5.0?

Fitur paling penting tentang PCIe 5.0 — dan yang akan diperhatikan semua orang — adalah kecepatan. PCIe 5.0 dua kali lebih cepat PCIe 4.0.

x1 Bandwidth Searah Maksimalx16 Bandwidth Searah Maks.Bandwidth Dua Arah MaksimumPCIe 1.0250 MB/s4GB/s8 GB/sPCIe 2.0500 MB/s8 GB/s16 GB/sPCIe 3.01 GB/s16 GB/s32 GB/sPCIe 4.02 GB/ s32 GB/s64 GB/sPCIe 5.04 GB/s64 GB/s128 GB/s

Drive M.2 NVMe berkecepatan tinggi menggunakan koneksi PCIe x4. Itu berarti drive NVMe yang mendukung kecepatan PCIe 5.0 memiliki kecepatan baca dan tulis mendekati 16 GB/dtk. Untuk konteksnya, SSD SATA biasa mencapai sekitar 550 megabita per detik (MB/dtk). Drive PCIe 5.0 NVMe — saat tiba — menjanjikan kecepatan sekitar 30x lebih cepat. Waktu pemuatan akan menjadi sesuatu dari masa lalu.

Hampir semua orang mendapatkan sesuatu dari iterasi terbaru dari standar PCIe, tetapi orang dan organisasi yang berurusan dengan “Big Data” mungkin akan menjadi penerima manfaat yang paling bahagia. Pusat data yang menjalankan layanan seperti Facebook, Google, dan layanan besar lainnya menangani jumlah data yang tak terbayangkan, dan mereka akan dapat memeras setiap kinerja terakhir dari antarmuka PCIe 5.0. Aplikasi ilmiah dan rekayasa tentu akan mendapat manfaat dari peningkatan bandwidth juga.

TERKAIT:PCIe 6.0: Apa yang Baru, dan Kapan Anda Bisa Mendapatkannya?

Apa Arti PCIe 5.0 Bagi Konsumen?

Pada saat penulisan, Agustus 2022, tidak banyak .

Ada beberapa perangkat berharga PCIe 5.0 yang tersedia saat ini, dan tidak ada satupun yang ditujukan untuk konsumen biasa atau bahkan penggemar. NVIDIA diharapkan untuk tetap menggunakan PCIe 4.0 untuk GPU seri RTX 4000 yang sangat dinanti-nantikan, dan tidak jelas apakah GPU seri Radeon RX 7000 AMD akan mengimplementasikan antarmuka PCIe 5.0 juga. Tidak ada solid-state drive konsumen yang dirancang dengan standar PCIe 5.0 yang tersedia. Hanya ada beberapa opsi perusahaan, seperti Samsung PM1743.

Ke depan, yang pasti akan berubah — bahkan jika AMD seri Radeon RX 7000 dan GPU seri RTX 4000 NVIDIA tidak menggunakan PCIe 5.0, apa pun yang berhasil mereka pasti akan melakukannya. Solid-state drive konsumen yang mengimplementasikan PCIe 5.0 telah terlihat, jadi mungkin tidak jauh.

Apakah ketersediaan perangkat PCIe 5.0 yang akan datang berarti Anda harus bergegas keluar dan membeli CPU Alder Lake, Raptor Lake, atau Zen 4 baru dan motherboard yang sesuai hanya untuk kompatibilitas PCIe 5.0? Itu tergantung — jika Anda bersedia membayar mahal untuk menjadi pengadopsi awal perangkat keras PCIe 5.0 dan Anda benar-benar dapat menggunakannya, maka PCIe 5.0 akan menjadi lompatan kinerja yang disambut baik. Jika Anda tetap akan melakukan upgrade, maka pasti tidak ada salahnya mendapatkan sesuatu dengan PCIe 5.0 yang disertakan.

Namun, perangkat PCIe 5.0 mungkin tidak akan menjadi norma selama beberapa tahun lagi, pada saat itu Intel dan AMD akan kemungkinan telah merilis CPU generasi baru yang lebih cepat. Jika Anda tidak ingin mendapatkan yang terbaru dan terbaik—atau tidak memerlukan peningkatan—sebaiknya Anda menyisihkan uang dan menunggu sampai ada lebih banyak perangkat PCIe 5.0 di pasar.

Sementara itu , standar PCIe 6.0 telah ditentukan. Di dunia perangkat keras PC, selalu ada sesuatu yang lebih baru dan lebih baik di cakrawala.

SSD Terbaik untuk Gaming pada tahun 2022 SSD Terbaik untuk Gaming Secara KeseluruhanSamsung 980 ProAmazon$129,99 $209.99 Hemat 38%

SSD Anggaran Terbaik untuk GamingCrucial P5Amazon$79,99

SSD M.2 Terbaik untuk GamingXPG GAMMIX S70Amazon$109.99 $129.99 Hemat 15%

SSD PCIe 4.0 Terbaik untuk GamingCorsair MP600 PRO XTAmazon$145.71 $209.99 Hemat 31%

SSD Terbaik untuk PS5WD_BLACK SN850Amazon$138.80 $229,99 Hemat 40%

SSD Eksternal Terbaik untuk GamingWD_BLACK P50$249.99n Game DriveAmazon

Itulah berita seputar Apa Itu PCIe 5.0, dan Mengapa Itu Penting?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.