Apa itu Sertifikasi “Intel Evo”?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Laptop IntelA dengan branding “Intel Evo” telah memenuhi proses sertifikasi Intel Evo. Persyaratan termasuk CPU Intel, masa pakai baterai minimal 9 jam, bangun dari mode tidur dalam waktu kurang dari satu detik, mengisi daya melalui USB-C. Platform Evo Intel juga memerlukan fitur perangkat keras seperti Thunderbolt 4, Wi-Fi 6E, dan kamera FHD. Jika Anda ingin membeli laptop baru, Anda mungkin pernah melihat stiker di beberapa laptop yang mengatakan Anda mendapatkan CPU Intel “Evo” i5 atau i7 bukan CPU Intel Core. Apa itu platform Intel Evo? Kami akan menjelaskan.

Apa Itu Intel Evo?

Merek Evo Intel pada dasarnya bertindak sebagai sertifikasi untuk memastikan laptop Intel, yang dilengkapi dengan CPU Intel terbaru, bekerja sesuai dengan serangkaian standar yang diamanatkan oleh Intel. Perusahaan menyebutnya “platform”. Jika Anda melihat laptop dengan stiker Evo, itu berarti laptop tersebut memenuhi sejumlah persyaratan minimum selain ditenagai oleh CPU Intel. PC Surface Microsoft terbaru bersertifikat Intel Evo. Microsoft

Persyaratan berubah dengan setiap generasi CPU Intel. Jika Anda melihat stiker Evo di komputer 2022, Anda dapat mengharapkan laptop tersebut memenuhi kriteria berikut, karena Intel akan memberikan PC sertifikasi tersebut setelah memeriksa area berikut:

Ini responsif secara konsisten saat tidak dicolokkan Baterai dapat mencapai 9 jam hidup atau lebih lama dengan tampilan FHD (1080p) Dapat bangun kembali dari mode tidur dalam waktu kurang dari satu detik Anda bisa mendapatkan setidaknya 4 jam masa pakai baterai dari pengisian daya selama 30 menit Dapat mengisi daya melalui USB-CI Mendukung Thunderbolt 4 dan Wi- Fi 6EMendukung peredam bising latar belakang dinamisMemiliki kamera FHDTERKAITApa Perbedaan Antara CPU Intel Core i3, i5, i7, dan X?

Ada sejumlah persyaratan lain, tetapi itu adalah persyaratan paling penting yang harus diperhatikan pengguna. Itu tidak berarti bahwa laptop Intel tanpa sertifikasi Evo tidak akan memiliki hal-hal yang kami sebutkan di atas, tetapi sertifikasi menjamin hal itu, setidaknya, minimal. Sertifikasi Evo pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dengan Intel generasi ke-11 barisan chip. Sejak saat itu, Chromebook dan laptop Windows telah menerima sertifikasi, termasuk laptop dari berbagai merek, termasuk HP, Lenovo, dan ASUS. Persyaratan Evo Intel dapat berbeda tergantung pada kebutuhan spesifik PC Anda. Pertama, jika itu adalah CPU kelas-H yang dirancang untuk kinerja yang lebih tinggi, sertifikasi Intel Evo mungkin mengharuskan PC dilengkapi dengan GPU Intel Arc terpisah.

Haruskah Anda Mendapatkan Laptop Intel Evo?

Memiliki sertifikasi Intel Evo tentu merupakan hal yang baik, dan itu memastikan PC akan memenuhi janji-janji tertentu. Banyak laptop terbaik saat ini hadir dengan sertifikasi ini asalkan ditenagai oleh chip Intel. Beberapa model bersertifikasi Evo yang dikenal termasuk Microsoft Surface PC baru, jajaran Dell XPS, dan beberapa model HP Spectre dan Envy. Namun, itu tidak mutlak harus dimiliki saat Anda berbelanja laptop.

Laptop Intel Evo tidak akan murah — banyak model mulai dari $1.000, dan meskipun Anda dapat menemukannya dengan harga lebih murah, itu tidak akan menjadi cobaan yang mudah. Anda masih bisa mendapatkan laptop luar biasa yang lebih murah dan tidak memiliki Intel Evo. Dan banyak kategori, termasuk kebanyakan laptop gaming, tidak memenuhi syarat untuk sertifikasi ini. Banyak pabrikan juga tidak mau repot mendapatkan sertifikasi untuk banyak laptop bagus. Paling buruk, kurangnya sertifikasi Evo hanya berarti laptop akan sedikit lebih lambat, atau daya tahan baterainya sedikit lebih buruk. Dan meskipun demikian, sebagian besar info tersebut akan dicantumkan pada lembar spesifikasi laptop tersebut. Nbsp

Mungkin merupakan hal yang baik untuk diperhatikan jika Anda ingin membeli laptop yang seimbang untuk bekerja saat bepergian atau melakukan hal-hal yang lebih santai, tetapi itu seharusnya tidak menjadi satu-satunya faktor penentu Anda dengan cara apa pun — dan dalam beberapa kasus, itu seharusnya tidak menjadi faktor penentu sama sekali. Itu bagus untuk dimiliki, tetapi itu tidak harus dimiliki, dan pengalaman Anda tidak akan berubah secara radikal karena Anda tidak memilikinya.

Disadur dari HowToGeek.com.