Apa itu Starlink Internet, dan Haruskah Anda Menggunakannya?

Starlink

Jika Anda tinggal di daerah pedesaan atau terpencil dengan konektivitas internet yang tidak dapat diandalkan atau tidak ada, Starlink sering disebut-sebut sebagai solusi untuk semua masalah broadband Anda. Tapi apa itu, dan apakah itu masuk akal bagi Anda?

Serving the Underserved

Starlink adalah penyedia internet satelit yang merupakan bagian dari SpaceX, produsen roket. Menawarkan konektivitas broadband berkecepatan tinggi. Meskipun dimulai dengan menyediakan akses internet kepada orang-orang di Amerika Serikat, perusahaan tersebut telah memperluas ketersediaannya ke lebih dari selusin pasar di seluruh dunia. Seiring waktu, Starlink berharap dapat menawarkan layanannya ke seluruh dunia.

RELATEDApa itu Internet Satelit?

Perusahaan ini terutama menargetkan konsumen yang tinggal di daerah terpencil atau terpencil. Tapi akhirnya bisa hadir di pusat kota juga.

Bagaimana Cara Kerja Starlink Internet?
Starlink

Layanan internet satelit telah ada selama bertahun-tahun. Anda mungkin pernah mendengar tentang HughesNet atau Viasat. Semua penyedia internet satelit pada dasarnya beroperasi dengan cara yang sama untuk menghadirkan konektivitas internet kepada Anda. Biasanya, satelit, stasiun bumi, dan parabola terlibat. Saat Anda mencoba mengakses situs web, permintaan dari komputer Anda dikirim dari router ke parabola Anda, yang kemudian mengirimkannya ke satelit. Satelit meneruskan permintaan tersebut ke stasiun bumi yang menempatkan server situs web, mengambil data yang relevan, dan mengirimkannya kembali ke satelit, yang mengirimkannya kepada Anda melalui antena parabola dan router Anda.

Meskipun ini tampak seperti proses yang sangat panjang, itu tidak jauh berbeda dari cara kerja internet kabel Anda. Hanya rute dan medianya saja yang berbeda, prinsip kerjanya tetap sama.

RELATEDBagaimana Internet Bekerja?

Namun, yang membedakan Starlink Internet dengan provider internet satelit yang ada adalah orbit satelitnya. Orang-orang seperti HughesNet dan Viasat menggunakan satelit di orbit geostasioner, biasanya sekitar 35.000 km dari Anda. Satelit-satelit ini memiliki jangkauan yang luas, tetapi konektivitas internetnya lambat dan latensinya tinggi. Di sisi lain, Starlink menggunakan konstelasi satelit orbit bumi rendah (LEO) pada jarak sekitar 550 km. Satelit ini memiliki cakupan area yang relatif lebih kecil. Tetapi karena mereka hadir di orbit rendah, waktu perjalanan data ke dan dari pengguna jauh lebih rendah daripada layanan internet satelit biasa. Akibatnya, latency jauh lebih rendah. Starlink juga menawarkan kecepatan internet yang lebih cepat daripada ISP satelit lainnya.

Pada April 2022, Starlink telah meluncurkan lebih dari 2.000 satelit. Namun perusahaan akhirnya berharap untuk memiliki sebanyak 42.000 satelit di orbit bumi, mengantarkan internet ke seluruh penjuru dunia.

Siapa yang Harus Mendapatkan Starlink Internet?
Starlink

Starlink Internet ditujukan untuk orang-orang yang tinggal di daerah di mana konektivitas internet rendah, terbatas, atau tidak -ada. Jika Anda membutuhkan internet berkecepatan tinggi dan bersedia membayar mahal untuk itu, Starlink dapat menjadi pilihan yang baik. Karena tidak memerlukan infrastruktur berbasis darat, Anda dapat menggunakannya hampir di mana saja. Ini memberi Anda tingkat kebebasan dan fleksibilitas, yang tidak mungkin dilakukan dengan jenis layanan internet lainnya. Yang mengatakan, perusahaan menjamin layanan hanya di alamat terdaftar Anda untuk saat ini. Jadi, Anda tidak bisa begitu saja mengambil perlengkapan Anda dan pindah ke kota atau negara bagian lain. Namun, dukungan roaming ada di kartu dan mungkin tiba di masa mendatang.

RELATEDCara Menemukan ISP Tercepat di Wilayah AndabspNamun, karena ini masih awal bagi perusahaan dan Starlink masih membangun konstelasi satelitnya, masalah pemadaman dan cakupan menjadi masalah . Sekilas tentang Down Detector, layanan yang melacak gangguan jaringan dan situs web, menunjukkan konektivitas terputus-putus dan pemadaman layanan biasa terjadi. Masalah ini akan berkurang karena Starlink menambahkan lebih banyak satelit ke konstelasinya. Tapi itu bisa memakan waktu bertahun-tahun, mengingat perusahaan, pada awal 2022, hanya meluncurkan sekitar 100-150 satelit per bulan.

Advertisement

Jadi, jika Anda memiliki akses ke penyedia broadband yang layak, lebih baik tetap menggunakannya sampai Starlink matang. Tetapi jika Anda tidak punya pilihan lain, Starlink akan membuat Anda terhubung, meskipun Anda mungkin harus menghadapi beberapa kesulitannya.

Seberapa Cepat Starlink Internet, dan Apa yang Dapat Anda Lakukan?
Ookla

Starlink mengatakan pelanggannya dapat mengharapkan kecepatan unduh antara 100Mbps dan 200Mbps dan latensi sekitar 20 ms di sebagian besar lokasi yang dilayani, yang cukup untuk kebutuhan pengguna biasa, termasuk streaming, bermain game online, konferensi video, dan penelusuran web umum. janji. Menurut data yang dibagikan oleh Ookla, layanan pelacakan kecepatan internet, kecepatan unduh rata-rata Starlink adalah 105Mbps pada Q4 2021, sedangkan kecepatan unggah adalah 13,5Mbps, dan latensi adalah 40ms. Itu masih belum cukup kecepatan rata-rata penyedia broadband “tetap” Anda, tetapi ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan penyedia internet satelit lainnya.

TERKAIT: Masalah Internet? Inilah Cara Mengetahui Apakah Ini Kesalahan ISP AndaBerapa Banyak Yang Harus Anda Bayar Untuk Ini?

Biaya Internet Starlink bervariasi dari satu negara ke negara lain. Tetapi jika Anda tinggal di Amerika Serikat, Anda harus mengeluarkan $599 untuk Starlink Kit, tidak termasuk pajak dan pengiriman, dan $110 per bulan untuk layanan. Namun, kit ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mengaktifkan dan menjalankan internet.

Karena perusahaan tidak menawarkan layanan instalasi, tergantung pada seberapa praktis Anda, Anda mungkin juga harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memasang antena piringan di tempat yang sesuai. lokasi di atap Anda.

TERKAIT:Apa Itu Fiber Internet (Dan Apa Perbedaannya)?

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Anda dapat memesan layanan Starlink Internet di situs web perusahaan. Anda harus memasukkan alamat layanan, tempat Anda akan menggunakan internet, dan jika lokasi dapat digunakan dan tidak sepenuhnya dipesan, Anda dapat memasukkan detail Anda dan memesan Starlink.

Advertisement

Namun, jika jumlah slot terbatas tersedia di lokasi Anda sudah terisi, Anda mungkin harus menunggu berbulan-bulan sebelum mendapatkannya. Sementara itu, Anda memiliki opsi untuk memesan Starlink di muka dengan membayar biaya pemesanan dan mendapatkan tempat dalam antrean.

Pada November 2021, lebih dari 750.000 orang yang terdaftar untuk Starlink Internet sedang menunggu untuk mendapatkan akses ke layanan.

What Is Starlink Business?
Starlink

Sebelumnya disebut Starlink Premium, Starlink Business adalah tingkat layanan yang ditargetkan untuk bisnis kecil. Ia berharap dapat memenuhi kebutuhan bisnis kecil dengan menawarkan konektivitas internet yang lebih cepat daripada paket reguler. Pengguna paket bisnis dapat mengharapkan kecepatan internet dalam kisaran 150Mbps hingga 500Mbps.

RELATEDHaruskah Anda Membayar Lebih Untuk Koneksi Internet yang Lebih Cepat?

Seperti yang dapat Anda harapkan, paket bisnis secara signifikan lebih mahal daripada paket reguler. Paket Starlink untuk paket bisnis berharga $2.500 di Amerika Serikat, dan layanan bulanannya adalah $500.

Salah satu alasan paket bisnis begitu mahal adalah hidangannya yang berbeda dari yang didapat pengguna paket reguler. Piring ini memiliki susunan pemindaian yang lebih besar untuk mendukung kecepatan internet yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik jika terjadi gangguan kecil.

Opsi Menjanjikan

Sementara Starlink masih harus menempuh jalan panjang, penyedia internet satelit telah menunjukkan potensi besar. Orang-orang di pedesaan dan daerah terpencil dapat mengharapkan konektivitas berkecepatan tinggi untuk pertama kalinya. Popularitas Starlink juga akan mendorong perusahaan lain untuk membangun layanan serupa, dan kami telah melihat beberapa tindakan dari Project Kuiper, OneWeb, dan bahkan Boeing dari Amazon. Starlink juga diharapkan akan memaksa penyedia internet satelit yang ada untuk meningkatkan layanan mereka.

Itulah berita seputar Apa itu Starlink Internet, dan Haruskah Anda Menggunakannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.