Apa itu Venmo Scam di Facebook Marketplace?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pencurian
Identity merajalela di pasar online, dan Facebook Marketplace tidak terkecuali. Scammers mengambil alih akun pengguna yang sah untuk menambahkan keaslian scam mereka.

Membayar dengan layanan transaksi instan adalah metode pembayaran termudah. Ada banyak layanan transfer uang peer-to-peer terkenal seperti Venmo yang digunakan di Facebook Marketplace. Tetapi mereka membawa beberapa potensi bahaya bagi penggunanya.

Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang penipuan Venmo yang paling umum dan cara mencegahnya.

Apakah Aman Menggunakan Venmo di Marketplace Facebook?

“Pembeli” di Marketplace Facebook meminta untuk membayar menggunakan Venmo. Jika penjual setuju, pembayaran dilakukan dalam beberapa kali angsuran dengan biaya kurang dari $100. Tentu saja, penjual tidak akan mencurigai pembeli begitu uang mulai masuk.

Tetapi karena transaksi ini tidak dapat diubah, transaksi ini ideal untuk berbagai penipuan. Jika Anda menjual sesuatu di Facebook Marketplace, waspadalah terhadap kemungkinan scammer yang menyamar sebagai pembeli yang tertarik. Untuk menghindari menjadi korban praktik jahat yang sama, Anda perlu mengedukasi diri sendiri tentang trik yang digunakan di Venmo.

Menjual Sesuatu ke Orang Asing yang Lengkap

Selalu periksa kembali kepada siapa Anda menjual di Venmo. Penipu mungkin meminta Anda untuk menyediakan barang atau jasa tanpa melakukan pembayaran yang sah. Mereka mungkin mengirimi Anda tangkapan layar email palsu atau menggunakan informasi rekening bank atau kartu kredit curian. Mereka juga dapat mengklaim telah mengirimi Anda pembayaran yang tidak akan masuk ke akun Venmo Anda sampai Anda mengirim item dan memposting instruksi pengiriman. jumlah yang lebih besar dari harga akhir transaksi. Misalnya, mereka mengirimi Anda $250 meskipun barang yang Anda jual hanya berharga $200. Penipu mengklaim bahwa ini adalah kesalahan atau uang itu untuk pengiriman. Mereka kemudian akan mencoba meyakinkan penjual untuk menggunakan Venmo untuk mengembalikan kelebihan pembayaran ini. Jika penjual menyukainya, mereka akan mengirim uang kepada penipu, hanya untuk mendapatkan cek pertama yang terpental.

A Peningkatan Akun Bisnis

Saat membeli sesuatu dari Anda, penipu dapat meminta pembayaran melalui Venmo. Setelah mendapatkan alamat email Anda, mereka akan mengirimi Anda balasan palsu, meniru platform pembayaran.

Email tersebut memberi tahu penerima bahwa pembeli menggunakan akun bisnis untuk mengirim pembayaran. Oleh karena itu, pembeli harus membayar biaya tambahan untuk menerima pembayaran. Mereka kemudian meminta Anda meningkatkan akun Anda dan membayar kembali kepada pelanggan untuk biaya peningkatan yang dituduhkan. Tentu saja, Anda termotivasi untuk menyelesaikan ini sesegera mungkin untuk menerima pembayaran yang akan datang.

Selain itu, email penipuan akan menekan penjual untuk segera mengirim uang. Banyak orang membuat kesalahan dengan tidak memverifikasi keaslian email.

Ketika penjual mengembalikan kelebihan dana, mereka menyadari bahwa scammer tidak pernah mengirim uang. Sayangnya, penipu telah menghilang pada saat itu.

Cara Menghindari Penipuan Venmo

Ada berbagai cara Anda dapat menghindari penipuan di Venmo:
Jangan pernah mempercayai seseorang yang bersedia membayar Anda lebih tinggi. Pembeli yang menawarkan lebih dari harga yang Anda minta harus menjadi perhatian kecuali barang Anda langka dan laris. Jika seseorang mengirimi Anda lebih banyak uang daripada yang Anda minta, anggap itu sebagai tanda peringatan. Periksa kembali alamat email. Verifikasi alamat email jika Anda yakin telah menerima pesan dari Venmo atau aplikasi pembayaran lainnya. Penipu menggunakan alamat email palsu yang mirip dengan alamat email resmi. Pelajari syarat dan ketentuan aplikasi pembayaran sebelum menggunakannya. Jika seseorang mengatakan Anda memerlukan akun bisnis untuk menerima pembayaran, Anda dapat mengonfirmasinya dengan mengunjungi situs web resmi aplikasi atau menghubungi layanan pelanggan. Untuk menipu korbannya, penipu sering kali membuat polis asuransi palsu. Beri tahu Facebook Marketplace tentang penipuan. Laporkan penjual yang mencoba melakukan penipuan. Laporan Anda dapat berfungsi sebagai perlindungan bagi penjual lain yang mudah tertipu. Batasi transaksi Anda pada orang yang Anda kenal dan percayai. Selalu periksa kembali profil seseorang atau hubungi mereka untuk mengetahui apakah permintaan aneh yang Anda terima dari seseorang itu sah. Jangan mengeklik tautan di email atau teks yang Anda terima secara tiba-tiba. Tautan ini biasanya penipuan. Jangan pernah memasukkan detail login Venmo Anda di mana pun selain di Venmo.com dan aplikasi Venmo. Anda mungkin akhirnya mengetikkan informasi login Anda ke dalam aplikasi pihak ketiga yang akan mencuri informasi pribadi Anda. Jangan bagikan informasi akun Venmo di media sosial, kecuali untuk akun resmi Venmo.
Tanya Jawab Tambahan
Anda telah ditipu: Sekarang apa?

• Jika Anda yakin Anda adalah korban penipuan Venmo, Anda harus segera memberi tahu Dukungan Keamanan Venmo. Berhenti berkomunikasi dengan scammer.

• Jika Anda mengalami kerugian finansial, Anda harus memberi tahu Federal Trade Commission (FTC) dan Pusat Pengaduan Kejahatan Internet (IC3).

• Anda perlu mengubah kata sandi untuk akun Venmo Anda.

• Anda juga harus mengambil tindakan pencegahan untuk mengamankan akun Anda yang lain. Pilih kata sandi khusus dengan 12 karakter atau lebih. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Simpan semua kata sandi Anda di pengelola kata sandi.

• Investasikan pada ponsel yang aman untuk menghindari masalah keamanan di masa mendatang.
Dapatkah saya mendapatkan uang saya kembali?

Jika Anda menjadi korban penipuan, Anda pasti ingin mendapatkan uang Anda kembali sesegera mungkin . Sayangnya, tidak mungkin untuk membatalkan pembayaran yang dilakukan ke akun Venmo yang ada, baik bagian dari penipuan atau bukan. Praktik yang biasa dilakukan adalah mengirim permintaan pengembalian ke rekening yang Anda kirimi uang, lalu menunggu mereka mengembalikan uang Anda. Dukungan Venmo hanya dapat membatalkan pembayaran jika penerima setuju, jika akun mereka bereputasi baik, dan jika uang masih tersedia. Pembayaran tidak dapat dibatalkan oleh Dukungan Venmo atas permintaan pengirim.

Stay Safe dan Aware

Venmo memungkinkan teman dan keluarga untuk saling mengirim uang. Akunnya tidak dimaksudkan untuk menjadi solusi pembayaran online bisnis kecil. Tapi Anda tetap bisa bersenang-senang berbelanja di Facebook Marketplace dengan layanan pembayaran praktis yang ditawarkan oleh Venmo. Itu, tentu saja, dengan asumsi Anda mengetahui trik yang digunakan scammers untuk menipu Anda. Sebelum membuat keputusan yang tidak dapat diubah untuk mengirim uang ke calon penipu, tanyakan kepada bank Anda atau aplikasi Venmo.

Apakah Anda yakin telah menjadi korban penipuan Marketplace Facebook? Apa yang Anda lakukan tentang hal itu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.