Apa itu Versi File, dan Apakah Anda Membutuhkannya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Marie C Fields/Shutterstock.comVersi file memungkinkan Anda memutar kembali file ke titik waktu sebelumnya, bahkan jika Anda telah menyimpannya. Pembuatan versi tersedia di banyak aplikasi sebagai fitur otomatis bawaan dan sebagai bagian dari solusi pencadangan macOS dan Windows asli. Pembuatan versi file

dapat menjadi penyelamat jika Anda membuat perubahan pada file penting yang nantinya akan Anda sesali. Fitur ini tidak didukung di setiap aplikasi atau layanan bawaan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di Windows dan Mac untuk melindungi file Anda.

Apa Itu Versi File?

Versi file mengacu pada pemisahan iterasi berbeda dari file yang sama berdasarkan versi. Misalnya, Anda sedang mengerjakan dokumen teks penting dan Anda membuat beberapa perubahan dan menimpa file tersebut. Pembuatan versi file memungkinkan Anda memutar kembali dokumen Anda ke versi “barang terakhir” sebelum Anda membuat kesalahan dengan menimpa file.

Versi ini berfungsi seperti pos pemeriksaan, bookmark, atau pencadangan tepat waktu. Perangkat lunak dan layanan yang berbeda memiliki nama yang berbeda untuk itu, tetapi pembuatan versi secara efektif bekerja sama di seluruh papan dengan memungkinkan Anda untuk memanggil kembali versi file sebelumnya ke titik waktu sebelum Anda membuat perubahan (sekarang tidak diinginkan).

Beberapa sistem cadangan file memasukkan file pembuatan versi, dengan menyimpan versi baru file dengan cara yang memungkinkan Anda memutar kembali ke versi sebelumnya. Pembuatan versi file sering kali disertakan dalam perangkat lunak yang Anda gunakan secara langsung, baik itu pengolah kata, aplikasi pencatat, alat pengembangan perangkat lunak, atau layanan pencadangan online. Apakah Ada Kelemahan dari Pembuatan Versi File? kerugian dalam banyak kasus. Istilah “versi file” umumnya muncul dalam aplikasi profesional, seperti perangkat lunak atau pengembangan web, atau sebagai bagian dari sistem internal perusahaan untuk mengamankan data. Ini adalah prasyarat di banyak industri.

Dalam konteks teknologi konsumen (dan bagi kebanyakan orang yang membaca artikel ini sekarang), istilah tersebut hanya berlaku untuk file dan data pribadi. Fitur ini diaktifkan, sebagai standar, di banyak solusi kantor rumahan seperti Microsoft 365 atau Google Drive. Biaya untuk menyimpan banyak salinan dari file semacam itu sangat kecil. Solusi pencadangan file seperti Time Machine untuk Mac dan Riwayat File untuk Windows menerapkan fitur ini secara lebih luas ke semua yang ada di drive komputer Anda. Dalam implementasi ini, pembuatan versi file dapat menghabiskan lebih banyak ruang. Jika Anda sering bekerja pada file besar seperti proyek Photoshop (file PSD), model 3D, penyimpanan data yang besar, dan sebagainya.

Hal ini belum tentu benar jika berkaitan dengan proyek video (karena media sumber seperti file video besar adalah belum tentu diubah) atau foto RAW (dengan banyak editor foto membuat file referensi yang lebih kecil untuk “mengembangkan” gambar RAW). Jika Anda mencadangkan semua yang ada di drive Anda, Anda mungkin menemukan fitur ini membosankan ketika datang ke aplikasi Steam atau pembaruan aplikasi serupa lainnya.

Versi File dengan Riwayat File di Windows

Windows telah memiliki alat yang disebut Riwayat File sejak Windows 8 yang berfungsi sebagai solusi pencadangan yang lengkap. Anda akan menemukan opsi ini di bawah “Riwayat File” di Panel Kontrol di Windows 10 dan 11. Opsi ini berfungsi dengan membuat cadangan offline file Anda di drive eksternal, dengan opsi untuk mengecualikan folder dan frekuensi pencadangan. drive cadangan Anda terhubung, dengan opsi untuk “Jalankan sekarang” secara manual di bawah pengaturan File History. Anda dapat memilih untuk “Pulihkan File Pribadi” di bawah Riwayat File di Panel Kontrol jika Anda ingin memulihkan versi file tertentu di drive cadangan Anda. ke cadangan Time Machine. Sambungkan drive eksternal ke Mac Anda, lalu pilih di bawah System Settings > General > Time Machine (atau cukup cari “Time Machine” dengan Spotlight) dan atur drive Anda. Anda bahkan dapat menentukan Mac lain untuk solusi jaringan.

Anda dapat menentukan frekuensi pencadangan dan mengecualikan folder di bawah pengaturan Time Machine. Pencadangan akan berjalan setiap kali Anda menghubungkan drive Anda. Untuk memulihkan file, cukup jalankan aplikasi Time Machine atau klik ikon Time Machine di sudut kanan atas layar dan pilih “Jelajahi cadangan Time Machine” untuk melihat cadangan bersejarah. Alat Cadangan Online Juga Menggunakan Versi File

Banyak juga alat cadangan online menawarkan versi file, meskipun penawarannya sangat berbeda di antara layanan. Misalnya Backblaze menyimpan versi file senilai 30 hari, iDrive menyimpan 30 versi file, sementara pCloud menyertakan fitur yang disebut Extended File History yang merekam semua perubahan file di akun Anda hingga 365 hari.

Layanan ini menggunakan aplikasi yang berjalan pada komputer Anda di latar belakang, mengunggah file baru dan membuat perubahan pada file lama. Itu tidak gratis, jadi jika Anda berhenti membayar, Anda akan kehilangan akses ke cadangan dan versi Anda, tetapi mereka menawarkan solusi pencadangan jarak jauh yang berharga. Lihat daftar lengkap solusi pencadangan online teratas kami untuk informasi lebih lanjut. 5 Layanan Pencadangan Online Terbaik 2022 Layanan Pencadangan Online Keseluruhan TerbaikBackblazeShop NowLayanan Pencadangan Online Terbaik untuk Penggunaan Desktop dan Seluler GabunganiDriveShop NowLayanan Pencadangan Online Terbaik dengan Anti-VirusCarbonite SafeShop NowPencadangan Online Terbaik Layanan untuk Keamanan Siber EkstraAcronis Cyber Protect Home OfficeBelanja SekarangLayanan Pencadangan Online Terbaik dengan Langganan Seumur HiduppCloudShop NowAlat Umum Lainnya yang Menggunakan Versi File

Pengembang sering menggunakan alat pembuatan versi untuk mengembalikan perubahan, dengan fitur yang dibangun ke dalam platform yang banyak digunakan seperti Git, alat sumber terbuka seperti Subversion ( SVN), dan produk berpemilik seperti Autodesk Vault. Alat lain yang biasa digunakan oleh para profesional seperti Adobe Creative Cloud juga menyertakan pembuatan versi file.

Aplikasi Google Drive seperti Dokumen dan Spreadsheet menyimpan versi file Anda secara otomatis. Anda akan menemukan ini di bawah File > Version history saat mengerjakan dokumen, dengan opsi untuk bahkan memberi nama versi saat ini untuk memudahkan menemukan iterasi tertentu dari sebuah file. Editor teks Mac bawaan Apple TextEdit menyertakan versi file di bawah File > Kembalikan ke.

Microsoft telah membuat versi ke dalam produk Office dan klien online Microsoft 365 untuk sementara waktu. Anda akan menemukannya di File > Info > Riwayat Versi dalam versi modern. Aplikasi pencatat seperti Evernote menyertakan pembuatan versi untuk pelanggan yang membayar di bawah Lihat info catatan… > Lihat Riwayat. Anehnya, Apple Notes tidak menyertakan fitur ini (pada saat penulisan).

Banyak aplikasi favorit Anda mungkin menyertakan versi. Periksa di bawah menu File atau lihat dokumentasi aplikasi untuk melihatnya sendiri. Itu selalu yang terbaik untuk menggunakan “Simpan Sebagai” atau menduplikasi file jika Anda berniat untuk bergantung pada versi terpisah di masa depan, tetapi pembuatan versi adalah jaring pengaman yang bagus untuk perubahan yang tidak disengaja. Mengandalkan pembuatan versi file dalam aplikasi bukanlah pengganti yang tepat cadangan. Pengguna Windows dapat mencadangkan folder tertentu ke OneDrive, sedangkan pengguna Mac dapat memilih sesuatu selain Time Machine.

Disadur dari HowToGeek.com.