Apa itu WaaSMedic Agent.exe? (& Cara Memperbaiki Penggunaan Disk Tinggi)

WaaSMedicAgent bertanggung jawab untuk memperbaiki Pembaruan Windows ketika rusak. Sayangnya, Agen Medis itu sendiri dapat menyebabkan masalah dengan memiliki RAM yang tinggi, CPU yang tinggi, dan penggunaan disk yang tinggi. Untungnya, WaaS MedicAgent dapat dinonaktifkan sepenuhnya.

Apa itu WaaSMedicAgent.exe?

Tidak ada perangkat lunak yang sempurna — ada yang salah, dan file rusak, termasuk Pembaruan Windows (terutama Pembaruan Windows). Windows as a Service Medic Agent (WaaSMedicAgent) diperkenalkan di Windows 10 untuk “Aktifkan perbaikan dan perlindungan komponen Pembaruan Windows.” Dengan kata lain, ini memperbaiki masalah dengan Pembaruan Windows yang mungkin mencegah PC Anda memperbarui.

Proses ini seharusnya berjalan ketika Windows mengalami masalah dengan pembaruan. Sayangnya, Agen Medis itu sendiri diketahui menyebabkan masalah. Dalam beberapa kasus, ini membuat PC macet selama berjam-jam dengan memaksimalkan CPU, menyebabkan penggunaan RAM yang sangat tinggi, dan menyebabkan penggunaan disk yang tinggi.

Apakah Ini Malware?

WaaSMedicAgent.exe adalah bagian sah dari Windows 10 dan Windows 11. Kadang-kadang menyebabkan masalah yang menyerupai perilaku jahat, tetapi itu bukan malware. Tentu saja, relatif umum bagi pembuat malware untuk mencoba menyamarkan malware sebagai aplikasi dan layanan yang sah. Anda dapat menjalankan pemindaian dengan Microsoft Defender dan Antivirus Malwarebytes untuk mengesampingkan kemungkinan tersebut.

Cara Menonaktifkan WaaSMedicAgent

Meskipun dapat mengganggu, Anda harus mempertimbangkan dengan serius apakah Anda ingin menghentikan eksekusi dari menjalankan dan menonaktifkan layanan. Pembaruan Windows akan tetap berfungsi bahkan jika Agen Medic dinonaktifkan, tetapi mungkin tidak dapat pulih dari kesalahan jika terjadi selama pembaruan.

Tunda Pembaruan Anda

WaaSMedicAgent hanya boleh diaktifkan jika Pembaruan Windows mengalami masalah. Menjeda pembaruan Windows 10 atau Windows 11 untuk sementara dapat menghentikan WaaSMedicAgent menggunakan jumlah RAM yang berlebihan, memaksimalkan penggunaan disk Anda, menggunakan CPU Anda, dan sebaliknya menghambat PC Anda. Namun, itu tidak akan menyelesaikan masalah Anda secara permanen. Ingatlah untuk membiarkannya berjalan nanti sehingga dapat mencoba untuk memperbaiki kesalahan apa pun yang terjadi.

Disable WaaSMedicAgent Menggunakan RegEdit

WaaSMedicAgent adalah Layanan Windows yang terkait dengan WaaSMedicAgent.exe — jika Anda ingin menghentikan executable dari berjalan, Anda harus menonaktifkan layanan sebagai dengan baik. Windows tidak akan mengizinkan Anda untuk menonaktifkan layanan dari aplikasi Layanan, tetapi Anda dapat menonaktifkannya menggunakan Editor Registri (RegEdit). Seperti biasa, berhati-hatilah dalam mengedit Registry Windows. Menghapus kunci secara tidak sengaja — atau bahkan mengubah nilai — dapat menyebabkan masalah serius bagi komputer, dan sakit kepala besar bagi manusia.

TERKAIT:Belajar Menggunakan Editor Registri Seperti Pro

Pertama, Anda perlu meluncurkan RegEdit. Klik tombol Start, ketik “regedit” ke dalam bilah pencarian, lalu tekan Enter atau klik “Open.”

Navigasi ke jalur berikut di jendela Registry Editor, atau salin-tempel baris berikut ke bilah alamatnya dan tekan Enter:

ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesWaaSMedicSvc

Advertisement

WaaSMedicService adalah nama kunci registri. Anda akan melihatnya di panel kiri. Kunci registri agak mirip folder. Mereka dapat berisi subkunci, yang seperti subfolder, dan properti, yang seperti file.

Setiap kunci registri yang ditemukan dalam “Layanan” akan memiliki properti bernama “Mulai” yang menentukan kapan atau mengapa layanan akan diluncurkan.

Start dapat memakan waktu beberapa nilai yang berbeda:

2 adalah “Otomatis”3 adalah “Manual”4 adalah “Nonaktif”

Klik dua kali properti “Mulai” di panel kanan dan ubah nilainya menjadi 4, lalu klik “Ok.”

Tip: Jika Anda sudah menggunakan aplikasi Layanan sebelumnya, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa layanan adalah Otomatis, tetapi secara khusus dirancang untuk memulai “Tertunda.” Properti yang menetapkan “Tertunda” bernama “TertundaAutoStart”. Nilai 1 memungkinkan start otomatis yang tertunda, sedangkan 0 menonaktifkan start otomatis yang tertunda.
Disable Using Our Registry Keys

Jika Anda tidak ingin mengacaukan registri sendiri, ada dua kunci registri yang dilampirkan pada artikel ini. Salah satunya bernama “Disable_WaaSMedicSvc.reg” dan akan menonaktifkan WaasMedicSvc (dan WaaSMedicAgent.exe) sepenuhnya. File REG lainnya bernama “ReEnabled_WaaSMedicSvc.reg” dan akan mengembalikan layanan ke nilai defaultnya.

WaaSMedic_Registry_Keys

Hanya unduh file zip, ekstrak konten di mana saja, dan klik dua kali “Disable_WaaSMedicSvc.reg.” Anda akan menerima peringatan tentang bahaya menerapkan kunci registri – tekan “Ya.”

Perlu diingat bahwa komponen lain dari Pembaruan Windows mungkin akan mengaktifkan kembali Layanan Medis di beberapa titik waktu di masa mendatang. Jika Anda belum memperbaiki masalah dengan Pembaruan Windows, Anda mungkin tiba-tiba menemukan layanan disetel ke manual dan WaaSMedicAgent.exe berjalan secara tidak terduga. Anda selalu dapat menendang kaleng di jalan dan menonaktifkan layanan lagi, tetapi Anda tidak boleh melakukannya. Jika Anda punya waktu, biarkan Medic Agent berjalan, atau coba perbaiki Pembaruan Windows secara manual.

Advertisement

Kunci registri yang kami berikan mungkin berguna jika Anda perlu menonaktifkan WaaSMedicSvc berulang kali karena Anda hanya perlu mengklik dua kali untuk mengatur layanan ke “ Dinonaktifkan” lagi.

Itulah berita seputar Apa itu WaaSMedic Agent.exe? (& Cara Memperbaiki Penggunaan Disk Tinggi), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.