Apa itu WebView Sistem Android?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sharaf Maksumov/Shutterstock.com

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda mungkin menemukan aplikasi bernama Android System WebView. Ini adalah aplikasi sistem yang secara teratur menerima pembaruan melalui Google Play store. Tapi apa fungsinya, dan haruskah Anda menghapusnya?

A Komponen Sistem Penting

Sistem Android WebView adalah komponen sistem penting yang digunakan aplikasi Android untuk menampilkan konten web eksternal alih-alih membukanya di browser web biasa, seperti Chrome. Itu sudah terpasang di semua perangkat Android.

RELATEDAndroid Berbasis Linux, Tapi Apa Artinya?

Ini biasanya digunakan di aplikasi seperti Twitter dan Facebook untuk membuka hyperlink bersama di dalam aplikasi. Tetapi berbagai macam aplikasi Android lainnya juga menggunakannya untuk menampilkan konten web yang bukan merupakan bagian dari aplikasi.

Aplikasi WebView didasarkan pada Chromium, proyek sumber terbuka yang sama yang mendukung browser web Google Chrome, tetapi tidak t menyertakan semua fitur yang ada di Chrome versi lengkap. Jadi ini bukan pengganti browser biasa.

Mengapa Aplikasi Menggunakannya?
Sistem Android WebView digunakan di Twitter untuk Android.

Google menawarkan berbagai cara aplikasi untuk menampilkan konten eksternal, termasuk WebView, Tab Kustom, dan kemampuan untuk memicu reguler peramban web. Namun untuk menjaga pengguna dalam aplikasi mereka dan memberikan pengalaman yang mulus, pengembang aplikasi menggunakan fungsionalitas WebView setiap kali ada kebutuhan untuk menampilkan konten eksternal.

Berkat WebView, setiap kali Anda mengetuk URL di aplikasi, sebuah wadah terbuka di itu dan membuat halaman web lengkap. Selanjutnya, pengembang aplikasi dapat menyesuaikan wadah ini agar sesuai dengan keseluruhan antarmuka aplikasi. Jadi Anda mendapatkan pengalaman yang konsisten dan tidak dialihkan ke aplikasi browser terpisah untuk membuka konten web eksternal.

Mengapa WebView Sistem Android Menerima Pembaruan?

Anda akan sering melihat WebView Sistem Android di daftar aplikasi yang diperbarui. Ini karena Google sering merilis pembaruan untuk WebView untuk memastikannya memiliki semua peningkatan terbaru dan perbaikan bug yang diperkenalkan di proyek Chromium. Pembaruan ini penting untuk menjaga agar semua aplikasi yang menggunakan WebView berjalan dengan lancar.

RELATEDApa Itu Pembaruan Keamanan Android, dan Mengapa Penting?

Jika tampaknya seperti tambahan terbaru untuk aplikasi Anda, itu karena WebView dulu ditingkatkan sebagai bagian dari pembaruan inti Android. Tetapi dimulai dengan rilis Android 5.0 Lollipop, perusahaan membuatnya dapat diupgrade melalui Google Play Store sebagai aplikasi Android System WebView yang terpisah. Dengan begitu ia dapat menerima pembaruan saat dan saat diperlukan alih-alih mengandalkan pembaruan sistem terbatas.

Yang terpenting, Anda tidak perlu memperbarui aplikasi Android System WebView secara manual. Sebagai gantinya, secara otomatis menerima semua pembaruan.

Dapatkah Anda Menghapus Android System WebView?

Anda tidak dapat menghapus aplikasi Android System WebView dari perangkat Android karena ini adalah aplikasi sistem. Anda dapat menonaktifkannya atau menghapus pembaruan, tetapi tidak ada alasan yang baik untuk melakukannya. Ini karena banyak aplikasi dan game menggunakannya untuk menampilkan halaman web eksternal dan konten lainnya. Jika Anda menonaktifkannya, paling banter, Anda berisiko merusak sebagian fungsinya, dan paling buruk, Anda akan membuatnya benar-benar tidak stabil.

RELATEDCara Mengetahui Versi Android yang Anda Miliki Menariknya untuk Android 7 Nougat, Android 8 Oreo, dan Android 9 Pie versi, Google menggunakan versi lengkap Chrome untuk fungsionalitas WebView. Meskipun aplikasi Android System WebView diinstal di setiap perangkat Android, aplikasi tersebut tidak digunakan atau diperbarui secara aktif. Jadi untuk versi ini, bahkan jika Anda menonaktifkan Android System WebView, tidak ada dampak pada kinerja aplikasi apa pun, tetapi Anda juga tidak akan mendapatkan manfaat apa pun. Jadi sebaiknya tinggalkan aplikasi saja.

Bagaimana Dengan WebView Beta, Dev, atau Canary?
Google

Seperti kebanyakan aplikasi, versi pra-rilis WebView Sistem Android, seperti beta, dev, dan canary, dirilis melalui Google Play store. Tetapi versi ini ditujukan bagi pengembang aplikasi untuk menguji perubahan yang akan datang pada WebView jika aplikasi mereka menggunakan fungsionalitas WebView.

Mereka bukan untuk pengguna biasa, dan bahkan jika Anda menginstal versi pra-rilis, Anda tidak akan melihat manfaat apa pun. Sebaliknya, Anda mungkin harus berurusan dengan bug karena versi beta, dev, dan canary tidak diuji secara menyeluruh dan mungkin tidak stabil.

Bagian Penting dari Pengalaman Android

Secara keseluruhan, aplikasi Android System WebView adalah bagian integral dari pengalaman inti Android . Namun, itu bukan aplikasi khas Anda. Jadi itu tidak terdaftar di peluncur aplikasi, Anda juga tidak dapat membukanya secara manual. Tapi itu ada saat aplikasi membutuhkannya. Sebaiknya Anda mengetahuinya sehingga Anda tidak menonaktifkannya atau menghapus pembaruan dan akhirnya menyebabkan masalah.

Jika Anda mencari aplikasi yang dapat dihapus, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi secara massal dan metode lain untuk mengosongkannya up space di perangkat Android.

TERKAIT:Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Phone

Android Anda

Itulah berita seputar Apa itu WebView Sistem Android?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.