Apa Model PlayStation Terbaru Yang Keluar Sekarang?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

The PS5 adalah konsol PlayStation terbaru Sony pada 2022, yang dirilis pada 12 November 2021. Di luar wilayah utama, seluruh dunia akan menerimanya seminggu kemudian. Sebagai konsol PS terbaru, Sony memiliki harapan besar untuk itu, dan banyak game terus dikembangkan untuk grafis bertenaga yang dapat dicapai PS5.

Anda dapat mengetahui semua tentang PS5 dan spesifikasinya di bawah ini. Pada Mei 2022, Sony diketahui telah membuat model konsol yang lebih baru. Baca terus untuk semua detailnya.

PS5 Hardware

Sony PS5 hadir dengan banyak peningkatan dibandingkan konsol generasi sebelumnya, PS4. Namun, itu bukan potongan polimer dan paduan terkecil, berukuran 15,4 x 10,2 x 4,1 inci. Saat ini juga merupakan konsol game terbesar yang dirilis sejauh ini.

Di dalam cangkang plastik, Anda dapat menemukan perangkat keras berikut: GPU
RDNA 2 dengan kecepatan 10,3 teraflops CPU AMD Zen 2 8-core, 3,5GHz16GB DDR6 RAMA kustom 825GB SSDNVMe M.2 SSD slot ekspansi penyimpanan4K Blu-ray player
Port yang disertakan dengan PS5 adalah:
HiSpeed ​​USB Type-A port depanPort depan SuperSpeed ​​USB Type-CDua port belakang SuperSpeed ​​USB-APort EthernetPort HDMI 2.1 Adaptor AC untuk pengisian daya
Tidak seperti PS4, PS5 tidak memiliki port audio optik. Namun, Anda bisa mendapatkan splitter optik-ke-HDMI yang berfungsi dengan konsol. Ini memungkinkan Anda menggunakan peralatan audiophile kelas atas untuk pengalaman yang imersif.

Ekspansi SSD dapat diakses dengan membuka panel konsol, tetapi tidak mendukung setiap model di bawah matahari. Sony telah menerbitkan persyaratan ketat, dan perusahaan tidak menyebutkan model tertentu. Beberapa yang perlu dipertimbangkan adalah:
Western Digital SN850Samsung 980 ProNextorage M.2 NVMe SSD
Jika Anda ingin menggunakan yang lain, mereka harus memenuhi persyaratan ini yang telah dicantumkan Sony di halaman bantuannya.

Pengontrol PS5 DualSense adalah keajaiban teknik, menampilkan umpan balik haptik tingkat lanjut, speaker terintegrasi yang brilian, dan pemicu adaptif. Ini memberikan tingkat pencelupan baru yang tidak dimiliki banyak perusahaan lain, yaitu rasa sentuhan. Speaker juga memperkenalkan elemen audio sekunder untuk lebih mendalami.

Ketika beberapa jenis rintangan yang membutuhkan kekuatan muncul dalam permainan, pemicu menjadi lebih mudah atau lebih sulit untuk ditekan, membuat Anda merasa seolah-olah sedang mengoperasikan hal yang nyata.

Pengontrol DualSense juga memiliki mikrofon built-in, membuat headset aftermarket tidak wajib untuk komunikasi.

Sony telah membuat banyak kemajuan di departemen pendinginan. PS4 dulu terdengar seperti peniup daun, tetapi PS5 jauh lebih tenang.

Kemampuan PS5

Berkat GPU, CPU, dan RAM yang mengesankan, PS5 dapat mencapai 4K120 pada beberapa game. Itu tidak maksimal, karena Sony telah berulang kali menyebut 8K60 sebagai batas sebenarnya yang dapat dicapai konsol. Namun, belum ada judul yang dapat mencapai resolusi setinggi itu.

Anda memiliki kendali atas output grafis game. Dengan pengaturan lanjutan, Anda dapat mengatur FPS dan batas resolusi.

Umumnya, game dapat dimainkan dalam 4K60, karena merupakan keseimbangan visual dan framerate yang baik. Untuk mempertahankan framerate yang konsisten, beberapa judul mengurangi resolusi secara diam-diam, terutama ketika banyak hal yang terjadi. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengalami penurunan bingkai yang mengganggu.

Grafis yang mengesankan tidak dapat dinikmati tanpa gameplay yang cepat, jadi Sony memilih SSD secepat kilat. Memainkan game yang sama di PS5 dan PS4 menunjukkan perbedaan setidaknya lima detik, tergantung pada gamenya. Dalam kasus The Last of Us 2, yang membutuhkan satu menit dan 28 detik di PS4, konsol yang lebih baru membutuhkan waktu tepat satu menit untuk mencapai gameplay dari menu. Waktu pemuatan untuk judul ini dapat dimaafkan karena ini adalah pengalaman dunia terbuka yang luas.

Beberapa judul bahkan mendukung ray-tracing, yang merupakan teknik yang membuat pencahayaan lebih realistis. Untuk meringkas, ray-tracing memungkinkan cahaya untuk memantulkan semua permukaan, menciptakan cahaya lembut pada segala sesuatu. Ini seperti melihat hal-hal dalam kehidupan nyata.

Kami telah menyebutkan The Last of Us 2, tetapi game seperti Spider-Man: Mile Morales memiliki perbedaan mencolok dibandingkan dengan versi yang lebih lama. PS5 menjamin 60FPS hampir setiap saat sambil memiliki ray-tracing yang indah.

Audio adalah bagian besar dari video game, dan beberapa judul memanfaatkan kemampuan audio 3D PS5. Ruang Bermain Astro adalah contoh yang sangat baik, karena mendorong fitur imersi konsol ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan audio 3D, Anda dapat merasa seperti berada di ruang dan waktu lain.

Namun, untuk efek terbaik, Anda mungkin memerlukan headset 3D. Mereka menunjukkan perbedaan yang jauh lebih baik daripada headset konvensional.

Backwards Compatibility

Sony mengetahui nilai kompatibilitas mundur dan nostalgia, dan PS5 dapat dengan mudah memuat judul PS4 lama tanpa memerlukan modifikasi. Salinan fisik dan digital juga didukung.

Karena konsol yang lebih baru memiliki perangkat keras yang unggul, beberapa game lama akan mengalami peningkatan kinerja. Mortal Kombat 11 mungkin tidak memiliki fitur grafis yang lebih baik, tetapi waktu pemuatannya jauh lebih cepat, elemen penting untuk game pertarungan.

Beberapa game dapat berjalan pada 30FPS dengan grafis yang ditingkatkan, tetapi ini bukan norma untuk judul yang lebih lama.

Grafis yang ditingkatkan juga dapat membantu game lama terlihat seperti judul generasi saat ini sampai batas tertentu. Namun, itu akan tergantung pada dukungan pengembang.

Kompatibilitas mundur umumnya tanpa masalah, dan ada beberapa laporan kegagalan. Jika Anda memiliki koleksi game PS4, Anda dapat segera memainkan semuanya di PS5 Anda yang kuat. Bahkan pengontrol DualShock 4 yang lebih lama akan berfungsi hingga jack audio 3,5mm.

Ingat bahwa perangkat keras yang lebih lama hanya akan berfungsi untuk game PS4, jadi Anda tidak dapat memainkan yang terbaru dengan DualShock 4.

Bahkan ada rumor bahwa PS5 memiliki Game PS1 ke PS3 mendukung suatu hari nanti, tetapi ini belum terbukti secara meyakinkan.

Model PS5 Baru

Model PS5 baru baru-baru ini terlihat di Jepang, yang disebut model seri “CFI-1200”. Tidak jelas apa yang berbeda, tetapi kami yakin ada perubahan dalam teknologi komunikasi nirkabel atau radio. Sony telah diberikan sertifikat desain konstruksi untuk teknologi dan konsol.

Hukum Jepang mengamanatkan bahwa perangkat ini harus disertifikasi, jadi Sony telah menyelesaikan dokumennya. Sejauh ini, tebakan terbaik adalah modifikasi pada peralatan yang digunakan karena kekurangan semikonduktor di seluruh dunia telah mengakibatkan rendahnya stok dan penjualan PS5. Mungkin perbaikan akan membuat lebih mudah untuk membangun, memungkinkan Sony untuk memenuhi permintaan.

Sebelumnya, ada model CF-1100 PS5, tetapi di luar mencukur 300g, Sony tidak mengubah kinerja versi konsol ini sedikit pun.

Terlepas apa pun perubahan, Anda seharusnya tidak mengharapkan peningkatan kinerja segera. Ini akan memakan waktu lebih lama sebelum ini menjadi mungkin.

Game Kecepatan Tinggi

PS5 telah mengalami beberapa perubahan, dengan model CF-1100 hanya memiliki sekrup baru, heatsink yang lebih kecil, dan kipas yang lebih kecil. Kami hanya bisa menunggu sampai Sony secara resmi mengungkapkan varian terbaru untuk menentukan apa yang berbeda. Sementara itu, gamer masih dapat menikmati grafis dan framerate yang luar biasa.

Game apa yang Anda miliki untuk PS5? Apa saja judul yang ingin Anda lihat? Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.