Apa yang Anda Butuhkan untuk Membangun PC Windows?

Membangun PC Windows Anda sendiri memiliki banyak manfaat. Ini memungkinkan Anda membuat komputer untuk kebutuhan spesifik Anda, mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja komponen, dan menghemat uang. Tentu saja, membuat komputer juga jauh lebih menyenangkan daripada pergi ke toko dan membeli PC yang sudah jadi. Meskipun mungkin tidak terlihat seperti itu, membangun PC tidak terlalu rumit. Namun, sebelum memulai, Anda perlu mengetahui suku cadang dan alat apa yang Anda perlukan.

Jika Anda ingin mengetahui apa yang diperlukan untuk membangun PC Windows, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas komponen-komponen penting dan menjelaskan fungsinya.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Membangun PC Windows

Bagian-bagian yang akan Anda gunakan untuk membangun PC Windows sangat bergantung pada kebutuhan komputer Anda. Namun, ada beberapa bagian yang Anda perlukan terlepas dari tujuan komputer. Kita akan membahas semuanya:

Menyiapkan

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya: ruang kerja yang bersih. Anda memerlukan permukaan yang cukup besar untuk menyimpan casing komputer dan semua komponen. Kami merekomendasikan bekerja pada permukaan non-logam untuk menghindari penumpukan statis. Selain area yang bersih, Anda juga memerlukan obeng yang memadai.

Case

Setiap komputer memerlukan “rumah” atau casingnya. Casing komputer adalah kotak yang menyimpan semua komponen PC. Itu dapat dibuka dan ditutup dan biasanya memiliki tempat khusus di mana bagian lain perlu disimpan dan dilampirkan.

Casing komputer tersedia dalam berbagai warna, bentuk, ukuran, dan desain. Beberapa memiliki fitur tambahan seperti lampu LED atau panel samping kaca yang membuatnya lebih menarik secara visual. Sebagian besar pengguna memilih kotak hitam atau putih dasar dengan tombol di atas.

Secara teknis, kasing bukanlah komponen penting. Anda selalu dapat meletakkan bagian-bagian tersebut di lantai atau memasangnya di dinding Anda. Namun, sebuah kasus bermanfaat karena berbagai alasan. Pertama-tama, ini menyimpan semua komponen di satu tempat, memungkinkan Anda untuk memindahkannya dengan lebih mudah. Kedua, kasing melindungi bagian dari kerusakan dan debu. Terakhir, tempat yang ditentukan dapat membuat proses pembangunan menjadi lebih mudah.

Kebanyakan casing dilengkapi dengan kipas internal. Jika Anda memilih yang tidak memilikinya, Anda harus mempertimbangkan untuk membelinya. Kipas casing menjaga semua komponen tetap bagus dan sejuk, sehingga meningkatkan efisiensinya. Mereka juga berkontribusi pada pengurangan kebisingan, jadi jika Anda menginginkan komputer yang tenang, kipas casing adalah suatu keharusan.

Motherboard

A motherboard adalah bagian penting dari setiap komputer. Ini adalah papan sirkuit cetak utama yang terhubung ke komponen lain dan memungkinkan komunikasi dan kolaborasi. Meskipun memiliki ukuran dan konfigurasi yang berbeda, semua motherboard pada dasarnya memiliki fungsi yang sama.

Setiap motherboard memiliki konektor untuk kabel daya dan data serta slot dan soket untuk unit yang berbeda. Saat membeli motherboard, Anda perlu mengetahui soket yang dimilikinya dan generasinya.

Perlu diingat bahwa motherboard Anda harus sesuai dengan prosesor (CPU).

Processor (CPU)

A prosesor adalah otak dari PC Anda. Ini terhubung langsung ke motherboard, dan bertanggung jawab untuk menyediakan instruksi dan kekuatan pemrosesan yang dibutuhkan komputer Anda. Semakin kuat prosesor Anda, semakin cepat ia akan melakukan tugasnya. Idealnya, Anda harus mencari prosesor dengan clock dan jumlah inti tinggi.

Karena setiap CPU memiliki soket tertentu, sebaiknya beli bagian ini terlebih dahulu, lalu temukan motherboard yang kompatibel.

CPU Cooler

CPU dapat menghasilkan banyak panas saat beroperasi, dan juga sebagian besar dapat membahayakan kinerja. Jika Anda ingin CPU Anda beroperasi dengan sempurna, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli pendingin CPU. Beberapa CPU dikirimkan dengan pendingin CPU, tetapi sebagian besar tidak.

Perlu diingat bahwa pendingin CPU harus kompatibel dengan CPU dan motherboard. Misalnya, jika CPU Anda adalah AM4, motherboard dan pendingin CPU Anda juga harus AM4. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menghubungkannya.

Kartu Grafis (GPU)

Unit pemrosesan grafis (kartu grafis atau GPU) bertanggung jawab untuk menangani dan mengoptimalkan data visual. Mereka digunakan dalam pengeditan video dan foto, bermain game, dan tugas intensif lainnya. Semua GPU dapat dibagi menjadi GPU terintegrasi dan terpisah.

Beberapa CPU dilengkapi dengan kartu grafis terintegrasi, artinya Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Meskipun opsi ini lebih nyaman dan terjangkau, perlu diingat bahwa kinerja GPU terintegrasi seringkali sangat terbatas. Dalam kebanyakan kasus, GPU semacam itu bagus untuk tugas-tugas ringan seperti pengolah kata, menjelajahi internet, dan memainkan game yang lebih ringan.

Jika Anda ingin memainkan game yang menuntut atau menggunakan Adobe Photoshop atau program serupa, Anda memerlukan GPU diskrit. GPU diskrit tidak datang sebagai bagian dari CPU. Mereka memiliki papan sirkuit tercetak mereka sendiri dan dipasang ke dalam slot pada motherboard Anda. Dua produsen GPU paling populer adalah Nvidia dan AMD, dan keduanya menawarkan produk berkualitas tinggi.

Saat memutuskan kartu grafis, Anda perlu mempertimbangkan untuk apa komputer Anda akan digunakan. Anda tidak memerlukan GPU canggih dan canggih untuk menggunakan Microsoft Office, menjelajahi internet, atau memutar acara TV. Dalam kasus seperti itu, berinvestasi dalam GPU mahal yang dapat menangani tugas yang lebih intens dapat membuang-buang uang. Demikian juga, jika Anda memainkan game yang menuntut, jangan mencoba menghemat uang pada GPU, karena ini dapat memengaruhi pengalaman Anda secara signifikan.

Memory (RAM)

RAM adalah singkatan dari random access memory yang digunakan untuk menyimpan data kerja. Ini memungkinkan akses cepat dan mudah ke informasi yang digunakan komputer Anda secara aktif. Selain itu, ia melakukan tugas dasar sehari-hari seperti memuat aplikasi, menjelajahi internet, beralih antara program yang berbeda, atau menanggapi perintah.

Jumlah RAM menentukan kecepatan dan kinerja komputer Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup RAM, komputer Anda akan lambat dan dapat mengalami masalah dalam melakukan tugas-tugas dasar. Di sisi lain, mungkin saja memiliki terlalu banyak RAM.

Seperti halnya GPU, jumlah RAM yang Anda butuhkan bergantung pada apa yang akan Anda gunakan untuk komputer. Jika Anda tidak yakin berapa banyak RAM yang Anda butuhkan, berikut adalah beberapa rekomendasi dasar: RAM
8 GB cukup untuk penggunaan komputer dasar dan menjelajahi internet. RAM 16 GB cukup untuk menjalankan Microsoft Office dan program lain yang tidak terlalu menuntut dan aplikasi. Dengan RAM 16 GB, Anda tidak akan mengalami masalah streaming acara TV dan film atau memainkan game yang tidak terlalu menuntut. Disarankan 32 GB atau lebih untuk game berperforma tinggi, desain grafis, pemodelan 3D, dan multitasking intensif.
Storage

Sementara RAM dapat menulis dan membaca data dengan sangat cepat, itu tidak menyimpan informasi setelah Anda mematikan komputer Anda. Karena itulah Anda membutuhkan media penyimpanan. Media penyimpanan umumnya dibagi menjadi dua kategori utama: hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD).

Hard disk drive adalah drive tradisional dengan bagian yang bergerak. Mereka menampilkan disk berputar dan “lengan” yang menulis dan membaca data. Mereka biasanya membaca dan menyimpan data sekitar 100-150 MB per detik.

SSD beroperasi berdasarkan memori berbasis flash, dan jauh lebih cepat daripada hard disk mekanis tradisional. Mereka dapat membaca dan menulis data dengan kecepatan sekitar 500 MB per detik.

Sekali lagi, mana yang akan Anda pilih bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. SSD lebih cepat, lebih tenang, dan lebih tahan lama, tetapi juga lebih mahal. Di sisi lain, HDD lebih terjangkau dan menawarkan pemulihan data yang lebih mudah jika terjadi kesalahan.

Kedua HDD dan SSD dicolokkan ke konektor SATA di motherboard Anda menggunakan kabel SATA.

Unit Catu Daya

Tidak ada komponen PC yang akan berfungsi tanpa unit catu daya ( PSU). Anda dapat menemukan banyak merek PSU di pasaran yang menawarkan produk dengan watt dan efisiensi yang bervariasi. Dengan begitu banyak pilihan, membeli yang tepat bisa membuat Anda kewalahan.

Faktor terpenting yang perlu Anda pertimbangkan adalah berapa watt yang dibutuhkan PC Anda untuk beroperasi dengan lancar. Ingatlah bahwa Anda harus meninggalkan “ruang ekstra” untuk potensi peningkatan di masa mendatang. Anda ingin PSU Anda dapat menangani komponen tambahan.

Jika Anda tidak yakin berapa watt yang Anda perlukan, kami sarankan untuk meminta rekomendasi dari profesional. Selain itu, Anda dapat menggunakan kalkulator PSU online seperti Be Quiet. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan komponen sistem Anda, dan alat ini akan menghitung watt berdasarkan kinerja puncaknya.

Monitor

Kami tidak dapat menggunakan komputer kami tanpa perangkat tampilan. Monitor datang dalam berbagai desain, warna, ukuran, dan resolusi. Yang mana yang akan Anda pilih tergantung pada berapa banyak uang yang Anda miliki dan kebutuhan Anda. Jika Anda seorang desainer atau arsitek, Anda ingin memastikan akurasi dan resolusi warna yang tinggi. Di sisi lain, jika Anda memerlukan komputer untuk melakukan tugas-tugas dasar, monitor kelas atas tidak penting.

Sistem Operasi

Ketika Anda membuat PC sendiri, Anda tidak akan menginstal Windows secara otomatis. Anda harus membeli lisensi dari Microsoft atau vendor lain dan membuat kunci USB.

Saat ini, Windows yang paling populer adalah Windows 10. Anda juga dapat melihat Windows 11.

Pro Tip

Memastikan semua komponen kompatibel tampaknya mustahil , terutama jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman. Anda tidak ingin membayar ratusan dolar hanya untuk menyadari bahwa itu tidak cocok untuk motherboard atau CPU Anda. Untungnya, ada alat yang dapat membuat pembangunan sistem Anda lebih mudah: PCPartPicker.

Situs web ini tidak hanya menjual semua yang Anda butuhkan untuk membangun PC Windows, tetapi juga memastikan perangkat keras berfungsi dengan baik. Dengan PCPartPicker, Anda dapat membangun sistem Anda sepotong demi sepotong tanpa mengkhawatirkan kompatibilitas.

Membangun PC yang Sesuai dengan Preferensi Anda

Jika Anda ingin menyesuaikan komputer sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan anggaran Anda, membangunnya dari awal adalah pilihan yang sangat baik. Meskipun banyak yang harus dipikirkan, membangun PC itu mengasyikkan dan dapat membantu Anda “mengenal” komputer Anda dari dalam.

Apa alasan utama Anda ingin membuat komputer? Anda akan menggunakan komputer untuk apa? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.