Apa yang Baru di GNOME 43?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

GNOME 43 beta tersedia pada 6 Agustus 2022. Ini bukan rilis stabil, tetapi ini menunjukkan apa yang diharapkan ketika rilis resmi tiba pada 3 September. Mari kita periksa GNOME 43 beta.

GNOME adalah salah satu lingkungan desktop grafis paling populer di Linux. Hampir setiap distribusi memiliki rilis yang menampilkan GNOME. Bayangkan dampaknya, ketika para pengembang GNOME mengguncang segalanya—secara halus—dengan GNOME 40. Ini mengubah paradigma desktop dari vertikal menjadi horizontal dan mengubah tampilan, nuansa, dan fungsionalitas, antara lain, dermaga, tampilan aktivitas, dan tempat kerja.

Releases 41 dan 42 jauh lebih kecil dampaknya, berkonsentrasi pada pemolesan antarmuka dan menghilangkan kerutan yang tersisa setelah perubahan ikonoklastik ke GNOME 40. GNOME 43 lebih sama. Jangan mengharapkan perubahan besar kali ini.

Bukan berarti itu tidak penting. Ada sentuhan kosmetik halus yang diharapkan, dengan lebih banyak aplikasi yang mengadopsi integrasi yang lebih dalam dengan mesin tema libadwaita. Tetapi ada juga fungsi baru, termasuk browser file File yang ditingkatkan. Sekarang adaptif dan akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik di perangkat seluler.

Meskipun GNOME 43 beta tersedia, GNOME 43 beta tidak akan diluncurkan ke publik hingga tanggal peluncuran sebenarnya pada 21 September 2022. Fedora 37 dijadwalkan untuk menggunakan GNOME 43. Ubuntu 22.10 mungkin tidak. Distribusi bergulir berbasis Arch seperti Garuda Linux, Manjaro Linux, dan EndeavourOS akan mengambilnya segera setelah tanggal rilisnya.

Meskipun ini bukan produk jadi, melihat versi beta masih bermanfaat. Bahkan jika perubahan kecil masih dapat dilakukan antara sekarang dan tanggal peluncuran, semua elemen besar sudah ada. Build kandidat rilis adalah build ketika portcullis turun dan tidak ada lagi perubahan yang dapat dilakukan. Ini dijadwalkan untuk 3 September 2022.

GNOME 43 Beta: 6 Agustus 2022.Kandidat Rilis GNOME 43: 3 September 2022.Rilis Peluncuran GNOME 43: 21 September 2022.

Jika Anda ingin melihat GNOME 43 sebelumnya, Anda dapat mengunduhnya dari situs web GNOME dan menjalankannya di Kotak GNOME. Perhatikan bahwa ini hanya akan berfungsi dalam versi Box yang dapat Anda instal dari Flathub. Untuk lebih jelasnya, ini bukan distribusi, ini hanya sistem operasi minimum yang Anda perlukan untuk memiliki lingkungan desktop GNOME yang berfungsi untuk tujuan evaluasi.

Untuk mendapatkan instalasi Linux yang berfungsi penuh dengan versi pra-rilis awal GNOME 43, Anda dapat mengunduh versi mentah dari Fedora 37. Ini adalah build nightly developer yang berpotensi tidak stabil, jadi jangan menginstalnya di komputer penting. Gunakan di mesin virtual atau perangkat keras non-kritis cadangan.

Files File Browser (Nautilus)

Ada tweak kosmetik di seluruh GNOME 43. Mereka membawa tampilan yang lebih kohesif dan terpadu ke desktop dan aplikasi dan, meskipun beberapa di antaranya mungkin tidak diperhatikan oleh pengguna biasa, mereka memberikan tampilan yang konsisten ke antarmuka pengguna.

Sudut membulat diterapkan ke lebih banyak elemen antarmuka daripada sebelumnya, dan jarak antar elemen teks sedikit ditingkatkan. Tombol tutup memiliki lingkaran yang lebih jelas di sekitarnya.

Perubahan pada file browser File lebih dari sekadar kosmetik. Sekarang menyesuaikan antarmuka dengan dimensi jendelanya. Ini mirip dengan cara situs web yang berperilaku baik menyesuaikan diri dengan mulus ketika mereka mendeteksi bahwa mereka berada di perangkat seluler atau komputer berukuran penuh.

Menyeret jendela ke bentuk yang lebih sempit akhirnya memicu penghapusan bilah sisi.

Bilah sisi dapat diakses dengan mengeklik ikon bilah alat “Tampilkan Bilah Sisi”.

Setelah selesai dengan bilah sisi, Anda dapat menutupnya dengan mengeklik di mana saja di jendela aplikasi utama.

Klik kanan file atau direktori dan pilih “Bintang” dari menu konteks untuk memberi bintang, atau favorit, itu. Mengklik opsi “Berbintang” di bilah sisi akan menampilkan semua entri Anda yang berkilau bintangnya.

Lencana atau lambang “Mengambang” digunakan untuk menunjukkan properti atau karakteristik file dan direktori. warna aksen yang dapat ditentukan, mirip dengan cara mereka diperkenalkan di Ubuntu 22.04. Ini akan memungkinkan pengguna memilih warna yang mereka inginkan dari bilah pilihan sorotan menu dan motif umpan balik visual berbasis warna lainnya untuk digunakan. Kami tidak dapat menemukannya di salah satu versi beta yang kami uji, meskipun mungkin muncul di versi selanjutnya.

RELATEDApa Itu API, dan Bagaimana Pengembang Menggunakannya?

Inisiatif berbasis warna lain yang mungkin berhasil adalah “Pewarnaan Ulang API.” Mirip dengan cara pengaturan mode terang atau mode gelap global diekspos ke pengembang aplikasi sehingga mereka dapat menulis aplikasi mereka untuk menghormati satu pengaturan global, API pewarnaan ulang akan memungkinkan pengembang menulis aplikasi mereka untuk menghormati pilihan warna pengguna. Mereka akan dapat melakukan hal-hal seperti mendeteksi warna aksen yang dipilih dan memastikan teks dalam pilihan menu memiliki kontras yang sesuai sehingga masih dapat dibaca.

Untuk melihat tindakan ini, kita memerlukan akses ke pengembang aplikasi, dan menjadi akrab dengan, API. Jadi, meskipun ini mungkin berhasil dan disertakan dalam rilis final, sepertinya kita tidak akan melihat aplikasi mengambil keuntungan dari ini untuk sementara waktu.

Peramban Web GNOME (Epiphany)

Peramban web GNOME, Epiphany, juga mendapat perhatian. Opsi telah ditambahkan ke menu konteks klik kanan yang memungkinkan Anda melihat kode sumber untuk halaman web yang Anda lihat.

Peningkatan yang lebih signifikan pada browser web adalah kemampuan untuk menggunakan ekstensi Firefox. Setelah sedikit campur tangan manusia, opsi “Ekstensi” muncul di menu hamburger.

Untuk membuatnya berfungsi dalam versi beta, diperlukan pengunduhan flatpak tertentu dan menggunakan terminal untuk memberi tahu Web agar menggunakan ekstensi. Itu adalah proses yang kikuk. Agaknya, dalam rilis final, langkah-langkah manual ini tidak akan diperlukan.

Meskipun demikian, karena halaman web ekstensi Firefox mengetahui bahwa Anda tidak benar-benar menggunakan Firefox, itu tidak memungkinkan Anda untuk menginstal ekstensi langsung dari situs. Anda harus mengunduh file ekstensi, menavigasi ke dalam browser File Anda, klik kanan, dan pilih “Buka Dengan Web (Epiphany)” dari menu konteks.

Sekali lagi, itu sedikit kikuk, tetapi berhasil. Kita dapat menginstal dan menggunakan FIrefox extensions.

TERKAIT:Cara Memasang Ekstensi (Add-on) di Mozilla Firefox

Langkah Lain dalam Arah yang Bermanfaat

Meskipun ada banyak penyempurnaan kecil di antarmuka, dan beberapa fungsi tambahan di beberapa aplikasi, sebagian besar apa yang membuat GNOME 43 menarik tersembunyi di balik kap mesin.

Pekerjaan berkelanjutan untuk memungkinkan pengembang aplikasi memanfaatkan mesin libadwaita melalui inisiatif seperti recoloring API pada akhirnya akan menghasilkan tampilan dan nuansa yang lebih terpadu untuk aplikasi yang dirancang untuk GNOME, dan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna GNOME. Aplikasi yang berperilaku baik akan mengikuti pengaturan terkait warna global, dan pengaturan mode terang dan gelap.

Jika GNOME 43 adalah model mobil tahun ini, Anda akan melihat beberapa penyesuaian dan perubahan kecil pada dasbor saat Anda masuk. Itu mungkin meninggalkan Anda merasa sedikit underwhelmed. Anda tidak akan melihat peningkatan kecuali Anda memeriksa peningkatan pada mesin dan drive train.

GNOME 43 tidak akan membuat Anda terpesona dengan permen mata atau mainan baru. Sebaliknya, ini harus dilihat sebagai langkah lain yang dirancang dengan baik di sepanjang jalan menuju visi proyek GNOME untuk lingkungan desktop yang bersih, fungsional, dan multiplatform.

RELATED:Cara Memasang dan Menggunakan Lingkungan Desktop Lain di Linux

Itulah berita seputar Apa yang Baru di GNOME 43?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.