Apa yang Baru di Task Manager di Pembaruan 2022 Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Task Manager telah sedikit berubah sejak diperkenalkan pada 1990-an, selain sesekali penambahan tab baru. Pembaruan 2022 untuk Windows 11 akhirnya memberi Task Manager facelift yang sangat layak, beberapa perubahan kualitas hidup, dan beberapa fitur baru.

Apa yang Baru di Task Manager Baru?

Kali ini, ada beberapa hal baru di Task Manager baru yang tidak hanya mengubah fitur yang ada.

Dark Mode (atau Dark Theme)

Ini adalah berita besar: Task Manager akhirnya memiliki mode gelap.

Windows 11 datang secara native dengan tema gelap, dan mode gelap Windows 10 adalah diperkenalkan pada tahun 2016, tetapi Task Manager tidak pernah dibawa ke flip. Apa pun yang Anda lakukan, Pengelola Tugas akan tetap putih cerah.

Pembaruan terbaru untuk Windows 11 akhirnya menambahkan tema gelap yang tepat untuk Pengelola Tugas, dan itu tampak hebat. Mode gelap Task Manager akan diaktifkan ketika Anda mengaktifkan mode gelap untuk seluruh sistem Anda.

Mode Efisiensi

Microsoft telah memperkenalkan “Mode Efisiensi” baru di Pengelola Tugas. Ini memungkinkan Anda membatasi berapa banyak sumber daya sistem (seperti CPU atau RAM) yang dapat dikonsumsi oleh proses latar belakang. Idenya adalah untuk memberi Anda lebih banyak cara untuk mengontrol aplikasi yang sulit diatur yang menggunakan sumber daya secara tidak perlu dan menghambat PC Anda.

Ada beberapa peringatan. Yang pertama adalah Anda tidak dapat menempatkan proses aktif dalam “Mode Efisiensi.” Yang kedua adalah bahwa proses Windows tertentu, terlepas dari berapa banyak sumber daya yang mereka konsumsi, juga tidak dapat dimasukkan ke mode efisiensi. Microsoft mengatakan bahwa mereka dikecualikan karena mereka penting untuk fungsi sistem operasi.

Pilih proses latar belakang, klik menu tiga titik di sudut kanan atas, lalu klik “Mode Efisiensi.”

Anda akan mendapatkan popup memperingatkan Anda bahwa menempatkan proses tertentu ke mode efisiensi dapat menyebabkan ketidakstabilan proses, atau memicu kiamat digital. Klik “Aktifkan Mode Efisiensi.”

Warning: Anda mungkin tidak harus menempatkan setiap proses latar belakang ke mode efisiensi. Jika Anda kekurangan sumber daya sistem, Anda harus menonaktifkannya sepenuhnya kecuali benar-benar diperlukan, atau meningkatkan perangkat keras PC Anda jika Anda bisa..

Ketika aplikasi telah dimasukkan ke mode efisiensi, itu akan menampilkan ikon dari beberapa daun hijau kecil di sebelah namanya di Pengelola Tugas.

Anda dapat menonaktifkan mode efisiensi dengan kembali ke menu tiga titik dan mengklik “Mode Efisiensi” lagi.

Microsoft telah menguraikan detail tentang apa yang dilakukan mode efisiensi dan mengapa itu terjadi diperkenalkan.

Apa yang Berubah di Pengelola Tugas Baru?

Pembaruan Windows 11 tahun 2022 membawa beberapa perubahan visual utama pada Pengelola Tugas.

Tombol dan Tab yang Didesain Ulang

Perubahan yang paling mencolok, dan perubahan yang akan terbukti paling memecah belah, adalah penghapusan tab di bagian atas Task Manager. Tab “Proses”, “Kinerja”, “Riwayat Aplikasi”, “Startup”, “Pengguna”, “Detail”, dan “Layanan” telah dipindahkan ke beberapa tombol yang ditumpuk secara vertikal di sepanjang sisi kiri.

Ikon itu sendiri cukup bagus — cukup mewakili konten tab yang Anda klik, dan cukup besar sehingga Anda tidak akan salah mengklik. Kami mencobanya di perangkat layar sentuh dan ternyata mudah untuk diketuk dengan andal tanpa masalah.

Tombol hamburger tepat di atas ikon tersebut juga akan menampilkan nama tab di sebelah ikon baru, yang berguna saat Anda menyesuaikan dengan tata letak baru .

Semua fungsi interaktif utama, seperti “End Task,” “Run New Task,” “Start,” dan “Stop” misalnya, telah dipindahkan ke sudut kanan atas. Mereka mudah digunakan dengan mouse dan keyboard atau pada layar sentuh. Anda masih dapat mengklik kanan sesuatu dan berinteraksi dengannya melalui menu konteks jika Anda lebih suka melakukannya.

Tombol tiga titik memiliki beberapa opsi yang khusus untuk tab saat ini . Misalnya, ini menampilkan opsi yang terkait dengan bagaimana proses ditampilkan saat Anda berada di tab “Proses”, dan di sebagian besar lainnya, ini berisi tautan ke utilitas yang lebih khusus, seperti Utilitas Layanan atau Monitor Sumber Daya.

Ini juga berisi fungsi “Mode Efisiensi” baru jika Anda berada di tab “Proses”, tetapi lebih banyak lagi di bawah ini.

Pengaturan Halaman

Task Manager Berbagai opsi konfigurasi telah digabungkan menjadi satu halaman, dapat diakses dengan mengklik roda gigi di sisi kiri bawah dari jendela. Sebelumnya mereka dapat diakses melalui dua menu drop-down terpisah, “Opsi” dan “Lihat.”

Mereka mungkin bukan hal yang diklik oleh siapa pun secara teratur, jadi memindahkannya dari tab utama dan ke tab pengaturan terpisah adalah perubahan yang tidak berbahaya. yang sedikit mengacaukan antarmuka.

Perubahan pada Pengelola Tugas tidak terlalu besar — ​​sebagian besar bersifat visual — tetapi selalu menyenangkan untuk melihat bagian penting dari perangkat lunak dimodernisasi, terutama ketika perubahan tersebut tidak mengganggu kegunaan.

Anda dapat mengunduh dan menginstal pembaruan Windows 11 2022 secara manual jika belum diluncurkan kepada Anda.

Itulah berita seputar Apa yang Baru di Pengelola Tugas di Pembaruan 2022 Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.