Apa yang Harus Dilakukan Saat iPhone Anda Basah

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

iPhone modern dapat menahan percikan air, tetapi Anda tidak boleh mengandalkan peringkat tahan air Apple dan mengambil terlalu banyak peluang. Cukup ikuti beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan peluang perangkat Anda.

IPhone Anda Mungkin Tahan Air

Jika Anda memiliki iPhone 7 atau yang lebih baru, kabar baiknya adalah perangkat Anda memiliki tingkat ketahanan air tertentu. Berita buruknya adalah peringkat ini mungkin telah berkurang seiring waktu, jadi jangan anggap remeh.

Model iPhone berikut ini mampu bertahan di kedalaman 6 meter hingga 30 menit (IP68):

  • iPhone 13 (termasuk mini , Pro, Pro Max)
  • iPhone 12 ((termasuk mini, Pro, Pro Max)

Model iPhone berikut dapat bertahan hingga 4 meter hingga 30 menit (IP68):

  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro Max

Model iPhone berikut ini dapat bertahan hingga 2 meter hingga 30 menit (IP68):

  • iPhone 11
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max

Model iPhone yang tersisa ini dapat menangani 1 meter hingga 30 menit (IP67):

  • iPhone SE (generasi kedua)
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8 (termasuk 8 Plus)
  • iPhone 7 (termasuk 7 Plus )

Jika Anda memiliki perangkat yang lebih tua, tidak ada jaminan tahan air. Ini tidak sama dengan kelembaban yang berarti game over, tetapi kemungkinan perangkat Anda selamat dari dunk jauh lebih kecil.

Usia dan kerusakan pada sasis mungkin parah dampak tahan air Menggunakan kompres ed udara untuk membersihkan port pengisian juga dapat merusak segel (sebagai gantinya bersihkan port pengisian dengan hati-hati). Anda harus berhati-hati agar iPhone Anda tidak basah, meskipun Anda memiliki iPhone modern dengan tingkat perlindungan yang relatif tinggi. Kerusakan karena air tidak tercakup dalam garansi standar Apple.

iPhone Tidak Tahan Air? Matikan Dulu

Air dapat merusak iPhone Anda karena dapat menghantarkan listrik, jadi mematikan iPhone adalah ide yang baik jika basah. Ini terutama benar jika Anda memiliki model iPhone yang tidak tahan air, sudah tua, atau telah rusak dalam beberapa hal yang Anda yakini dapat membahayakan segel tahan air.

Mengeringkan perangkat secara menyeluruh sebelum menyalakannya kembali akan memberikan kesempatan terbaik untuk bertahan hidup. Anda harus menunggu sekitar 48 jam sebelum menyalakannya dan meninggalkannya di tempat yang hangat dan kering agar kelembapannya menguap.

Kering dan Jangan Panik

Kebanyakan model iPhone modern dapat menahan percikan air, baik itu hujan deras, tumpahan di meja makan, atau dijatuhkan di kamar mandi. Setelah mematikan perangkat Anda, keringkan iPhone Anda secara menyeluruh. Gunakan kain lembut untuk menghilangkan kelembapan, perhatikan baik-baik port pengisian daya tempat tetesan lebih sulit dijangkau.

Anda harus menunggu iPhone benar-benar kering sebelum mengisi daya. IPhone Anda mungkin memberi Anda peringatan tentang kelembaban yang terdeteksi di port pengisian daya jika Anda tidak melakukan ini, dengan rekomendasi untuk menunggu 48 jam sebelum mengisi daya lagi untuk memastikan semua kelembapan telah menguap.

Jika Anda yakin bahwa air iPhone Anda -peringkat tahan belum terancam Anda dapat memutuskan untuk terus menggunakannya seperti biasa selama waktu ini. Jika daya Anda hampir habis, pertimbangkan untuk mengisi daya secara nirkabel agar port pengisian daya memiliki waktu untuk mengering.

 

Air Garam Jauh Lebih Buruk Dibandingkan Air Tawar

Air garam menyebabkan korosi pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada air tawar, jadi ini penting untuk membilas iPhone Anda secara menyeluruh jika Anda menjatuhkannya ke laut. Anda harus melakukan ini sesegera mungkin karena semakin lama Anda menunggu, hal-hal buruk bisa terjadi. Jika Anda gagal menghilangkan garam, korosi dapat berlanjut bahkan tanpa kelembaban.

Karena air garam sangat korosif, kerusakan mungkin sudah terjadi. Kontak emas di port pengisian daya dapat dengan cepat menimbulkan korosi, yang akan mencegah iPhone Anda mengisi daya sama sekali menggunakan kabel. Anda akan ingin menghilangkan residu garam menggunakan sikat lembut dan air segar untuk memberi iPhone Anda peluang terbaik untuk bertahan hidup.

Saran ini berlaku untuk minuman manis dan beralkohol juga, meskipun tidak akan menyebabkan korosi seperti air asin.

Menempatkan iPhone Anda ke dalam beras tidak akan membantu mengeringkannya, dan malah dapat menyebabkan butiran beras tersangkut di port pengisian daya. Kami merekomendasikan memasak nasi dan memakannya sebagai gantinya, mungkin dengan kari yang enak atau dalam gulungan sushi tergantung pada biji-bijiannya.

Anda jauh lebih baik meninggalkan iPhone di tempat yang kering dan hangat dengan banyak aliran udara selama sekitar 48 jam untuk menguap ada kelembapan yang tersisa.

Sering Di Dekat Air? Dapatkan Casing Tahan Air

Jika ada kemungkinan besar iPhone Anda akan basah, mengapa tidak mengambil langkah pencegahan untuk mendapatkan kasing tahan air? Ini dapat memberikan ketenangan pikiran bagi pemilik iPhone yang paling canggung, dengan berbagai desain untuk dipilih.

Ada kasing tahan air untuk memuaskan hampir semua jenis pengguna. LifeProof FRE all-rounder adalah pilihan yang baik dan melindungi dari tetesan dan kelembapan pada kedalaman hingga 2 meter.

Itulah berita seputar Apa yang Harus Dilakukan Saat iPhone Anda Basah, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.