Apakah AirPods Bekerja Dengan Android?

Apple AirPods sempurna saat dipasangkan dengan iPhone, tetapi bagaimana jika Anda memiliki smartphone atau tablet Android? Kabar baiknya adalah semua model AirPods menghadirkan fungsionalitas dasar, tetapi Anda akan kehilangan beberapa fitur yang bagus untuk dimiliki.

Android Kenali AirPods sebagai Headphone Bluetooth Standar

Semua model AirPods beroperasi sebagai headphone Bluetooth standar, yang dapat digunakan hanya oleh tentang perangkat apa pun dengan fungsi audio Bluetooth. Yang perlu Anda lakukan untuk menggunakannya secara nirkabel dengan ponsel cerdas atau tablet Android Anda adalah memasangkannya secara manual.

Ini sedikit berbeda dari cara kerja penyandingan di iPhone atau iPad, di mana Anda cukup membuka kasing AirPods dan mengetuk Menghubung. Pada perangkat Android, Anda harus memasangkannya dengan cara biasa.

Pertama, buka casing AirPods dan ketuk dan tahan tombol di bagian belakang hingga lampu indikator berkedip putih. Sekarang di Pengaturan akses perangkat Android Anda, navigasikan ke Bluetooth & Koneksi Perangkat> Bluetooth dan pastikan Bluetooth diaktifkan. Sekarang ketuk Pasangkan Perangkat Baru dan pilih AirPods Anda dari daftar.

AirPods Anda sekarang akan berfungsi sama seperti headphone Bluetooth lainnya yang Anda miliki. Jika Anda ingin menggunakannya dengan perangkat lain, Anda harus mengikuti prosedur penyandingan lagi.

Fitur AirPods Mana yang Berfungsi Dengan Android?

Selain berfungsi sebagai headphone stereo standar, model AirPods Pro masih dapat menggunakan mode transparansi dan pembatalan bising aktif. Beralih di antara keduanya berfungsi seperti halnya di iPhone: dengan meremas dan menahan batang salah satu earbud hingga Anda mendengar bunyi lonceng.

Mode Transparansi berguna karena memungkinkan Anda untuk dengarkan dunia luar saat mengenakan AirPods Anda. Ini berarti Anda tidak perlu mengeluarkan earbud untuk mendengar apa yang dikatakan seseorang, meskipun Anda mungkin ingin menjeda atau mengecilkan musik untuk mempermudah. Pada volume rendah, ini adalah fitur keamanan karena memungkinkan Anda mendengarkan musik, podcast, atau buku audio tanpa kehilangan jejak dunia di sekitar Anda.

Selain mode peredam bising dan transparansi, gerakan standar juga berfungsi. Ini termasuk ketukan dua kali dasar pada AirPods (untuk memutar atau menjeda musik), ditambah pencet tunggal yang lebih mendalam (putar/jeda), pencet dua kali (lewati ke depan), dan pencet tiga kali (lewati ke belakang).

Fitur AirPods Yang Tidak Ada t Bekerja Dengan Android?

Banyak fitur yang berpusat pada Apple tidak berfungsi di Android, seperti proses penyiapan yang dipercepat saat Anda pertama kali menyambungkan headphone ke iPhone. Perangkat Android harus dipasangkan secara manual, dan itu juga berarti bahwa pengguna Android kehilangan fitur peralihan otomatis yang membuat AirPods begitu hebat bagi pengguna Apple.

Jika Anda memiliki iPhone, iPad, dan Mac, AirPods Anda akan beralih antarperangkat secara otomatis dipasangkan ke ID Apple yang sama. Ini berarti Anda hanya perlu memasangkan AirPods Anda dengan satu perangkat. Pengguna Android harus memasangkan AirPods mereka dengan masing-masing perangkat terpisah yang ingin mereka gunakan.

Fitur lain yang berpotensi bermanfaat yang dilewatkan oleh pengguna Android adalah bantuan suara melalui Siri. Karena Siri adalah fitur khusus Apple, pemicu “Hei, Siri” yang selalu mendengarkan tidak akan berfungsi di sini. Di luar kotak, pengguna Android tidak akan dapat menggunakan asisten pilihan mereka dengan AirPods (meskipun ada aplikasi yang dapat membantu dengan ini). saat headphone Anda perlu diisi daya. Apple bahkan memiliki fungsi Siri untuk menangani ini, jika Anda mau. Seperti asisten suara, pengguna Android tidak memiliki cara untuk mengaktifkan ini tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Aplikasi “Temukan Saya” dari Apple memudahkan untuk menemukan iPhone, Mac, AirTags, dan AirPods Anda. Karena fitur tersebut bergantung pada perangkat Apple pendamping untuk bekerja, AirPods yang dipasangkan ke ponsel Android tidak akan diperbarui di jaringan “Temukan Saya”, dan dengan demikian tidak akan dapat dilacak melalui iCloud.

Pengguna AirPods Pro dapat menggunakan “Telinga Tip Fit Test” di bawah pengaturan AirPods Pro (dapat diakses dengan mengetuk tombol “i” di sebelah AirPods Anda di bawah Pengaturan > Bluetooth). Ini memeriksa apakah pilihan ujung telinga Anda saat ini (kecil, sedang, atau besar) cocok dengan benar atau tidak, tetapi tidak tersedia di Android. Untungnya, cukup mudah untuk mengetahui kapan ujungnya terlalu besar atau kecil (mungkin tidak pas, mungkin jatuh atau tidak tepat waktu, atau menyebabkan kebocoran suara yang berlebihan).

Fitur eksklusif Apple lainnya adalah kemampuan untuk menyesuaikan kontrol AirPods Anda. Sementara AirPods akan default ke putar/jeda sederhana untuk ketukan dua kali dan AirPods Pro dapat menggunakan gerakan pemerasan tunggal, ganda, dan tiga kali; di iPhone dan iPad, dimungkinkan untuk melakukan lebih dari ini.

Akhirnya, pengguna Android akan kehilangan deteksi in-ear yang memungkinkan pemutaran dan jeda otomatis musik atau podcast saat Anda memasukkan atau mengeluarkan AirPod dari telinga Anda. Untungnya, fungsi serupa dapat dicapai dengan aplikasi.

Beberapa Fitur Bekerja Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga untuk Android yang dapat memulihkan beberapa fungsi yang hilang ini. Ini termasuk indikator level baterai, deteksi in-ear, dan kemampuan untuk memicu asisten suara pilihan Anda saat mengenakan AirPods.

Assistant Trigger

Aplikasi ini mencakup AndroPods dan Assistant Trigger (untuk ketiga fungsi), dan AirBattery (untuk level baterai) . Aplikasi ini gratis tetapi fungsionalitas penuh memerlukan pembelian dalam aplikasi. Laporan tentang seberapa baik aplikasi ini bekerja dicampur, jadi Anda mungkin ingin menyesuaikan harapan Anda jika Anda mengharapkan tingkat kompatibilitas iPhone.

Hal Lain yang Perlu Diingat

Saat menggunakan AirPods dengan perangkat Android, kualitas suara menurun dibandingkan dengan menggunakan headphone yang sama di iPhone. Ini karena AirPods mengandalkan codec AAC, yang cenderung berfungsi lebih baik di iPhone. SoundGuys memiliki artikel yang menjelaskan seluk beluk fenomena ini, yang melibatkan tingkat kebisingan yang lebih tinggi di Android serta kecenderungan platform untuk tidak memprioritaskan encoding Bluetooth demi efisiensi energi.

Masalah yang sama tidak terjadi di iOS karena Apple menangani streaming audio secara berbeda. Ada headphone nirkabel yang lebih baik yang menggunakan codec berbeda seperti SBC dan LDAC yang dirancang lebih baik untuk platform Android.

Haruskah Anda Membeli AirPods untuk Perangkat Android Anda?

Jika Anda memiliki sepasang AirPods yang digunakan terutama dengan iPhone Anda, tidak ada salahnya menghubungkannya ke perangkat Android Anda untuk mendengarkan podcast atau menerima panggilan telepon. Anda bahkan dapat menikmati streaming musik jika Anda tidak terlalu sibuk dengan kualitas streaming AAC.

Tetapi Anda tidak boleh keluar dan membeli AirPods khusus untuk digunakan dengan perangkat Android Anda. Anda lebih baik membeli sesuatu yang dirancang dengan fitur khusus untuk perangkat Anda (seperti Samsung Galaxy Buds 2, di atas), atau sesuatu dengan harga yang lebih masuk akal. Sebaiknya periksa penilaian ReviewGeek terhadap Google Pixel Buds A-Series, yang hanya $99.

Mengesampingkan masalah kualitas streaming, Anda kehilangan fitur yang digunakan untuk membenarkan titik harga premium Apple. Di iPhone, AirPods dan AirPods Pro memberikan kualitas suara yang bagus, tetapi semua fitur lainnya seperti kemampuan untuk berpindah perangkat dengan mulus, memicu Siri, dan mengaturnya dalam beberapa detik yang menjadikannya investasi yang berharga.

Headphone Nirkabel untuk Digunakan Dengan Android

Ada adalah rangkaian headphone dengan harga berbeda untuk pengguna Android yang menginginkan suara nirkabel yang layak. Untuk sesuatu yang sebanding dengan AirPods Pro (earbud terbaik kami untuk iPhone), lihat Sony WF-1000XM4 yang memiliki peredam bising terbaik di kelasnya dan dukungan untuk LDAC.

 

Itulah berita seputar Apakah AirPods Bekerja Dengan Android?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.