Apakah Anda Sebenarnya Membutuhkan Gigabit Internet?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

asharkyu/Shutterstock.com

Kami telah menempuh perjalanan panjang sejak zaman dial-up. Sekarang Anda dapat terhubung ke internet dengan kecepatan yang membuat broadband serat berkecepatan tinggi biasa terlihat lamban. Layanan Gigabit tersedia di sebagian besar wilayah, dan biaya rata-rata di bawah $100. Tapi apakah ada yang benar-benar membutuhkan koneksi gigabit?

Tapi apa sebenarnya arti kecepatan itu? Dan apakah itu akan membuat perbedaan nyata pada pengalaman online Anda? Di sini kita akan melihat secara mendalam apa yang akan ditawarkan internet ultra-cepat kepada Anda, jika Anda membutuhkannya, dan apakah itu tersedia. Ada juga beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan, dan ada juga kemungkinan kecepatan yang dijanjikan bahkan bukan kecepatan yang sebenarnya akan Anda dapatkan.

Seberapa Cepat Gigabit Internet?

Jika Anda ingin bertele-tele, namanya menunjukkan kecepatan dari satu gigabyte per detik. Singkatnya, Anda dapat mengunduh film HD rata-rata dalam waktu kurang dari satu menit dengan kecepatan tersebut, dan sesuatu yang jauh lebih besar, seperti film Blu-Ray atau 4K, dapat diunduh dalam waktu kurang dari lima menit. Kecepatan koneksi yang diiklankan biasanya mengacu pada kecepatan unduh — kecepatan modem Anda menerima informasi. Kecepatan unggah, atau kecepatan di mana modem Anda dapat mengirim data, bisa jauh lebih rendah. Karena kebanyakan orang mengunduh jauh lebih banyak daripada yang mereka unggah, ini mungkin tidak menjadi masalah, tetapi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan rencana.

Dalam hal streaming, gigabit juga berlebihan. Streaming definisi standar hanya memerlukan kecepatan koneksi sekitar 4 MB/dtk, sedangkan streaming HD memerlukan delapan, dan streaming UHD dapat memerlukan hingga 25 MB/dtk. Semua ini dapat dicapai dengan nyaman dengan koneksi fiber, asalkan lebih banyak orang tidak mencoba untuk melakukan streaming film UHD daripada yang diizinkan bandwidth Anda.

Kecepatan internet rata-rata di AS adalah sekitar 204 MB/s, dan koneksi gigabit menawarkan sekitar lima kali lipat itu. Jadi koneksi gigabit juga bisa menjadi bukti masa depan jika Anda ingin memanfaatkan layanan internet baru saat mereka muncul.

Mengapa Anda Membutuhkannya?
Parilov/Shutterstock.com

Alasan utama orang memilih sesuatu seperti gigabit daripada serat berkecepatan tinggi standar adalah bandwidth yang meningkat. Koneksi 100 MB/s Anda kemungkinan akan cukup cepat jika Anda tinggal sendiri dan hanya menggunakannya dengan laptop dan ponsel Anda. Semakin banyak anggota rumah tangga dan perangkat yang Anda tambahkan, semakin kecil potongan kue bandwidth yang akan didapatkan semua orang.

Jika Anda berada di rumah yang beranggotakan empat orang, dan setiap anggota rumah tangga itu streaming atau bermain game online setiap malam, Anda mungkin akan membutuhkan paket internet yang lebih baik untuk mengatasi peningkatan penggunaan. Pengguna rumah pintar mungkin juga merasakan sengatannya, karena semua perangkat pintar itu terhubung ke jaringan Wi-Fi. Beberapa, seperti Google Home atau Alexa, mungkin juga perlu menggunakan sedikit bandwidth internet Anda. Bahkan rumah tangga yang lebih kecil dapat membutuhkan banyak bandwidth. Saya tinggal di apartemen kecil dengan istri saya, tetapi kami memiliki dua laptop, desktop, proyektor, beberapa ponsel, bohlam pintar, colokan, tiga Alexas, televisi, beberapa tablet, ditambah gadget apa pun yang saya uji untuk menguras pekerjaan Wi-Fi kami seperti paket vampir listrik.

Pekerjaan jarak jauh dan sekolah jarak jauh juga meningkatkan kebutuhan akan internet yang cepat dan andal. Banyak orang yang terlibat dalam panggilan video, mengakses komputer kantor dari jarak jauh, dan mengunduh serta mengunggah file dapat membebani jaringan. Meskipun internet di rumah Anda mungkin baik-baik saja untuk penggunaan rekreasi, Anda mungkin merasa itu tidak cocok untuk pekerjaan jarak jauh — terutama ketika seluruh keluarga perlu online. Panggilan video dan konferensi dapat membebani jaringan Anda karena jumlah bandwidth unduh dan unggah yang mereka butuhkan.

Di sinilah kecepatan unggah dapat menjadi masalah. Jika Anda tidak melakukan apa pun selain menjelajah, Anda hanya perlu mengunggah sejumlah kecil data, sehingga kecepatan Anda tidak akan terlalu berarti. Namun, jika Anda perlu mengirim file besar seperti video dan gambar secara teratur, kecepatan unggah yang lambat bisa berarti berjam-jam waktu Anda terbuang sia-sia.

Apa Kelemahannya?

Internet yang lebih cepat secara signifikan adalah keuntungan yang cukup besar, jadi pasti ada kekurangannya, bukan? Dua kelemahan paling jelas adalah akses dan harga. Waktunya sulit, semuanya mahal, dan masuk akal untuk memeriksa setiap tagihan sebelum memutuskan apakah itu layak untuk Anda.

Biaya rata-rata internet gigabit adalah $73 per bulan, atau sekitar $17 per bulan lebih banyak daripada internet kecepatan tinggi standar. Tetapi seperti yang diketahui oleh siapa saja yang pernah bertemu dengan perusahaan kabel yang memonopoli suatu wilayah, biaya rata-rata bisa menjadi mimpi yang jauh jika menyangkut layanan internet. Berapa $73 sebulan di Brooklyn bisa menjadi tiga kali lipat di New York bagian utara. Kemudian ada peralatan dan biaya pemasangan yang perlu dipertimbangkan. Anda mungkin beruntung dan memiliki gigabit yang tersedia langsung dari kelelawar, atau Anda bisa menghabiskan lebih dari seratus dolar bahkan sebelum kontrak dimulai dan kemudian melihat biaya “penyewaan modem” atau sesuatu yang serupa dengan tagihan bulanan yang masuk akal hingga titik di mana itu menjadi tidak nyaman. Banyaknya penawaran kabel di AS terlalu banyak dan spesifik wilayah untuk dicantumkan di sini, tetapi Anda pasti harus membuat beberapa pertanyaan dan melakukan perhitungan sebelum beralih ke gigabit.

Rumah Anda mungkin juga belum siap untuk internet gigabit. Jika jaringan rumah Anda tidak mampu menanganinya, itu akan menghambat koneksi Anda, dan sebagian besar kecepatan ekstra yang Anda bayar akan sia-sia.

Ada kemungkinan Anda tidak tinggal di daerah yang menawarkan kecepatan gigabit , meskipun ini tidak mungkin. Menurut FCC, 88% dari Amerika Serikat mendiami daerah di mana internet gigabit tersedia. Namun, hal-hal yang sedikit lebih rumit dari itu. Area gigabit-ready yang saat ini Anda huni mungkin bukan lokasi internet ideal yang Anda pikirkan. Bahkan jika kode pos Anda memiliki gigabit di atas kertas, tidak ada jaminan itu akan tersedia di jalan Anda atau di gedung Anda. Dan jika Anda memiliki akses, kecepatan yang diiklankan mungkin tidak sesuai dengan yang Anda dapatkan.

Tidak semua Gigabit Internet Diciptakan Sama
Tero Vesalainen/Shutterstock.com

Di sinilah Anda benar-benar harus membaca cetakan kecil. Seperti iklan untuk pekerjaan online yang menjanjikan bayaran hingga $1000 per hari, kata-kata “hingga” sangat berguna. Beberapa penyedia menawarkan layanan “gigabit” yang pada dasarnya berarti 1 GB/dtk adalah kecepatan internet Anda yang tercepat. Kecepatan rata-rata bisa jauh lebih rendah.

Tidak semua penyedia seperti ini, tetapi mengingat biayanya, perlu waspada. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan internet gigabit, baca kontraknya, pastikan penyedianya jelas tentang periode percobaan atau pembatalan apa pun, dan pantau layanan Anda selama periode itu untuk memastikan Anda mendapatkan kecepatan yang Anda bayar.

Harus Anda Lakukan Peningkatan?

https://www.shutterstock.com/image-photo/internet-cable-close-on-background-wifi-2043952697

Waktu pengakuan. Meskipun berbagai perangkat di rumah saya dan pekerjaan saya bergantung pada koneksi internet, saya hanya memiliki broadband berkecepatan tinggi biasa. Ini melayani kebutuhan saya, dan saya lebih suka menghabiskan uang yang saya hemat untuk omong kosong sepele lainnya daripada memberikannya ke Spectrum untuk bandwidth tambahan yang mungkin tidak akan saya gunakan.

Tapi saya bukan Anda. Anda harus melihat anggaran dan keadaan Anda sendiri sebelum membuat keputusan. Jika Anda tinggal di rumah yang ramai dan pertengkaran sering terjadi karena penggunaan bandwidth, kemungkinan besar itu sepadan. Jika Anda puas dengan koneksi Anda saat ini tetapi Anda ditawari banyak hal, ini mungkin layak untuk dipertimbangkan. Namun, jika Anda tinggal sendiri dan hanya memiliki beberapa perangkat online, Anda mungkin membuang-buang uang jika memilih koneksi yang lebih cepat dari yang sebenarnya Anda butuhkan.

Ada juga pertanyaan tentang peralatan. Terkadang, pemutakhiran router atau tampilan kedua tentang bagaimana jaringan rumah Anda direncanakan dapat berbuat lebih banyak untuk pengalaman online Anda daripada yang lainnya.

Itulah berita seputar Apakah Anda Sebenarnya Membutuhkan Gigabit Internet?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.