Apakah Dompet Anti-RFID Layak Digunakan?

Dompet pemblokiran RFID seharusnya mencegah informasi kartu RFID Anda dicuri. Tapi apakah mereka benar-benar bekerja? Meski begitu, apakah bahayanya cukup nyata untuk melakukan pembelian yang sepadan? Mari kita cari tahu.

Apa itu Teknologi Anti RFID?

Teknologi Radio-frequency Identification (RFID) menggunakan energi dari medan elektromagnetik untuk memberi daya pada chip kecil yang mengirimkan informasi sebagai respons. Misalnya, chip RFID di kartu kredit Anda berisi informasi yang diperlukan untuk mengotorisasi transaksi, dan chip RFID di kartu akses memiliki kode yang membuka pintu atau sistem yang dibatasi.

Bahan tertentu, terutama logam konduktif, mencegah gelombang elektromagnetik melewatinya. Dompet pemblokiran RFID memiliki selongsong kartu (atau terkadang seluruh dompet) yang terbuat dari bahan yang tidak membiarkan gelombang radio masuk.

Dengan cara itu, chip tidak akan menyala, dan meskipun demikian, sinyalnya tidak akan menembus dompet. Intinya adalah Anda tidak dapat membaca kartu RFID melalui dompet.

Mengapa Anda Ingin Memblokir Kartu Anda?

RFID tag adalah perangkat pasif yang dengan senang hati mengirimkan informasinya kepada siapa saja yang mau mendengarkan. Kedengarannya seperti resep untuk keamanan yang buruk, tetapi tag RFID yang dapat dipindai dari jarak jauh biasanya tidak memuat informasi sensitif. Mereka digunakan untuk melacak stok atau paket, misalnya. Tidak masalah siapa yang membaca informasi itu karena itu bukan rahasia.

Kekhawatiran tentang kartu RFID telah meningkat karena semakin banyak perangkat pembaca NFC yang masuk ke tangan dari populasi umum. NFC (Near-Field Communication) adalah teknologi yang sangat mirip dengan RFID, dengan perbedaan utama adalah jangkauan. Chip NFC hanya dapat dibaca dalam rentang yang diukur dalam inci. NFC pada dasarnya adalah jenis khusus dari RFID.

Inilah cara kerja kartu “ketuk dan bayar” dengan terminal pembayaran yang dilengkapi dengan pembaca NFC. Jika Anda memiliki ponsel cerdas yang mampu melakukan pembayaran nirsentuh, ponsel tersebut juga dapat digunakan untuk membaca kartu NFC. Jadi apa yang menghentikan seseorang menggunakan ponsel mereka untuk menyalin kartu NFC Anda?

Itulah situasi yang seharusnya dicegah oleh dompet pemblokiran RFID. Idenya adalah bahwa seseorang dapat dengan mudah membawa pembaca NFC mereka ke dompet Anda dan kemudian menyalin kartu Anda. Mereka kemudian dapat meminta perangkat mereproduksi informasi RFID untuk melakukan pembayaran.

Apakah Dompet Perlindungan RFID Layak?

Tidak diragukan lagi bahwa konsep di balik kartu pemblokiran RFID itu solid. Pada tahun 2012, demonstrasi tentang bagaimana ponsel Android dapat mencuri detail kartu kredit secara nirkabel tidak membuat siapa pun meragukan ancaman tersebut. Masalahnya, serangan semacam ini sepertinya tidak terjadi di alam liar.

Masuk akal bahwa NFC skimming dapat digunakan terhadap target bernilai tinggi tertentu yang membawa informasi berharga, tapi tidak ada gunanya berjalan di sekitar mal yang ramai mencuri informasi kartu kredit dari orang asing secara acak. Tidak hanya ada risiko fisik yang nyata untuk melakukan pencurian khusus ini di depan umum, tetapi juga jauh lebih mudah untuk mencuri informasi kartu kredit menggunakan malware atau teknik phishing.

Sebagai pemegang kartu, Anda juga dilindungi dari penipuan kartu oleh penerbit kartu Anda, dan tidak satupun dari mereka memerlukan penggunaan dompet pemblokiran RFID untuk memenuhi syarat sejauh yang kami ketahui. Jadi paling banyak Anda dapat menyelamatkan diri dari ketidaknyamanan kecil karena dana yang dicuri diganti. masuk akal.

Jadi, dompet pemblokiran RFID sangat berharga untuk ketenangan pikiran bahwa serangan dengan probabilitas rendah ini dapat digunakan untuk melawan Anda. Tapi kami tidak berpikir itu harus menjadi faktor penentu ketika memilih dompet Anda berikutnya kecuali Anda memiliki profil berisiko tinggi. Kemudian lagi, dompet pemblokiran RFID terbaik juga merupakan dompet yang bagus. Jadi mengapa tidak?

Itulah berita seputar Apakah Dompet Pemblokiran RFID Layak?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.