Apakah GPU High-End Memboroskan Daya Saat Anda Tidak Bermain Game?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda membeli GPU yang kuat untuk game—atau mungkin membuat karya seni yang dihasilkan AI—dan saat dijalankan dengan penuh, ia menggunakan banyak energi. Tapi bagaimana dengan hal-hal sehari-hari yang membosankan? Apakah pemborosan?

Idle Power Hampir Setara Di Seluruh GPU

Setiap kali GPU baru dirilis, selalu ada obrolan tentang berapa banyak daya yang mereka konsumsi, dan pembuat PC yang penasaran ingin tahu apakah mereka memerlukan PSU baru untuk mendukung yang baru (dan hampir selalu lebih tinggi ) kebutuhan daya.

Akan mudah untuk berasumsi bahwa GPU baru yang lebih kuat itu hanya haus daya. Faktanya, pemikiran seperti “Saya menghabiskan hampir seluruh waktu saya mengerjakan spreadsheet dan dokumen untuk bekerja dan hampir tidak ada waktu bermain game, jadi saya mungkin membuang banyak listrik dengan benda ini” mungkin terlintas di benak Anda.

Untungnya, bukan itu kasus. Terlepas dari perbedaan yang signifikan antara kapabilitas puncak dari generasi kartu grafis yang berbeda, ada sedikit variasi antara beban idle atau hampir idle.

Dalam hal horsepower dan kapabilitas pemrosesan puncak, ada perbedaan besar antara kartu seperti GTX 1060 dan kartu grafis. RTX 3080. Tetapi konsumsi daya idle mereka bervariasi dengan jumlah yang hampir sepele. GTX 1060 menggunakan daya sekitar 5W saat idle, dan RTX 3080 menggunakan daya sekitar 15W saat idle.

Itu bukan konsumsi daya yang sama persis, tetapi perbedaannya cukup sepele. Anda tidak benar-benar merusak lingkungan atau mempertaruhkan tagihan listrik yang tidak mampu Anda bayar dengan variasi konsumsi daya yang menganggur. Dengan 12 sen per kWh dan menggunakan komputer Anda selama 8 jam per hari, perbedaan konsumsi daya idle antara kedua kartu mencapai ~$0,29 per bulan.

Jika Anda ingin menggali data konsumsi daya untuk kartu yang berbeda, Anda dapat melihat-lihat internet dan mencari kartu tertentu. Namun, jalan pintas yang praktis untuk banyak penggalian dan perbandingan adalah dengan memeriksa statistik konsumsi daya dalam ulasan kartu menyeluruh di TechPowerUp—seperti ulasan ASUS RTX 3080 Noctua OC.

Untuk setiap kartu yang mereka tinjau, mereka menekankan uji secara menyeluruh dan memberi Anda data gangguan daya untuk idle, multimonitor, game, dan konsumsi daya maksimum. Anda mungkin tidak ingin terlalu banyak menggunakan data konsumsi daya, tetapi jika Anda melakukannya, itu ada di sana. Cukup cari kartu Anda atau model serupa dan gali.

Berbicara tentang geek out atas konsumsi daya, jika Anda ingin menguji konsumsi daya total PC Anda idle dan di bawah beban (atau perangkat lain dalam hal ini), lihat panduan kami untuk memantau penggunaan daya.

Penggunaan Daya Di Bawah Beban Adalah Cerita yang Berbeda

Biasanya, konsumsi daya di bawah beban berbeda untuk kartu yang lebih baru dan lebih kuat, itulah sebabnya Anda sering kali harus meningkatkan PSU Anda untuk memenuhi tuntutan GPU baru.

Under memuat, saat memainkan game yang menuntut atau melakukan beberapa pekerjaan rendering, GTX 1060 yang disebutkan di atas mungkin mencapai konsumsi daya 125W.

Di sisi lain, RTX 3080 dapat dengan mudah mencapai 345W saat memainkan game yang menuntut. Itu adalah perbedaan 220W, yang tentu saja bukan jumlah yang sepele.

Namun, itu masih tidak terlalu berdampak pada tagihan listrik Anda seperti yang Anda duga. Katakanlah Anda bermain game selama empat jam semalam, bermain game yang benar-benar mematok GPU Anda. Sekali lagi, dengan menggunakan 12 sen per kWh sebagai titik referensi kami, Anda akan menghabiskan $1,80 setiap bulan untuk konsumsi daya GTX 1060 dan $4,97 setiap bulan untuk konsumsi daya GTX 3080. tidak), Anda hanya akan menghabiskan $3,17 lebih sebulan untuk jumlah yang sama dari game.

Dan siapa tahu, mungkin meningkatkan GPU Anda bahkan akan menghemat uang Anda! Ada sedikit lelucon di komunitas game PC bahwa pada saat Anda meningkatkan versi Anda, Anda akan menemukan diri Anda terlalu sibuk untuk menikmatinya—sedikit kutukan pemutakhiran, jika Anda mau. Jadi, masukkan GPU baru yang kuat itu ke sana dengan keyakinan bahwa Anda mungkin akan terlalu sibuk dengan sekolah, pekerjaan, anak-anak, atau semua hal di atas untuk menghabiskan tagihan listrik Anda.

Itulah berita seputar Apakah GPU High-End Memboroskan Daya Saat Anda Tidak Bermain Game?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.