Apakah Menggunakan VPN Menyembunyikan Alamat IP Anda? Ya

Beberapa orang tidak akan online kecuali mereka memiliki jaringan pribadi virtual (VPN), sementara yang lain merasa bahwa hanya menggunakan mode Penyamaran saat menjelajah web sudah cukup untuk membuat mereka tetap aman. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang terakhir, Anda mungkin menempatkan diri Anda pada risiko ancaman keamanan online, seperti pelacakan dan peretasan. Namun, cara untuk menghindarinya mungkin ada di depan Anda.

Dalam hal menyembunyikan perilaku online Anda, VPN dapat melakukan lebih dari yang dapat dilakukan mode Penyamaran. Itu dapat menyembunyikan lokasi Anda dan mengubah alamat IP Anda.

Tetapi apakah alamat IP Anda benar-benar tersembunyi?
Penawaran Terbatas: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Terus membaca untuk mengetahui cara kerja VPN.

Apakah Menggunakan VPN Menyembunyikan Alamat IP Anda?

Mari kita mulai dengan mendefinisikan beberapa istilah penting.

Anda dapat menggunakan VPN untuk menjaga aktivitas online Anda tetap pribadi dan aman, serta menjaga lalu lintas internet Anda. Pada dasarnya, mengenkripsi data perangkat Anda dan mengirimkannya ke salah satu dari banyak server penyedia adalah apa yang mereka lakukan. Penawaran Terbatas
: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Apa Tujuan Menyembunyikan IP Anda?

Serupa dengan Kode Pos, alamat IP (penyedia internet) komputer Anda berfungsi sebagai pengenal unik di internet untuk perangkat Anda. Ini menyiratkan bahwa informasi yang Anda kirimkan di internet berpotensi dilacak kembali ke alamat IP komputer Anda. Akibatnya, lokasi Anda yang tepat dapat ditemukan.

Selain itu, perusahaan sering kali menggunakan informasi ini untuk menentukan kebiasaan dan minat penelusuran Anda untuk melayani Anda dengan iklan yang lebih relevan. Namun, menyembunyikan alamat IP Anda dapat membantu Anda menghindari hal ini.

Alasan lain untuk menyamarkan alamat IP Anda adalah jika Anda menggunakan jaringan yang aman.
Penawaran Terbatas: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Tempat kerja yang jauh telah mempermudah banyak orang untuk bekerja dari rumah daripada di kantor. Penyembunyian IP adalah cara yang bagus untuk menyembunyikan aktivitas web Anda, terutama saat Anda melihat informasi sensitif. Meskipun VPN tidak memengaruhi aturan sensor, VPN mengizinkan akses ke konten yang seharusnya tidak tersedia di negara-negara dengan pembatasan sensor yang ketat.

Selanjutnya, layanan streaming seperti Netflix menawarkan konten yang berbeda dalam bahasa yang berbeda berdasarkan lokasi pengguna. Menggunakan VPN memungkinkan Anda mengakses hal-hal yang tidak tersedia di wilayah Anda.

Bagaimana VPN Menyembunyikan Alamat IP Anda?

Layanan VPN, seperti ExpressVPN, mengubah cara perjalanan data dari komputer Anda ke internet. Enkripsi digunakan sebelum informasi apa pun dikirim dari komputer atau perangkat seluler Anda. Sebelum mencapai tujuan akhirnya secara online, terlebih dahulu melewati salah satu server jaringan VPN.

Saat menggunakan VPN, alamat IP komputer Anda bukan lagi alamat IP sumber Anda. Alih-alih, alamat IP server VPN, yang mungkin berlokasi di mana saja di dunia, menjadi alamat asal Anda.

Namun, semuanya tidak semudah kelihatannya. Jaringan pribadi virtual rentan terhadap berbagai pelanggaran data, termasuk kebocoran IP dan DNS. Memasang VPN dengan server DNS-nya sendiri dan protokol perlindungan kebocoran DNS dapat membantu menghindari hal ini.

Seperti halnya koneksi internet yang goyah, koneksi VPN dapat terputus kapan saja. Sebuah “kill switch” dapat digunakan untuk menangguhkan transfer data hingga VPN berfungsi kembali, mencegah alamat IP Anda terlihat dalam situasi ini.

Jadi, alih-alih menampilkan alamat IP Anda yang sebenarnya, VPN menampilkan yang palsu. Dengan kata lain, penggantinya akan terlihat oleh ISP Anda dan situs web mana pun yang Anda kunjungi.

Penyedia layanan Internet (ISP) adalah bisnis yang menawarkan akses internet kepada pelanggan pribadi dan bisnis. Bahkan jika Anda dapat menyembunyikan alamat IP pribadi perangkat Anda, penggantinya akan tetap dapat diakses ke internet.

Meskipun server proxy dapat menutupi alamat IP Anda, mereka tidak memiliki banyak keuntungan dari VPN yang baik dan mungkin tidak seaman itu. Misalnya, ExpressVPN memiliki 160 server di 94 negara dan enkripsi AES 256-bit untuk menyembunyikan alamat IP Anda. “Sakelar mematikan” dan layanan dukungan pelanggan 24/7 juga disertakan dalam paket.

Apakah Enkripsi VPN Cukup untuk Melindungi Alamat IP Anda Dari ISP Anda?

Pasti! ISP Anda tidak akan dapat menentukan alamat IP Anda. Sebagai gantinya, itu akan dapat mengidentifikasi pengganti VPN.

Karena router dan ISP Anda dapat menerima data terenkripsi, metode ini berfungsi. Mendekripsi lalu lintas dan mengirimkannya ke situs web membuatnya tampak seolah-olah dikirim dari alamat IP selain alamat IP Anda sendiri.

Cara Menggunakan VPN

Menyetel koneksi VPN tidak sulit. Apa yang akan Anda lakukan akan berbeda sesuai dengan layanan yang Anda gunakan. Namun, ide utamanya tetap sama. Berikut adalah contoh cara menggunakan ExpressVPN:
Buka halaman web resmi ExpressVPN.Buka profil pengguna.Instal perangkat lunak dengan mengunduhnya dan mengikuti petunjuk di layar.Buka klien VPN dan masuk.Pilih server di wilayah mana pun .
Tanya Jawab Tambahan
Apakah Riwayat Pencarian Saya Aman Dengan VPN?

Saat Anda menelusuri situs web atau memasukkan URL ke bilah alamat browser, perangkat Anda mengirimkan permintaan DNS. Permintaan HTTP mengubah URL situs web menjadi alamat IP, yang merupakan cara browser Anda dapat menemukan dan menampilkannya. Di sisi lain, VPN mengenkripsi kueri DNS Anda sehingga tidak ada yang dapat melihat apa yang Anda cari.
Apakah VPN Menutupi Identitas Saya?

Ya! Saat Anda menggunakan VPN, pelacak web tidak dapat mengikuti Anda di seluruh web. Sebaliknya, lalu lintas Anda akan tampak berasal dari lokasi yang berbeda dan berpotensi dari perangkat lain. Ini melindungi identitas Anda dengan mencegah upaya peretas seperti serangan saat menggunakan jaringan publik.
Melakukan Jaringan Pribadi Virtual Memperlambat Kecepatan Internet?

Kecepatan internet Anda mungkin dipengaruhi oleh beberapa VPN. Menggunakan VPN seperti ExpressVPN, yang memiliki reputasi koneksi yang andal, dapat membantu mencegah koneksi internet Anda melambat. Pertimbangkan untuk memindahkan server Anda ke lokasi yang lebih dekat dengan tempat tinggal Anda jika koneksi Anda tampaknya lebih lambat.

Pastikan Identitas Online Anda Aman

Dalam hal melindungi privasi online seseorang, jaringan pribadi virtual adalah alat yang penting. Mereka membantu menyamarkan alamat IP Anda, artinya tidak ada yang dapat mengetahui lokasi Anda yang sebenarnya atau mengakses informasi yang Anda ingin rahasiakan. Ini adalah lapisan perlindungan tambahan saat Anda mengakses internet.

Apakah ini pertama kalinya Anda menggunakan VPN? Apakah Anda merasa VPN diperlukan? Apakah menggunakan jaringan pribadi virtual pernah menjadi masalah bagi Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.