Apakah Mouse Berkabel atau Nirkabel Lebih Baik untuk Gaming?

aslysun/Shutterstock.com

Anda akan melihat gamer profesional menggunakan mouse gaming berkabel dan nirkabel, jadi bagaimana Anda tahu mana yang harus Anda gunakan? Mari kita lihat perbedaan utama antara keduanya untuk menentukan mana yang lebih baik untuk bermain game.

Wired Mice Menawarkan Koneksi yang Stabil

Bagi para gamer, memiliki stabilitas adalah kuncinya. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang memainkan penembak orang pertama atau permainan lain yang membutuhkan gerakan mouse konstan. Mouse Anda kehilangan koneksi hanya untuk sesaat mungkin merupakan perbedaan antara menang atau kalah dalam pertempuran atau pertandingan.

RELATEDCara Konsisten Peringkat Lebih Tinggi di First-Person Shooters

Mouse berkabel akan lebih stabil daripada yang nirkabel, karena terhubung langsung ke komputer Anda. Tidak ada kemungkinan gangguan dari perangkat lain, dan Anda tidak perlu khawatir mouse Anda kehilangan koneksi kecuali jika rusak. Karena mouse nirkabel terus meningkat, hal ini mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan, tetapi untuk saat ini, hal ini masih menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

Mice Nirkabel (Biasanya) Memiliki Latensi Lebih Banyak

Latency, yang juga disebut input lag, adalah waktu yang diperlukan untuk Anda masukan mouse untuk didaftarkan di layar komputer Anda. Ini termasuk gerakan, pengguliran, klik, dan eksekusi makro (jika mouse Anda memilikinya).

Ketika berbicara tentang game, terutama game berbasis waktu, bahkan sejumlah kecil latensi dapat merugikan. Menggunakan penembak orang pertama sebagai contoh, sangat penting bahwa pistol Anda segera menembak ketika Anda menekan tombol kiri mouse. Bahkan seperempat detik input lag dapat menyebabkan Anda kalah dari lawan Anda.

RELATEDWired vs. Wireless Keyboard: Mana yang Lebih Baik untuk Gaming?

Serupa dengan keyboard kabel, mouse kabel memiliki latensi yang lebih sedikit daripada mouse nirkabel. Ini karena sinyal tidak perlu dikirimkan dari mouse ke penerima. Koneksi langsung ke komputer Anda yang memungkinkan mouse berkabel menjadi sangat responsif.

Advertisement

Sebaliknya, mouse nirkabel perlu mengirim sinyal mereka melalui udara, yang dapat menyebabkan beberapa kelambatan input. Tentu saja, ini tidak selalu terjadi karena ada banyak mouse gaming nirkabel responsif dengan input lag yang tidak terlalu mencolok.

Mouse Management
Crystal Eye Studio/Shutterstock.com

Tanpa diragukan lagi, mouse berkabel lebih mudah dikelola karena Anda tidak perlu khawatir daya tahan baterai. Cukup colokkan ke komputer Anda dan Anda siap melakukannya. Ya, Anda harus berurusan dengan kabel, tetapi seharusnya tidak terlalu banyak untuk ditangani dengan beberapa manajemen kabel.

Tikus nirkabel, di sisi lain, mengandalkan masa pakai baterai untuk beroperasi. Masa pakai baterai biasanya bertahan cukup lama – beberapa hari atau bahkan seminggu atau lebih tanpa perlu diisi ulang. Namun faktanya Anda tetap harus ingat untuk mengisi daya perangkat. Jika Anda lupa, Anda seharusnya masih dapat menggunakannya selama mengisi daya. Tapi sekarang, Anda telah mengubah mouse nirkabel Anda menjadi mouse berkabel.

RELATED5 Tips untuk Manajemen Kabel PC yang Optimal

Mudah-mudahan, mouse Anda memiliki cara untuk memberi tahu Anda saat baterai hampir habis sehingga Anda dapat mengisi ulang (atau mengganti) mereka di malam hari atau sebelumnya Anda memulai permainan. Anda tidak ingin mengambil risiko baterai habis di tengah pertandingan.

Anda mungkin juga menemukan bahwa selama bertahun-tahun, masa pakai baterai bawaan mouse nirkabel Anda akan perlahan berkurang. Jika menjadi gangguan, Anda mungkin terpaksa membeli mouse baru atau ingat untuk mengisi daya lebih sering. Namun, itu berarti membiarkannya terpasang seperti mouse berkabel. Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak pernah kehilangan penerima. Tanpa itu, Anda tidak akan dapat menggunakan mouse Anda kecuali Anda mendapatkan receiver pengganti yang kompatibel.

Mana yang Lebih Baik untuk Gaming?

Menurut kami, gamer akan mendapat manfaat lebih dari menggunakan mouse berkabel. Sebagai permulaan, mereka lebih murah daripada rekan nirkabel mereka karena mereka tidak memerlukan bagian tambahan seperti baterai atau penerima. Anda dapat menemukan mouse gaming berkabel yang memadai dengan harga mulai dari $30, sedangkan mouse gaming nirkabel yang layak dapat dijual mulai dari $50.

Advertisement

Mouse berkabel menawarkan koneksi yang konstan dan stabil dengan hampir nol input lag, yang bermanfaat atau penting untuk sebagian besar game. Tidak ada yang harus dikelola selain satu kabel. Meskipun kabelnya mungkin tidak estetis, dengan manajemen kabel yang baik, seharusnya tidak terlalu merusak pemandangan.

Tikus nirkabel cukup mahal, dan tidak selalu dapat diandalkan. Putusnya koneksi dapat menjadi bencana dalam game berbasis waktu. Opsi kelas bawah biasanya memiliki lebih banyak input lag daripada mouse berkabel, dan membutuhkan lebih banyak upaya untuk mengelolanya. Satu-satunya manfaat nyata adalah tidak ada kabel yang menghalangi Anda. Namun, manajemen kabel yang baik dapat dengan mudah menyelesaikan masalah itu.

Mice Gaming Terbaik tahun 2022 Mouse Gaming Terbaik Secara KeseluruhanLogitech G502 LightspeedAmazon$39,92 $79.99 Hemat 50%

Mouse Gaming Anggaran TerbaikLogitech G203Amazon$29.75 $39.99 Hemat 26%

Mouse Gaming Nirkabel TerbaikRazer Viper UltimateAmazon$99.99 $149.99 Hemat 33%n Mouse Gaming UltralightLogitech G Pro X SuperlightAmazon$145.39 $1159.99 Hemat 9%

Mouse MMO TerbaikLogitech G600Amazon$39.99 $79.99 Hemat 50%

Tikus FPS TerbaikRazer ViperAmazon$75.00$79.99 Hemat 6%

Itulah berita seputar Apakah Mouse Berkabel atau Nirkabel Lebih Baik untuk Gaming?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.