Apakah Penting Di Mana VPN Saya Berbasis?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

VPN senang menggembar-gemborkan lokasi tempat mereka berada seolah-olah itu masalah besar. Mereka akan sering mengutip undang-undang privasi yang luar biasa dari negara tempat mereka bermarkas, mengklaim bahwa ini bertindak sebagai lapisan perlindungan kedua di atas tindakan mereka yang lain, seperti tidak menyimpan log.

Apakah Beberapa Negara Lebih Baik Daripada Yang Lain untuk Penyedia VPN?

Misalnya, ExpressVPN memuji keunggulan berbasis di Kepulauan Virgin Britania Raya (BVI), NordVPN memuji lokasinya di Panama, dan ProtonVPN berusaha keras untuk menjadi orang Swiss—untuk menyebutkan hanya tiga. Masalahnya adalah, apakah benar-benar penting di mana VPN berbasis?

Jawaban singkatnya adalah tidak, tidak masalah di mana VPN Anda berbasis—atau setidaknya tidak dalam banyak kasus. Jelas, menggunakan VPN yang berbasis di negara yang represif seperti Rusia, Cina, atau di mana pun yang tidak terlalu peduli dengan hak asasi manusia atas privasi akan menjadi ide yang buruk. Jika pemerintah di tempat seperti itu memutuskan menginginkan sesuatu dari perusahaan, seperti data pribadi Anda, mereka akan mendapatkannya, dengan cara apa pun. (Sayangnya, India mungkin akan segera bergabung dengan peringkat ini dengan undang-undang VPN barunya.)

Namun, jika melihat dunia “bebas”, tidak terlalu penting di mana penyedia VPN Anda menelepon ke rumah. Setidaknya tidak cukup untuk mempengaruhi keputusan pembelian Anda dengan satu atau lain cara. Itu mungkin tampak sedikit aneh: lagi pula, negara-negara seperti Panama, Swiss, atau dependensi seperti Kepulauan Virgin Britania Raya memiliki reputasi kerahasiaan. Masuk akal bahwa undang-undang yang melindungi kekayaan luar negeri miliarder juga akan melindungi data pelanggan VPN.

Sampai batas tertentu, memang demikian. Jika seorang jaksa datang dengan surat perintah tidak berdasar untuk data Anda di salah satu tempat itu, permintaan mereka mungkin akan gagal—dan cepat. Kemudian lagi, ini akan menjadi kasus di negara mana pun. Tentu, Surat Keamanan Nasional AS agak rapuh, tetapi Anda masih bisa melawannya sampai titik tertentu. Bukannya mereka mengubah Amerika Serikat menjadi Rusia lain.

Pengecualian tampaknya torrent, yang telah menjadi subyek beberapa kasus pengadilan. Hal ini mengakibatkan beberapa VPN terpilih yang berbasis di A.S. terpaksa melarang lalu lintas torrent. VPN yang berbasis di negara lain belum perlu menangani masalah ini.

Negara yang Kooperatif

Namun, Anda dapat membuat klaim yang cukup kuat bahwa negara-negara seperti Swiss atau Panama adalah pilihan yang lebih baik hanya karena hal-hal seperti Surat Keamanan Nasional tidak ada. Namun, salinan pemasaran VPN melewatkan detail yang cukup penting: negara-negara bekerja sama.

Seperti yang kami jelaskan dalam artikel kami tentang apa yang dibagikan VPN dengan penegak hukum, undang-undang privasi ini dapat ditekuk ketika tekanan diterapkan. Misalnya, jika pemerintah A.S. menginginkan informasi dari atau tentang warga negara atau perusahaan Panama, pemerintah dapat meminta pemerintah Panama untuk menulis surat perintah. Ini adalah praktik yang sangat umum dan terjadi setiap saat. Jarang ada negara yang menolak, terutama jika negara yang mengajukan permintaan memiliki pengaruh sebesar yang dimiliki AS.

Akibatnya, NordVPN, untuk menyebutkan satu contoh saja, mengakui akan bekerja sama dengan permintaan penegak hukum untuk mencatat data selama mereka diperintahkan “oleh pengadilan dengan cara yang tepat.” Hal yang sama terjadi di Swiss, yang memiliki reputasi kerahasiaan yang panjang dan bertingkat. Itu tidak mencegah pemerintah mengeksekusi surat perintah atas nama polisi Prancis yang meminta data tentang pelanggan ProtonMail, dan kemudian, ketika banding Proton gagal, harus memberikannya. (Proton bersikeras bahwa undang-undang Swiss memberikan perlindungan tambahan untuk VPN seperti ProtonVPN yang tidak tersedia untuk layanan email seperti ProtonMail.)

Tentu, undang-undang Swiss kuat dan penyedia memiliki peluang kuat untuk mengajukan banding atas surat perintah apa pun, tetapi jika banding gagal, penyedia yang bersangkutan masih harus bekerja sama dengan pihak berwenang.

Mengapa Berbasis Di Sana?

Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa begitu banyak perusahaan yang berbasis di BVI, Panama, atau Seychelles. Meskipun kami tidak dapat mengatakan dengan pasti, penjelasan yang lebih mungkin adalah bahwa mereka adalah tempat yang bagus untuk tetap berada di depan petugas pajak. Menurut Offshore Protection, sebuah situs yang didedikasikan untuk membantu orang menghindari membayar pajak, BVI adalah ” salah satu tempat paling menarik di dunia untuk mendirikan bisnis lepas pantai.”

Hal yang sama berlaku untuk Panama, tempat asal Panama Papers yang terkenal itu. dari. File-file ini merinci bagaimana orang kaya dan terkenal telah menghamburkan uang selama bertahun-tahun di Panama serta negara-negara lain, seperti Seychelles. Adapun Swiss, meskipun memiliki reputasi yang baik untuk melindungi data orang, seperti yang ditunjukkan dalam kasus Proton yang disebutkan di atas, itu juga merupakan tempat yang bagus untuk menyimpan emas sejak Perang Dunia 2.

Gagasan bahwa tempat-tempat ini dipilih untuk keuangan mereka Kerahasiaan konsumen diungkap dengan melihat di mana karyawan perusahaan ini bekerja. NordVPN, misalnya, mungkin didirikan di Panama, tetapi melihat halaman LinkedIn perusahaan menunjukkan bahwa sebagian besar karyawannya berlokasi di Vilnius, ibu kota Lituania, dan kita dapat berasumsi bahwa mereka bekerja dari kantor perusahaan di sana.

Hal yang sama berlaku untuk ExpressVPN: lihat halaman karyawan di LinkedIn-nya dan Anda tidak melihat seorang pun di sana bekerja di Kepulauan Virgin Britania Raya (populasi 30.000, dan dengan pemerintahan yang terkenal korup), tetapi sebaliknya di lokasi yang berjauhan seperti Singapura, London, dan Polandia, untuk menyebutkan beberapa. Sekali lagi, tidak berlebihan untuk berasumsi bahwa beberapa dari orang-orang ini bekerja dari kantor fisik perusahaan.

Apa yang Melindungi Anda?

Tentu saja, ini menimbulkan pertanyaan tentang apa yang melindungi Anda jika lokasi perusahaan-perusahaan ini tidak. Faktanya adalah bahwa jika surat perintah diberikan, yang terbaik adalah jika tidak ada yang ditemukan, jadi Anda perlu memastikan bahwa VPN Anda tidak menyimpan catatan. Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar yakin, reputasi VPN dan kinerja sebelumnya adalah panduan yang baik, di sini.

Jika Anda sangat khawatir, Anda juga harus memastikan untuk selalu mendaftar ke VPN secara anonim sehingga Anda tidak dapat menemukannya cara, baik. Atau, Anda juga tidak dapat melakukan sesuatu yang ilegal saat menggunakan VPN. Ke mana pun Anda pergi, jangan percaya begitu saja semua yang dikatakan VPN tentang lokasinya.

Itulah berita seputar Apakah Penting Di Mana VPN Saya Berbasis?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.